Serunya Mengisi Liburan ke Planet Mochi bersama PaddlePop : Kegiatan Main Virtual yang Edukatif

 


Assalamualaikum, 

Hai moms semua, apa kabarnya? semoga sehat selalu ya. Walau masa pandemi masih belum selesai, malah PPKM akan diperpanjang sampai akhir bulan ini, tentunya kondisi ini harus kita hadapi dan terima dengan lapang dada juga sabar. Ada tiga tips nih moms agar walau dirumah aja kita tetap tenang, happy yang nantinya akan meningkatkan imunitas tubuh, diantaranya :

  • Me Time : Nah, mumpung lagi PPKM yang mengharuskan kita dirumah dulu, kita bisa memanfaatkan waktu dengan me time dirumah. Bisa lakukan hal yang disukai seperti misalnya membaca buku, menonton film, melakukan rangkaian bodycare dirumah, dan lain sebagainya. 
  • Ibadah Time : Siapa sih yang tidak ingin pandemi ini segera berakhir? saat ini saatnya kita bersama-sama mendekatkan diri pada Yang Maha Mengabulkan Doa. Dekatkan diri dan doa sebanyak-banyaknya agar Allah kabulkan permohonan kita semua. Disehatkan yang sakit, ditabahkan yang telah ditinggalkan dan kita yang sehat semua selalu diberi kesehatan selalu, kekuatan untuk terus berjuang di masa pandemi ini, dan semoga pandemi segera berkahir.
  • Family Time : Nah, yang terakhir adalah family time. Waktunya kita kumpul bersama padangan dan anak-anak walau dirumah saja. Family time ini perlu sekali dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, apalagi untuk keluarga yang biasanya super sibuk. Family time ini penting dalam meningkatkan bonding antar orangtua dan anak. Salah satunya bisa dengan melakukan aktifitas bersama dirumah, misalnya bekerjasama dalam membereskan rumah atau menonton bersama, bermain bersama, dan lain sebagainya.

Memang tidak mudah ya, apalagi pandemi ini sudah hampir 2 tahun kita jalani dan anak-anak sudah akan masuk sekolah lagi, tidak jarang keluhan yang terlontar seperti bosan, jenuh karena dirumah saja, hal ini memang butuh strategi ya moms. Apalagi saat ini anak-anak sedang mengisi liburannya, hmm.. kadang bingung juga gak sih? berkegiatan apa lagi ya bersama anak-anak dirumah?

Nah salah satu caranya moms dapat mengikuti kegiatan liburan seru secara virtual lho. Seperti kemarin, aku dan Nada mengikuti acara mengikuti aktivitas Main ke Planet Jupiter bareng Melki Bajaj X Buumi Playscape di hari Sabtu, 17 Juli pukul 10.00 - 11.00 WIB. Ini seru banget, karena weekend, jadi aku dan suami bisa menemani Nada main bareng secara virtual ini. Ditambah Nada lagi tertarik dengan profesi astronot, jadi kegiatan ini pas banget. 

Nah sebelum mulai, kita diajak bincang-bincang dulu bersama keluarga Melki Bajaj, keluarga Melki juga fokus bekerja dirumah dengan membuat konten dari rumah. Begitupun anak-anaknya, belajar dan bermain ya dirumah saja. Ada satu strateri agar anak-anak tidak bosan belajar dirumah, salah satunya mereka senang sekali jika alat tulis dan peralatan belajarnya baru dan lucu-lucu, pas banget akan mulai tahun ajaran baru kan. Salah atu cara buat anak-anak semangat belajar dirumahnya. Nah, moms yang sudah punya anak usia seolah bisa nih dicoba tips dari keluarga Melki Bajaj ini. 

Serunya Main ke Planet Jupiter 

Jadi kegiatannya ngapain aja sih? pasti penasaran ya, hehe. Jadi kemarin kita bermain ke Planet Jupiter dengan naik roket, Wuzz.. Naik roketnya dengan menari bersama kak Lintang. Lucu banget deh ketika anak-anak mengikuti gerakan kak Lintang menuju Planet Jupiter. Kalau Nada masih malu-malu, tapi dia senyum-senyum liat teman-teman lainnya ikut dance, dan lama-lama mau ikutan juga deh. 

Nah sesampainya di Planet Jupiter kita punya 3 misi nih yang harus dilakukan sebelum pulang lagi ke Bumi, misinya apa? tentunya main dong! hehe. Nah sebelum melakukan misi, anak-anak juga diberi Fact Knowlage dan quiz tentang Planet Jupiter, jadi gak hanya happy-happy tapi juga dapat ilmu pengetahuannya juga. Jadi apa saja sih Fakta dari Planet Jupiter?

