3 Langkah Food Preparation agar Menu Sahur Sehat dan Praktis

 Assalamualaikum, 

Berbeda dengan berbuka yang selalu ditunggu dengan berbahagia, sahur ini punya tantangan sendiri karena harus bangun malam dan makan plus masak. Tantangan bangun malam dengan kondisi masih mengantuk apalagi sebelumnya tidur larut. Lalu harus makan yang dimana jam-jam 1/3 malam itu belum muncul nafsu makan. Ditambah nih harus masak bagi para ibu untuk menu sahur sekeluarga. Baru beberapa hari berjalan banyak yang sudah kebingungan menu sahur apa lagi yang nanti akan disiapkan? 

Sedangkan sahur ini salah satu waktu penting untuk kita mengoptimalkan asupan nutrisi yang cukup. Apalagi akan menghadapi pekerjaan yang penuh seharian nanti ditambah olahraga untuk tetap menjaga kebugaran selama puasa. Tips berolahraga saat puasa bisa kamu baca disini ya.

Oleh karenanya, kita harus memiliki strategi agar sahur ini menjadi lebih semangat baik dalam nafsu makan juga dalam bangun malam. Karena ternyata sahur ini membantu kita membiasakan bangun malam untuk shalat tahajud nantinya. Salah satu cara agar nafsu makan muncul dengan menu sahur yang mengairahkan. Namun tantangan pagi para ibu yang memasak, rasanya bingung dan malas dengan masakan yang ribet apalagi dengan waktu masak terbatas, belum lagi kalau kesiangan. 

Food preparation akan sangat membantu lho. Saya yakin sudah banyak yang tahu tentang metode menyimpan bahan makanan ini, dengan persiapan sedemikianrupa sebelumnya, kita akan mengeluarkan energi dan waktu yang sangat singkat ketika masak di dapur. Tentu ini salah satu solusi untuk membuat sahur kita praktis namun tetap dengan menu sehat. 

Langkah Food Preparation

1. Buat Rencana Menu Sahur Per-10 Hari 

Merencanakan menu ini penting lho agar kita tidak bingung mau masak apa, dan juga lebih siap untuk berbelanja bahan-bahan yang dibutuhkan nantinya, ya bentul! lebih prepare. Membuat rencana menu bisa per-3 hari per-5 hari atau per-10 hari disesuaikan dengan kenyamanan masing-masing. Pastikan rencana menu sahur dibuat lengkap dengan isian protein, karbo, vitamin, mineral. Teman-teman juga bisa melihat beberapa refrensi menu meal plan di beberapa media sosial atau media online lainnya.

2. List dan Belanja Bahan Makanan dari Menu 10 hari

Setelah membuat menu, list bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat menu-menu selama 10 hari tersebut. Pastikan juga porsinya sesuai dengan anggota keluarga yang akan sahur. List bahan ini pastikan dibawa ketika berbelanja ya. Tetapkan waktu dan tempat belanja mana yang akan memenuhi list belanja kamu, fokus pada list yang sudah ditulis saja jangan lapar mata lihat belanjaan lainnya.

3. Lakukan Food Preparation

Sebelum melakukan food preparation jangan lupa siapkan wadah terbelih dahulu untuk menempatkan bahan makanan yang akan disimpan nantinya. Potong/iris bahan/bumbu sesuai menu yang ditulis lalu simpan wadah dan rapikan dalam kulkas. Saya rasa potong dan iris bahan dan bumbu ini sesuai kebiasaan atau kenyamanan masing-masing ya. Yang penting ketika masak sahur nanti kita merasa ringan dan praktis dalam memasak juga tidak membutuhkan waktu lama. 

Stok Makanan Jadi

Kamu juga bisa stok beberapa makanan yang langsung siap untuk menjadi tambahan atau sewaktu-waktu benar-benar telat bangun sehingga tidak perlu was-was tidak sempat masak. Biasanya yang di stok dirumah seperti :

  • Abon Ayam/Sapi
  • Buah-buahan
  • Kerupuk
  • Kentang Mustofa
  • dll
Kalau kamu gimana? ada tambahan makanan lain yang selalu kamu siapkan dirumah untuk berjaga-jaga? sharing di komen ya!

Tidak dipungkiri sahur salah satu proses penting dalam melaksanakan ibadah puasa. Rasulullah menganjurkan sahur :
“Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah.” (HR Bukhari)
Selain anjuran rasulullah, sahur juga menjaga tubuh kita ketika berpuasa seharian. Optimalkan sahur dengan menu sehat namun tetap bisa dilakukan satset ya! selamat puasa ya! :D

Comments

  1. Pengen beli kentang mustofa tapi lupa2 terus... ma kasih sudah diingatkan lagi ^_^

    ReplyDelete
  2. Biasanya kalo bukan ramadhan aku pasti food prep mba dan menu memang bikin 7 harian atau 10 harian. Tapi selama puasa, dah bilang suami ga mau masak 😅. Dah laah nyetok aja segala macam frozen macam tekwan, ayam ungkep, rendang dll. Jadi tinggal panasin. Soalnya biar pasti enak.. Kalo sepertiga malam aku disuruh masak sahur, dijamin rasanya kacau krn mood masak blm dtg 😅

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi ini bisa jadi solusi dan jalan ninja ya mba fanny. alhamdulillahnya sekarang makanan frozen sudah banyak jenisnya jadi gak bosen

      Delete

Post a Comment