3 Aktivitas Ngabuburit Bareng Anak selain Berburu Takjil

 Assalamualaikum, 

Kangen gak sih jadi anak-anak? hehe kalau inget momen ramadhan aku selalu rindu jadi anak-anak, rasanya seru sekali dulu ya. Salah satu yang dinanti ketika ramadhan adalah ngabuburitnya, btw udah tau belum ngabuburit itu istilah dari mana?. Ngabuburit ini istilah dari bahasa sunda yang artinya menunggu burit atau mengisi waktu sambil menunggu burit. Burit sendiri artinya sore/magrib. 

Jadi ngabuburit sendiri artinya adalah menunggu waktu sore/magrib dengan berkegiatan

Saat ini sedang viral war takjil ya, dimana orang-orang berburu takjil sampai-sampai nonmuslin yang tidak berpuasa juga ikut berburu takjil, seru ya! kamu ikutan juga gak?. Berburu takjil ini salah satu kegiatan ngabuburit asik untuk kita terlebih untuk anak-anak yang baru belajar puasa. Seperti anak sulung, saat ini sudah mulai puasa full, alhamdulillah. Rutinitas setiap sore ngabuburit ajak anak-anak beli takjil di daerah rumah. Takjil sekarang sangat bervariasi dan banyak sekali ya, melimpah-ruah. Terdiri makanan jaman sekarang yang viral-viral, makanan jadul yang melegenda juga ada, komplit deh!

Sebagai catataan terkadang kita banyak tergoda hawa nafsu berburu takjil bermacam-macam dan banyak namun ketika setelah berbuka ternyata kekenyangan akhirnya banyak makanan yang mubazir. Semenjak menerapkan hidup minimalis 3 tahun lalu, aku mencoba lebih 'rem' diri termasuk dalam hal konsumsi baik itu fashion maupun makanan. 

baca juga : 5 alasan memulai hidup minimalis

Mengajak anak sulung berburu takjil namun tetap dibatasi, biasanya boleh beli yang manis dan yang asin masing-masing 1 menu. Kadangkala itupun masih tidak habis karena dirumah juga sudah disiapkan makanan. 

Kalau gak berburu takjil, apa dong kegiatan buat ngajak anak ngabuburit?

Aku ingat sekali ketika kecil dulu, ngabuburit bersama teman-teman tidak harus membeli takjil. Kita bermain mainan tradisional dari mulai conglak sampai lompat tali atau ucing sumput. Sayangnya saat ini di lingkungan sekitar rumah anak sulung tidak memiliki teman sebaya sehingga banyak dihabiskan di dalam rumah. Tapi masih banyak cara kok aktivitas ngabuburit bareng anak selain berburu takjil, seperti :

1. Bermain Bersama di Rumah

Ajak anak bermain bersama-sama dengan beberapa permainan edukasi, bisa tantangan puzzle 60pcs atau bahkan 180pcs. Bermain puzzel juga lumayan memakan waktu lho, bisa untuk ngabuburit karena pasti gak kerasa deh tiba-tiba datang waktu magrib. Atau bisa juga bermain conglak bersama, bermian bola bekel, atau permainan yang lebih modern tapi dilakukan bersama. Karena kalau sudah main bersama waktu terasa cepat karena saking asiknya. Berbeda dengan bermain sendiri, merasa bosannya cepat. Hal ini tentu bisa jadi bonding dengan anggota keluarga juga bukan?

2. Menonton Film Favorit Bersama 

Menonton film juga bisa jadi salah satu refrensi lho! durasi film cukup panjang sekitar 2jam sehingga lumayan memakan waktu agar tidak terasa menunggu magrib. Bisa pilihkan film yang menarik untuk anak-anak dan ditonton bersama. Biasanya nonton bareng ini ketika weekend, saat libur kerja/sekolah. 

3. Bersepeda Sore Hari di Sekitar Rumah

Jika sedang tidak mau berburu takjil, main sepeda keliling komplek rumah juga bisa jadi pilihan. Sambil menerapkan olahraga di 1 jam sebelum berbuka agar tubuh lebih sehat dan bugar. Anak-anak juga pasti menikmati apalagi ketika suasana sore sedang teduh dan nyaman. Saya dan suami biasnaya jalan santai 1 jam sebelum berbuka, bisa untuk ngabuburit sambil olahraga juga. Namun untuk si sulung kurang menarik, dia lebih suka main sepeda sekitaran rumah. 

Bisa juga ajak anak masak menu buka puasa bersama, cuma ketika anak masih balita aku menghindari mengajak anak di dapur karena akan 2x lipat lebih lama dan lebih cape sih, wkwk. Apapaun aktovitasnya ngabuburit tujuannya sama yaitu berkegiatan positif sambil menunggu waktu magrib. Kalau kamu kegiatan ngabuburit apa yang paling sering dilakukan sama anak-anak?

Comments