Fakta Planet Jupiter

  • Planet Jupiter merupakan planet terdekat kelima dari Matahari
  • Nama Jupiter diambil dari Raja para dewa dalam mitologi romai karena merupakan planet terbesar.
  • Planet Jupiter memiliki cincin seperti Saturnus, namun sulit untuk dilihat.
  • Jupiter dikelilingi oleh 79 bulan.
  • Empat bulan terbesar Jupiter yang pertama kali dilihat oleh Galileo bernama Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.
  • Satu hari di Jupiter hanya berlangung selama 10 Jam.
  • Satu tahun di Jupiter sama dengan 11.8 tahun di Bumi.
  • Jupiter adalah raksasa gas yang terdiri dari hidrogen dan helium.

Melakukan Misi di Planet Jupiter

Selanjutnya kita mulai nih main, melakukan misi di planet Jupiter, dipandu oleh kak Ninda. Misi disini adalah kegiatan/ aktivitas main anak-anak dari bahan-bahan yang ada dirumah, mudah dicari. Moms bisa juga melakukan aktivitas ini dirumah sambil mengisi kegiatan anak-anak liburan. 

  • Misi Pertama : Membuat bintang dan bulan dari adonan 

Bahan : siapkan tepung, air, serbuk kopi, cetakan bintang, gelas berbentuk bulat, wadah.

Caranya : Tuangkan terigu kedalam wadah, masukan air keatas tepungnya sedikit demi sedikit, kita akan membuat adonan dengan mengaduk-aduk secara perlahan menggunakan tangan secara perlahan, adonan jangan terlalu encer. Setelah jadi adonannya, selanjutnya campur dengan serbuk kopi lalu aduk lagi sampai merata. Selanjutnya pipihkan adonan menjadi tipis, setelah tipis lalu mencetak dengan cetakan yang ada, cetak juga dengan gelas yang berbentuk bulat untuk membuat bentuk bulan sabit. Selanjutnya bisa diwarnai menggunakan cat air ataupun pewarna makanan.

Manfaat bermain : Mengasah kemampuan motorik kasar, dengan meremas-remas dan anak akan meraakan tekstur yang kenyal. Meningkatkan kreatifitas dan imajenasi anak juga.

  • Misi Kedua : Memindahkan Telur Luar Angkasa

Bahan : Wadah diisi air, wadah kosong, balon dan diisikan air atau plastik yang diisi air, gliter.

Caranya : Masukan air ke dalam balon/plastik yang sudah disediakan. Isikan kesalah satu wadah air dan tabur dengan glitter, lalu masukan balon yang sudah diisi air tersebut kedalam wadah yang sudah berisi air+glitter. Wadah satunya biarkan kosong. Misinya adalah menyelamatkan telur-telur dengan menggunakan kaki, dengan cara menjepit dengan kaki dan memindahkan telur ke wadah yang kosong. Sedia handuk/tisu karena kakinya akan basah nanti.

Manfaat bermain : Mengasah memampuan motorik kasar, dengan memindahkan telur dengan kaki. Melatih konentrasi, meningkatkan kreatifitas dan imajenasi anak.

  • Misi ketiga : Membuat Mochi Sugar

Bahan :  Moci ice cream paddle pop, susu cair/susu kental manis/air biasa, pewarna makanan (merah, biru, hijau), masses/choco cip, menyiapkan 3 wadah dan gula halus.

Caranya : masukan 1 sendok gula halus ke wadah, lalu teteskan air sedikit saja, nanti teksturnya akan kental. setelahnya teteskan pewarna makanan, aduk-aduk sampai warnanya tercampur. setelahnya bisa diwarnai ke mochi es cream nya, dikasi masses/choco cip juga.

Manfaat bermain : Meningkatkan daya kreatifitas anak, mengasah kemampuan motorik kasar dan halus.

Saatnya Pulang ke Bumi

Yey! setelah menyelesaikan tiga misi, anak-anak naik roket lagi kembali ke Bumi. Dipandu kak Lintang, anak-anak menari mengikuti gerakan. Tidak terasa sudah 1 jam kurang lebih kita bermain di Planet Jupiter, seru karena banyak teman-teman yang ikutan, melakukan misi bersama. Nah moms, salah satu cara mengisi liburan atau kegiatan anak dirumah bisa dengan melakukan aktivitas virtual seperti ini. Seperti Nada, dia senang sekali karena bisa melihat/ bertemu virtual bersama kakak/ teman-teman yang lain. Jadi tidak sendiri mainnya, lebih seru karena banyak temannya. Alhamdulillah.

