5 Film Rekomendasi Bagi Kamu yang Peduli Mental Ilnes


Assalamulaikum,

Aku bukan penggila film, yang ketika ada film terbaru langsung pesan tiket bioskop dan tidak boleh melewatkan film tersebut. Aku suka menonton namun tidak suka juga jika terlalu sering, ya sedang-sedang saja lah ya, hehe. Apalagi setelah punya anak, belum dapat kesempatan lagi nonton film ke bioskop, terakhir pas hamil anak pertama, lama banget kan.
Tidak harus menonton di bioskop, cukup di laptop atau sambungkan flashdisk ke TV, nonton sambil menyusui atau ketika anak terlelap tidur  itu sudah lebih dari cukup bagiku, setelah jadi ibu saat ini. Apalagi saat ini sudah tersedia netflix, tv kabel, dsb. yang lebih simple dalam mengakses film/tintonan menarik. Tidak perlu film-film baru, jika film lama yang genre nya aku sukai dan ada manfaat yang bisa diambil di dalamnya aku akan lebih tertarik. Aku suka film bergenre psikologi, parenting, ada pesan moral di dalam film tersebut. Memang sudah paling TOP, malah aku bisa berulang-ulang kali menontonnya dan tak bosan.

Nah kali ini akan sharing tentang 5 film yang menurut ku rekomen untuk ditonton. Semua film luar, ada bollywood dan hollywood dan termasuk film-film lama sih. Kuy simak siapa tau cocok juga dengan film-film ini.

1. Peekay


Ini film India manteman, dan tidak semua film India tentang percintaan yang nyanyi dan nari, lari-lari ngumpet di pohon, main cilukba. Memang film bollywood ini ciri khasnya pasti ada nyanyi dan nari nya ya. Film pertama yang saya tonton setelah menikah, dikasih tetangga baru pulak di Jakarta.

Film ini diproduksi tahun 2014. Menceritakan seorang mahluk luar bumi yang mencari barangnya yang hilang di bumi, barang tersebut yang akan membuatnya pulang ke planet asalnya. Film ini diperankan oleh Aman Khan. Makhluk luar bumi tersebut belajar dengan cara melihat orang-orang bumi berkomunikasi, berperilaku, berpakaian. Ia tak memiliki nama, akhirnya orang-orang menamainya Peekay, karena perilaku yang dianggap bodoh yang dilakukannya. Setiap orang yang ia tanya mengenai bendanya yang hilang, selalu mengatakan ‘berdoalah pada Tuhan’, ‘mintalah kepada Tuhan’, hanya ‘Tuhan yang tahu’, dan lain sebagainya. Sehingga petualangan ia mencari Tuhan dimulai.

Film ini sangat seru menurut saya, bergenre drama komedi yang syarat pesan. Bagi kamu yang suka dengan film-film bollywood, wajib tonton film ini.

2. Taare Zameen Par


Selain Peekay, film bollywood lainnya yang saya suka adalah ini, Taare Zameen Par. Mengisahkan seorang anak berkebutuhan khusus (Disleksia), yang dianggap aneh dan berbeda oleh keluarga, teman-teman dan lingkungannya, diperankan oleh Darsheel Safary. Kesulitan dalam belajar terutama baca dan tulis membuat ia di cap bodoh, dan sering dihukum oleh guru. Sampai datang seorang guru yang penuh semangat, membawa perubahan pada dirinya juga lingkungannya. Guru tersebut diperankan oleh Aamir Khan.

Film ini dirilis tahun 2007. Film ini syarat pesan terutama untuk pendidik (orang tua dan guru), membuka wawasan untuk kita semua bahwa semua anak berbeda dan unik. Selalu ada kelebihan dibalik kekurangan. Bagi kamu yang menyukai dunia pendidikan atau pengasuhan anak, film ini rekomen banget buat kamu tonton.

3. I Not Stupid Too


Film ini bergenre pendidikan dan pengasuhan anak, di produksi di Singapore. Kisah anak-anak broken home. Diperankan oleh 3 orang anak laki-laki. 2 orang anak yang orang tua sangat sibuk sampai tidak pernah memperdulikan kebutuhan psikis anaknya. 1 orang anak yang diperlakukan kasar baik fisik dan psikis oleh ayahnya.

Menonton film ini terasa menyayat-nyayat hati, sedih sekali. Sangat sering ditemui di keseharian kita, malah mungkin menjadi hal yang dianggap lumrah dan sangat wajar. Namun berefek luar biasa pada anak. Banyak pelajaran yang bisa diambil khususnya untuk orang tua juga guru. Rekomendasi film bagi para orangtua dan pendidik.

4. Sybil


Kisah seorang yang memiliki 16 kepribadian, diangkat dari sebuah novel. Merupakan kisah nyata yang dialami oleh Sybil, seorang anak perempuan yang memiliki pengalaman sangat buruk di masa kecilnya, mengalami kekerasan fisik dan seksual oleh ibu kandung nya sendiri.

Film ini menceritakan kisah kehidupan Sybil yang mengerikan dengan 16 kepribadian yang ada pada dirinya. Bagaimana seorang psikolog menolong menyembuhkannya dengan daya dan upaya.

5. Tully


Nah kalau ini film yang baru-baru saya tonton. Film Hollywood dirilis tahun 2018. Film ini mengisahkan tentang Marlo seorang ibu rumah tangga dengan 3 orang anak, dengan 1 anak berkebutuhan khusus. Setelah anak ke-3 nya lahir ternyata ia baru menyadari bahwa dirinya mengalami tekanan / stress yang cukup parah. Akhirnya adiknya menawarkan pengasuh bagi anaknya, namun hanya bekerja di malam hari. Tujuannya agar Marlo bisa istirahat / tidur dengan cukup. Awalnya Marlo tak setuju karena menurutnya hanya buang-buang uang. Namun karena terlalu lelah dan depresi, akhirnya ia menghubungi pengasuh tersebut, bernama Tully.

Tully seorang pengasuh muda dan penuh dengan semangat, optimis dan penuh kejutan. Hidup Marlo perlahan membaik, namun tak disangka Tully memutuskan untuk berhenti bekerja.

Film ini menguras emosi, apalagi untuk emak-emak macam saya, sangat menjiwai film ini. Emak-emak yang lelah dengan pekerjaan rumah tangga, kuy nonton film ini.

Semoga bermanfaat.

Comments

  1. Manthaab teh...πŸ‘πŸ˜

    ReplyDelete
  2. Manthaab tehπŸ‘πŸ‘

    ReplyDelete
  3. beberapa film di atas sudah aku tonton. paling bagus sih taare zameen par soalnya bercerita tentang dunia pendidikan dan parenting

    ReplyDelete
  4. Taare zameen par menginspirasi banget sih, membuka pandangan kita tentang disleksia dan gimana baiknya kita memperlakukan orang lain

    ReplyDelete

Post a Comment