3 Tips Sederhana Menjaga Kulit Wajah Saat Puasa

 Assalamualaikum,

Sudah masuk puasa hari ke-10, bagaimana teman-teman? ada hambatan yang berartikah dalam menjalani puasa 10 hari pertama ini?. Masalah yang aku hadapi saat ini adalah wajah jadi kering dan kusam, bahkan ada beberapa titik jerawat yang muncul di wajah. Lalu mulai mencari tahu apa penyebab ini terjadi. Setelah membaca beberapa artikel kedokteran ternyata puasa berpengaruh juga pada kesehatan kulit wajah. Beberapa masalah kulit wajah yang biasa dialamai saat tubuh sedang puasa diantaranya; kulit kering, kulit terlihat kusam, kulit terlihat tampak lelah. Bahkan sering terjadi bibir kering sampai pecah-pecah ketika sedang berpuasa. 

Ternyata penting juga menjaga kesehatan tubuh dan kulit selama berpuasa, karena tidak dipungkiri bahwa kulit atau wajah ini salah satu aset terutama bagi wanita. First impression adalah dari penampilan, betul tidak harus cantik namun sehat dan bersih itu wajib. Bagaimanapun Islam mengajarkan kebersihan sebagian dari iman, termasuk bersih secara fisik dan mental.

"Kebersihan merupakan sebagian dari Iman" (HR. Muslim)

Menjaga kesehatan kulit wajah saat puasa ini bisa dilakukan dengan cara yang sederhana dirumah, 3 diantaranya adalah :

1. Banyak Minum Air Putih

Beberapa penyebab keluhan kulit wajah saat puasa salah satunya karena kurangnya cairan atau mengalami dehidrasi kulit. Sehingga kulit menjadi kering dan kusam. Konsumsi air putih sesuai kebutuhan tubuh itu sangat penting. Penuhi cairan tubuh dengan konsumsi 8 gelas perhari. Bisa diatur mengkonsumsinya misalnya saat berbuka 3 gelas, sebelum tidur 2 gelas dan saat sahur 3 gelas. Atur strategi agar pemenuhan cairan tubuh seharian ini terpenuhi.

2. Mencukupi Kebutuhan Nutrisi saat Sahur & Berbuka

Memperhatikan asupan makanan juga sangat penting untuh menjaga kesehatan kulit wajah. Penting makan dengan gizi lengkap, sayur dan buah perlu dalam tambahan mineral dan vitamin. Selain itu, hindari makan-makanan berlemak seperti gorengan, juga yang terlalu banyak gula. Asupan nutrisi ini sangat mempengaruhi kesehatan tubuh dan kulit saat berpuasa. 

3. Aplikasikan Skincare Rutin

Skincare rutin sangat membantu dalam kesehatan kulit wajah. Skincare basic yang tidak boleh terlewat setiap harinya seperti :

  • Pembersih : Penting untuk membersihkan wajah dari kotoran yang menempel setelah seharian beraktifitas. Biasanya aku gunakan 2x dalam sehari, di pagi dan malam hari sebelum tidur.
  • Sunscreen : Salah satu step yang tidak boleh terlewat, suncreen penting dalam menjaga kulit wajah dari paparan sinar matahari. Walau beraktivitas dirumah aku selalu gunakan karena membantu juga dalam melindungi udara panas dan asap saat masak atau mejemur pakaian.
  • Pelembab : Untuk kulit kering yang sering aku alami ketika berpuasa, pelembab ini juga salah satu step yang wajib karena sangat membantu melembabkan kulit wajah yang kering.
  • Serum : Serum membantu memberikan vitamin pada kulit wajah agar tidak kusam, apalagi untuk usia 30+ sepertiku.
Beberapa skincare wajib yang aku gunakan diatas sangat membatu dalam mejaga kulit wajah tetap sehat saat berpuasa. Menjaga kesehatan saat puasa ini bisa dibantu dengan berolahraga rutin, ada beberapa tips berolahraga rutin saat berpuasa, bisa baca disini ya. 

Comments

  1. Bener mba, puasa bukan berarti kita cuek Ama kesehatan kulit. Justru hrs lebih diperhatikan Krn sangat ngaruh utk kondisi kulitnya. Paling berasa kalo udh kurang minum, pasti bibir JD kering banget.

    Aku ga pernah mau skip ritual skincare yg udh biasa aku lakuin sejak masih sekolah. Thank to mama yg udh membiasakan itu sedari dini, dan bikin aku ga bisa skip skincare secapek dan semalam apapun balik ke rumah. Baru bisa tidur setelah semua steps nya aku lakuin.

    Olahraga juga penting. Apalagi setelah tahu selain bikin sehat, rutin olahraga itu bikin awet muda loh. Coba aja lihat Orang2 yg memang rutin olahraga, dan kondisi kulit dan badan mereka. Tetep bagus dan terlihat muda bukan hanya perawatan tp olahraga yg mereka lakukan. Wulan Guritno, Sophia Latjuba. Bisa dibilang walo ga bisa secantik mereka, tapi aku mau punya tubuh dan kulit yg sehat kayak itu.

    Makanya skincare, jaga pola makan dan olahraga, ini aku ga pernah skip. Kalo semisal takut lemas Krn puasa, sbnrnya tinggal ganti durasi. Kalo tadinya 1 jam, dikurangi 30 menit aja. Itupun udah bikin keringat banget

    ReplyDelete

Post a Comment