Oia, Nada senang sekali dengan helm astronot ini, bikinnya pun sangat mudah karena sudah disediakan printable oleh tim PaddlePop. Tinggal gunting-gunting dan tempel deh, Happy sekali berkegiatan weekend kemarin walau hanya dirumah. 


Comments

  1. Kerreen teh seneng bacanya apalagi pas nada mau jd astronot...lucu😘

    ReplyDelete
  2. Kalo belajar (plus bermain) sains kayak gini, dijamin nak kanak pasti demeennn banget ya Mbaaa
    selalu sukaaa dgn terobosan ala Paddle Pop
    Keren khanmaen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banget lah...apalagi tuh mochinya bisa disantap ..betah nungguin sampai mainnya selesai..heheh..Seru pokoknya..

      Delete
  3. Wah bermain ke Planet Jupiter dengan naik roket, asyik! Ini gak kalah seru ya dengan petualangan wisata bawah laut bersama paddle pop terdahulu. Sepertinya malah lebih seru nih, bisa menyelesaikan misi bareng teman-teman lainnya!

    ReplyDelete
  4. Woww seru...jd pengen ikutan ih naik roket ke planet Jupiter. Apalagi si kecil ikut bebikinan roketnya ya mbak jd selain belajar juga bisa me time ibu dan anak ya

    ReplyDelete
  5. Wih serunyaaa, dimulai dari membuat bintang dan bulan dari adonan, dilanjutkan dengan petualangan-petualangan lain bersama ibunda ^__^

    ReplyDelete
  6. planet moci ini ngetop bangeet sih mba. sampai ramai yang main ke sini heheheh. Seru juga aktivitasnya sambil mgnisi liburan

    ReplyDelete
  7. Serunya bermain ke planet Jupiter. Selain banyak manfaatnya termasuk melatih motorik kasar, kognitif dan kreativitas anak, kegiatan ini sangat seru dan menyenangkan ya.. :)

    ReplyDelete
  8. senang sekali bisa belajar tentang planet dengan cara seperti ini ya mbak
    belajar sambil bermain tentu lebih menyenangkan , jadi pengen ajak anakku main seperti ini juga

    ReplyDelete
  9. Serunyaaa main ke planet mochi lengkap dengan berbagai printilan yang bikin anak-anak jadi betah main. Main di rumah aja tetep seru ya..dan yang pasti dapet juga ilmunya

    ReplyDelete
  10. Seru sekali berpetulang di Planet Jupiter, kemarin anakku cari Planet Uranus yang hilang. Mengajak anak bermain sambil berkreasi memang bagus ya mba untuk melatih motorik kasar dan halus si kecil. Selain itu si kecil juga bisa lebih kreatif dalam bermain.

    ReplyDelete
  11. Happy banget ya Nada bisa bermain virtual sampe ke planet Jupiter jadi pengen ikutan coba nih di rumah aja tetap bisa bonding sama anak yah neng seru nih aktifitasnya

    ReplyDelete
  12. wah seru banget ini permainannya ya, mbak. anak-anak juga pasti suka kalau main sama adonan-adonan gitu kayak anakku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru aku liat mom sygnya aq gk sempat ikutan, nungguin sesi selanjutnya dari paddle pop klu masih ada

      Delete
  13. Seru banget ya permainannya, keberulan anakku Aisha juga ikutan yg liburan ke Planet Uranus...seneng banget sambil bermain anak-anak juga belajar sains dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  14. Seru banget banget banget yaa..
    Aku kemarin ada misinya 2. Dan anak-anak so happy.
    Ini misinya ada 3. Pas pulang ke bumi, berasa sedihnya yaah...

    ReplyDelete
  15. Seru banget ya... Anak-anak juga kemarin ikut jalan-jalan ke planet jupiter... Berharap bakal ada program seru lagi dari paddle pop...

    ReplyDelete
  16. Berkat Paddle Pop belajar sains tidak lagi dianggap menakutkan ya mba. Bagus banget ini, mengenalkan tentang sains ke anak dengan cara yang menyenangkan.

