Skincare Rutin Saat Ramadhan

 Assalamualaikum, 

Sudah mendekati 10 hari ramadhan, bagaimana puasa dan ibadahnya teman-teman? semoga lancar selalu ya! aamiin. Masih dalam rangka bercerita-cerita tentang ramadhan, kali ini mari bercerita tentang kesehatan kulit yang di upayakan selama ramadhan. Aku sangat setuju ketika pembicara di sebuah kuliah whatsapp mengatakan bahwa penampilan adalah jendela awal sebagai bentuk pengenalan diri. Bagaimanapun memang penampilan ini yang akan pertama kali dilihat ketika bertemu dengan orang lain. Betul! cantik itu relatif namun bersih dan rapi sudah punya kriteria pasti bukan?. Ya setidaknya kebersihan dan kerapihan yang diperlihatkan dalam penampilan yang baik, tidak terkecuali dari kulit wajah.

Buatku pribadi skincare jauh lebih penting dibandingkan make-up. Bukan berarti aku tanpa make-up oh.. aku make up juga kalau pergi, sangat membantu wajah lebih fresh dan percaya diri. Namun skincare membuat kesehatan kulit menjadi lebih baik. Oia, puasa ini ada kendala masalah kulit gak? kalau aku kulit jadi lebih kering, mungkin karena kurang cairan ya sehatian berpuasa. Nah ternyata kita harus lebih memperhatikan kesehatan kulit saat puasa ini ya. 

Menjaga kesehatan kulit saat puasa ini harus dari luar dan dalam, agar hasilnya pun bisa optimal. Untuk menjaga kesehatan kulit dari dalam, bisa mencoba beberapa tips berikut :

  • Cukupi kebutuhan Air Putih : Pemenuhan cairan seharian ketika puasa harus terpenuhi tubuh. Ini juga sangat berpengaruh pada kulit, kulit akan menjadi lebih kering dari biasanya saat puasa jika pemenuhan cairan tubuh kurang. Pastikan untuk minum air putih 8 gelas per/hari bisa diatur ketika sahur, berbuka dan sebelum tidur.
  • Makan Makanan Kaya Nutrisi : Nutrisi juga sangat penting bagi kesehatan tubuh termasuk kulit wajah. Pastikan pemenuhan nutrisi terpenuhi saat sahur dan berbuka. Sayur, buah dan protein harus ada dalam satu kali makan.
  • Istirahat yang Cukup : Pastikan kita memiliki tidur yang cukup juga berkualitas, hal ini juga berpengaruh pada kesehatan tubuh dan kulit.
  • Olahraga Teratur : Berpuasa bukan menjadi hambatan untuk berolahraga. kita bisa atur olahraga sesuai intensitas saat puasa. Hal ini juga sangat membantu tubuh teta bugar saat puasa. 


Selain menjaga kesehatan kulit dari dalam dengan 4 hal tadi, kita perlu juga menjaga kesehatan kulit wajah diluar, kalau aku dengan rajin skincare-an. Ada beberapa skincare wajib yang aku gunakan disetiap harinya, diantaranya :

1. Pembersih

Membersihkan wajah 1 hari 2x secara rutin penting lho. Memastikan kulit wajah bersih dari debu dan kotoran apalagi setelah keluar rumah. didalam rumah pun pasti akan ada saja debu yang menempel pada kulit wjah setelah seharian beraktivitas. Aku biasanya gunakan ketika mandi pagi dan malam sebelum tidur untuk memastikan wajah tetap bersih.

2. Pelembab

Pelembab tidak kalah penting apalagi saat berpuasa, kulit menjadi lebih kering dari biasanya. Pelembab ini dalat meringankan kering pada kulit wajah agar tetap lembut dan kenyal. Biasanya aku menggunakan 1 hari 2x ketika pagi dan sianh/sore saat wajah mulai terasa kering lagi.

3. Sunscreen

Ini hal yang tidak bole terlewat. Sebelum mengenal skincare aku merasa sunscreen ini tidak penting-penting amant dan bisa digunakan sesekali ketika pergi keluar rumah. Setelah mulai konsul dokter ternyata sunscreen ini sangat penting dan tidak boleh terlewat ya baik diluar dan didalam rumah-pun tetap hatus pakai suncreen. Menjaga dari sinar matahari, suhu panas dan polusi.

4. Serum

Sudah masuk usia 30 aku mulai pakai serum untuk optimalisasi penjagaan kulit usia lanjut. Penting untuk menutrisi kulit secara lebih ketika umur terus bertambah, karena masalah kulit semakin tua semakin banyak ya, hehe. Serum ini memberi vitamin pada kulit wajah dan menutrisi juga mencegah beberapa masalah kulit di bertambahnya usia.

Skincare rutin saat puasa ini jangan sampai terlewat ya, pastikan perawatan kulit dari dalam dan luar terpenuhi dengan baik. Oia, pastikan juga untuk produk skincare yang dipilih sudah teruji seperti Teraskin yang sudah aman, sudah terdaftar BPOM dan juha halal MUI. Hal ini sangat penting mengingat banyak sekali produk skincare tidak legal yang menawarkan hasil instan. Semoga ketika bersilaturahmi saat idul fitri nanti wajah kita menjadi lebih sehat dan bersih ya dengan upaya-upaya diatas! selamat berpuasa semuanya :)


Comments

  1. Setujuuuu.. Aku sendiri ga akan mau skip skincare mba, apalagi udah terbiasa pakai sejak zaman sekolah. Berasa loh kalo skip, langsung ga enak aja bawaan.

    Secapek dan semalam apapun, aku pastikan muka selalu bersih dan pakai skincare.

    Tapi memang ga akan maksimal kalo ga ditunjang air putih yg cukup , istirahat dan olahraga.

    Makanya sejak pandemi, aku juga rutin olahraga utk mensupport kulit sehat dan juga badan. Yg penting sih skincare yg dipakai hrs cocok dengan kulit dan konsisten pakainya. Kalo ga, ya percuma juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. setuju mba fanny, aku lagi upaya biat dibarengi pola hidup sehat olga dan jaga makan nih

      Delete

Post a Comment