Kenangan Ramadhan di Masa Kecil

 Assalamualaikum,

Bagi generasi 90-an seperti aku dan suami pasti mengalami hal-hal menarik selama mengisi ramadhan di masa kecil dulu. Generasi milenial tumbuh dengan masa kecil tanpa smartphone bahkan handphone juga belum ada jaman itu, kalaupun sudah hadir hanya segelintir orang yang memilikinya. Kami menghabiskan waktu bermain benar-benar di dunia nyata, TV tabung satu-satunya media hiburan kami, itupun nonton bareng-bareng sekeluarga bahkan dengan tetangga. Jauh berbeda memang dengan jaman sekarang ini yang ketika kumpul-pun bisa sibuk dengan smartphone nya masing-masing. 

Masa kecil yang aku jalani adalah masa kecil yang sederhana namun syarat makna. Walau saya yakin tidak bahagia terus menerus, sedih dan kecewapun pasti ada, namun ketika harus membayangkan sekarang ini, saat di umur 32 tahun ini. Gambaran besar masa kecilku didominasi dengan kebahagiaan, alhamdulillah. Salah satu momen yang sangat dinantikan ketika kecil dulu adalah saat bulan Ramadhan. Senangnya bukan main, walau harus belajar berpuasa namun vibes ramadhan saat dulu itu sangat menyejukkan. Akan banyak 'suasana baru' selama di bulan ramadhan ini, momen ramadhan saat kecil dulu jadi memori yang indah untuk dikenang sampai saat ini.

5 Kenangan Manis ketika Ramadhan saat Kecil dulu, diantaranya :

1. Kuliah Subuh, Antri untuk Tandatangan Pak Ustad di Buku Ramadhan

Saat kecil dulu pasti ngalamin deh tugas di buku ramadhan, ada kolom tausiah yang harus kita isi dan harus ada tandatangan juga cap dari masjid. Momen ini salah satu momen seru, karena bareng-bareng sama teman ke kuliah subuh. setelah sahur pantang tidur lagi, kami bersama-sama jalan ke masjid untuk shalat subuh berjamaah dan melanjutnya mendengarkan tausiah sambil mengisi tugas di buku ramadhan. setelah selesai, kami mengantri untuk mendapatkan tandatangan dan cap dari pak ustad. Seru sekali saat itu karena bagi kami yang masih anak-anak, pergi sama teman itu sama dengan bermain, hehe.

2. Ngabuburit Main Permainan Tradisional

Karena jaman kecil belum ada gadget, jadi kami kumpul bukan untuk mabar tapi untuk main permainan tradisional sambil ngabuburit menunggu magrib. Biasanya setelah asar, kumpul dan main bersama, permainannya juga macam-macam seperti boyboyan, bentuknya seperti main petak umpet tapi menggunakan bola yang di balut plastik item. Lalu main congklak, bola bekel dan lompat tali. Jika diantara kami sudah ada yang merasa lemas, main conglak dan bola bekel jadi solusi sih! kamu main-main permainan ini juga gak?

3. Terawih Bersama

Momen terawih bersama juga jadi momen asik saat kecil dulu, saat terawih artinya bisa main malam, yey! wkwk. Setelah dipikir, memang benar ya, dulu saat kecil apa yang dilakukan niatnya bermain. Biasanya setelah berbuka dan shalat magrib diantara teman-teman ada yang datang kerumah istilah bahasa sundanya "nyampeur" buat terawih ke mesjid bareng-bareng. Setelah selesai terawih biasanya kami main dulu atau jajan sambil ngobrol-ngobrol sebentar sebelum pulang. Masih ingat sekali suasana saat dulu, adem dan nyaman di malam hari bercerita dan main sama teman-teman.

4. Beli Baju Lebaran sama Mamah

Di akhir-akhir ramadhan selalu excited karena belanja baju, sepatu, tas. Kadang kala mamah membujuk agar aku tidak ikut karena (mungkin) merepotkan bawa anak-anak berbelanja, apalagi ketika memasuki minggu terakhir ramadhan, pasar dimana-mana penuh sekali. Namun aku selalu merayu agar ikut, ingin memilih baju yang disuka sendiri, mencoba disana juga. Sayangnya, dulu masih kecil dan belajar puasa aku sering lemas ketika ikut mamah belanja perlengkapan lebaran. Beberapa kali jadi batal puasa juga, mungkin ini yang mamah khawatirkan dulu, tapi tidak tega juga jika tidak mengajak anaknya ini. Jika diingat sekarang, aku menjadi tergelitik sendiri lucu sekali kejadian dulu itu. Bisa-bisanya maksa ikut berbelanja ujung-ujungnya cuma duduk di tangga atau di bangku karena lemas, tetap mamah yang memilihkan bajunya, wkwk. Momen ini juga tidak kalah menyimpan kenangan tersendiri, ah aku bersyukur sekali punya mamah yang mau direpotkan ketika berbelanja dulu, xixi. 

5. Menyambut Idul Fitri

Selalu menikmati momen takbiran di malam idul fitri. Aku masih bisa membayangkan suasana malam takbiran, mamah yang sibuk masak di dapur, sesekali meminta bantuan aku dan bapak. Beberes rumah, menata kue lebaran di meja tamu. Jalan-jalan beli bunga hidup untuk lebaran besok, ahhh suasanya yang sangat indah sekali jika dikenang. Oia, menyiapkan baju lebaran yang akan dipakai esok hari, biasanya 1 hari bisa 3x ganti baju lebaran, Masya Allah :D. Sampai malam rasanya sulit tidur karena tidak sabar besok akan berlebaran, memakai baju baru dan bersilaturahmi dengan keluarga besar. 

Hari Idul Fitri tidak kalah menarik ketika solat ied dan pulang bersalam-salaman dengan keluarga inti yang biasanya terharu sampai nangis tapi gengsi, wkwk. Lanjut bagi-bagi THR dari mamah bapak karena berhasil belajar puasa, dulu rasa-rasanya berapapun puasanya THR nya tetap dikasih. Artinya memang mamah dan bapak tidak mengejar hasil namun proses anak-anaknya dalam belajar puasa dan memaknai bulan ramadhan. 

Ah..kenangan saat kecil di bulan Ramadhan selalu manis ketika dikenang. Lagi-lagi aku bersyukur sekali sudah dianugrahi keluarga yang membuat kenangan kecilku menjadi indah. Mamah, Bapak dan keluarga besar, semoga selalu dalam lindungan Allah. Kini, saatnya aku dan suami untuk membuat kenangan manis bagi anak-anak di setiap bulan ramadhan agar mereka juga punya memori indah tentang ini. 


Comments

  1. Yg kuliah subuh ama minta tanda tangan ustad abis tarawih itu paling berkesan sih 😅😄. Kenapa ya ga diadain lagi skr hahahahaha.

    Aku ngerasa momen ramadhan dulu memang beda dengan yg skr. Apa krn dulu masih kecil jd lbh bisa menikmati momen yaa.. Kalo skr kayaknya udh fokus yg ke lain 😄

    ReplyDelete

Post a Comment