    ReplyDelete
  17. bagus banget mbak topi astronoutnya. jadi kreatif ya anak anak mengisi liburan ke planet mochi ini. seru juga kegiatannya dan jadi tambah pengetahuannya mengenai planet planet

    ReplyDelete
  18. wah asik banget ini bikin kreasi bareng anak buat ke planet mochi ya! hahaha.. jadi pengen coba bikin nih sama anak2ku di rumah. kegiatan pagi kayaknya asik

    ReplyDelete
  19. Selain diajakin bikin diy edukatif, anak anak juga happy banget pasti ya diajakin menghias es krim paddle pop mochi vanilla chocolate yaaa.. favorit aku dan anak anak banget ituuu

    ReplyDelete
  20. Alhamdulillah menyenangkan anak-anak banget ini mah ya Mak. Ilmunya dapat, tapi bermain-mainnya juga dapat.

    ReplyDelete
  21. Seru sekali petualangan di Jupiternya nih. Ada misi-misi yang harus dijalankan pula. Anak-anak klo diajakin mainan ini pasti seneng yaa... bonusnya ada es krim mochi yang super duper enaaaak...

    ReplyDelete
  22. Ada banyak kebaikan dalam bermain, bener kata Paddle Pop, saya juga baru ngenalin anak-anak tata surya dengan ikutan Main Yuk-nya paddle pop mbak.. keren ya programnya..

    ReplyDelete
  23. Asyik ya, walau liburannya virtual tetap menyenangkan. Apalagi ada sisi edukatifnya juga, jadi anak nggak cuma bermain tapi juga belajar.

    ReplyDelete
  24. Pas banget permainan ini di masa pandemi. Liburan virtual yg menyenangkan

    ReplyDelete
  25. Es krim legend ya, paddle pop dari dulu selalu ada aja hal yang menarik

    ReplyDelete
  26. Menyelesaikan misi-misi yang ada tuh tantangan banget ya, Mak. Seru, gemes, dan bikin penasaran gimana caranya. Anakku juga kemarin heboh banget waktu ikutan petualangannya.

    ReplyDelete
  27. Masya Allah tabarakallah ❤️ seru banget ya family time di rumah apalagi lagi zaman ppkm gini, sehat terus ya Teh dan keluarga

    ReplyDelete
  28. Asik amat ya belajar sambil bermain kayak gini. Seru banget niy bertualang ke Planet Mochie kayaknya Jena bakalan seneng juga. 😍

    ReplyDelete
  29. kebayang gimana happy dan keseruan saat anak-anak diajak liburan ke planet mochi bersama paddle pop, meski PPKM di rumah aja liburan tetap asik dong

    ReplyDelete
  30. Seru banget nih kegiatan bersama anak liburan ke planet mochi, next time masih ada lagi gak?

    ReplyDelete
  31. Gak cuma bermain ya bun..menambah wawasan juga buat anak2 tentang planet ..berlajar dengan gembira judulnya..

    ReplyDelete
  32. Seru banget nih bisa berpetualang ke Planet Mochi bareng anak-anak. Mengekspresikan imajinasi anak-anak kita tentu asyik ya, bisa mengusir kejenuhan mereka di saat pandemi.

    ReplyDelete
  33. Bagus ya acara ini fun dan mendidik, anak-anak jadi terhibur walaupun harus di rumah saja, ada pengetahuan tentang planet Saturnus yang bikin anak jadi tertarik belajar tentang angkasa luar, ada sesi prakarya yang seru juga bikin anak happy..

    ReplyDelete
  34. Ini acaranya bagus banget ya jadi mengenalkan planet ke anak-anak juga, selain itu juga ada kegiatannya ya.

    ReplyDelete
  35. Wah, seruu bangedd ini kegiatannya, sayang nich gak ikutan anak2 qu

    ReplyDelete
  36. Kapan lagi bisa liburan ke Planet Mochii, yeayyy serunyaaaa. Liburan yang berkesan dan edukatif tentunya ya.
    Duh jadi mau makan Paddle Pop Mochi, kenyal-kenyang dingiiiiiin

    ReplyDelete
  37. Edukatif ya Mak anak-anak jadi senang dan mudah belajarnya kalau dengan cara yang menyenangkan begini belajarnya.

    ReplyDelete
  38. Kayaknya seru sekali, ya, memindahkan telur dengan kaki. Telur yang digunakan buka telur ayam asli, kan? Kalau telur yang mudah pecah, kebayang serunya main pindahin telur hihihi

    ReplyDelete
  39. Paddle Pop ini bikin anak dan kita orang tua makin kreatif ya. Jadi pengen nyoba petualangan virtualnya juga. Sambil makan Mochinya pasti enak banget itu

    ReplyDelete
  40. Anak-anak tetap membutuhkan bersosialisasi terhadap teman-teman seusianya yaa..
    Dan Paddle Pop mewujudkan dalam serangkaian acara yang menarik sekali. Selain anak-anak yang berimajinasi, orangtuanya pun senang sekali bertemu dengan sesama orangtua kreatif yang menyediakan culture yang baik untuk tumbuh kembang anak di masa pandemi.

    ReplyDelete
  41. Seruu... Belajar rasa main. Jd ngebantu anak2 betah di rumah aja ya mba.
    Sains klo dikemas menarik kyk gini bikin anak2 antusias ya

    ReplyDelete
  42. duhhh pengen ikutan acara paddle pop tapi bukan anak-anak nih, padahal aku kan child at heart huhuhuhu. gemes banget liat visualnya planet mochi senenggggg

    ReplyDelete
  43. Aku membaca pembagian waktu antara me time, ibadah time dan family time ini, merasa tersentak.

    Kupikir lagi, ketiganya harus seimbang. Apalagi dimasa PPKM yg memaksa kita selalu di rumah

    ReplyDelete
  44. ah emang ya, waktu itu harus dimanfaatkan dengan baik
    saat PPKM gini, baiknya emang lebih memanfaatkan waktu di rumah saja, melakukan banyak kegiatan yang bermanfaat
    seperti berpetualang ke planet mochi ini

    ReplyDelete
  45. Wah. Ada tiga misi menarik yg bikin jiwa tertantang ya. Keren2 lob ini kreasinya. Nyesel kmrn gak ikutan ini. cm sempet ke saturnus aja heu

    ReplyDelete
  46. Gemesin nih acaranya, jadi pengen ajakin ponakan kalau ada acara virtual seru begini

    ReplyDelete
  47. Duh senengnya bisa seru2an main ke planet mochi... Banyak juga alat berain yang bisa dibuat sendiri ya... Jadi pengen main ke planet lainnya nih...

    ReplyDelete
  48. Betul ya Mba, meski virtual acaranya menyenangkan sekali. Anak saya juga ikut main ke Planet Uranus. Dia happy bisa main sambil belajar

    ReplyDelete
  49. samaaaa akupun ke jupiterrrr sserrrruuu
    aku ga sempet bikin-bikinnya padahal pengen nanti dah kalau dah bisa keluar rumah beli bahan-bahan bikin
    tapi ya seneng anak-anak jadi tahu tentang planet2 termasuk jupiter khususnya

    ReplyDelete
  50. pengen cobain juga nih biar anakku yang lagi isoman tetep bahagia, seru berpetualang secara virtual ke planet2 sekalian belajar tata surya ya mak, banyak fakta planet jupiter yang baru aku tau ni

    ReplyDelete
  51. Seru banget deh ini. Jadi pengen ajakin anakku main tentang ini juga. Dia suka hal-hal yang berbau luar angkasa soalnya. Makasih ide bermainnya, mak :)

    ReplyDelete
  52. Asyik banget ya kegiatan liburan bareng paddle pop...
    Pengen ajak anak-anak bikin bintang dan bulan juga ah...

    ReplyDelete
  53. seru ya bunda walaupun ga keluar rumah anak bisa bermain dan meningkatkan kreativitas

    ReplyDelete
  54. Asyik ada step by step caranya. Mau coba ikutan ah di rumah. Kebetulan kemaren baru aja beli es krim paddle pop mochi lagi.

    ReplyDelete
  55. Wah helmnya dapat dari mana ya? Aku ga nemu masa mak, huhu... Jadi pengen juga print helmnya

    ReplyDelete
  56. Anak-anak excited ya ikutan menyelesaikan misi. Memindahkan telur luar angkasa nih yang seru, masih suka dimainin kalau lagi di belakang rumah, sekalian main air. Liburan ke planet mochi emang liburan yang menyenangkan ya

    ReplyDelete
  57. ini sih dijamin bikin wiken meriah ya, boleh ditiru nih gamesnya yang Alien Egg Games buat seseruan wiken ini sama anakku dirumah, jangan lupa siapin dulu ah Paddlepop Mochinya dong yummy

    ReplyDelete
  58. Wahh seru jadi bisa tau ya banyak hal Tentang tata surya terutama planet jupiter.. Helm astronotnya juga keren deh, pasti anak anak senang banget

    ReplyDelete

Post a Comment