4 Jajanan Olahan Aci Khas Bandung, yang Mana Favoritmu?

 Assalamualaikum, 

Bulan Ramadhan memang punya ciri khas yang kental ya, dari mulai suasana, tradisi sampai pada makanannya. Setiap daerah di seluruh Indonesia memiliki khas tersendiri, slogan yang selalu saya suka dari jaman sekolah dulu adalah

 Bhineka Tunggal Ika = Berbeda-beda tapi Tetap Satu Jua

Beragam budaya, kebiasaan bahkan makanan daerah yang unik-unik yang menambah kekayaan bangsa Indonesia sebagai bangsa yang berkembang. Toleransi yang kental di negara kita patut diajungi jempol karena perbedaan bukan jadi hambatan malah jadi persatuan. 

Ramadhan kali ini berbeda, saya kembali ke kota dimana saya dibesarkan yaitu Bandung. Setelah sekitar 7 tahun di Jakarta, tahun ini kembali merasakan ramadhan di kota yang selalu saya rindukan ini. Senang dan sedih bercampur baur, karena masih berjuang dalam LDM dengan suami. Namun, banyak yang saya renungi untuk patut jadi sarana syukur dan menjalani ramadhan di tahun ini dengan penuh kesungguhan karena boleh jadi, di ramadhan tahun depan saya tidak kembali menikmati suasana ramadhan di Bandung seperti tahun ini. Bagaimanapun, kesempatan ini perlu disyukuri. 

Bandung memang terkenal dengan kota wisata dan kulinernya. Betul! banyak tempat bagus dan makanan enak disini, Bandung memang cocok disebut kota pekerja kreatif. Sebagai orang Bandung, tentu saya bangga mengenalkan budaya termasuk jajanan Bandung yang unik dan enak. Di bulan Ramadhan ini saya sering mengajak anak-anak jalan-jalan ngabuburit untuk berburu jajanan. Anak-anak sudah dikenalkan sejak kecil jajanan khas Bandung seperti seblak, batagor, basu tahu, dan lain-lain. 


Namun saat ini saya ingin mengenalkan jajanan unik lainnya dari kota kembang ini, yang berbahan dasar aci. Berikut beberapa rekomendasinya :

1. Cilok

Saya yakin teman-teman sudah tau cilok ya, singkatan dari Aci Dicolok ini biasanya direbus dan dihangatkan dengan cara dikukus lalu ditambahkan bumbu kacang dan kecap jangan lupa sambal biar rasanya lebih mantap. Cilok juga sudah berada di beberapa kota ya saat ini, tidak hanya di kota Bandung dan Jawabarat. Kalau di daerahmu sudah ada belum?

2. Cimol

Singkatan dari Aci Digemol ini juga sudah cukup lama tersohor di kota Bandung. Cimol ini digoreng dan dihidangkan dengan bumbu kering aneka rasa seperti rasa asin, keju, jagung, barbaque dan pedas. Rasanya tentu saja gurih dan kenyal, bikin nagih juga untuk jadi camilan. Kamu sudah pernah coba juga belum?

3. Cilung

Nah untuk jajanan ini termasuk jajanan baru olahan aci, singkatan dari Aci Digulung. Pembuatannya memang digulung seperti telor gulung jajanan SD hanya saja ini olahan aci yang digulung lalu digoreng. Cilung ini juga lebih mantap palai bumbu, biasanya bumbu kering atau bumbu basah juga ada terdiri saos dan kecap. 

4. Cibay

Ini jajanan olahan aci yang lebih baru, singkatan dari Aci Ngambay. Bentuknya seperti risol namun isiannya aci, jadi ketika kita gigit itu acinya ngambay, hihi. Rasanya gurih dan pasti bikin nagih deh! 

Kalau ingat jaman anak-anak dulu, bulan ramadhan momen seru ketika setelah teraweh di mesjid bareng teman-teman kita lanjut berburu jajanan sederhana seperti diatas. Momen yang masih ingat dan tidak bisa terlupakan rasanya. Nah teman-teman apa pernah coba 4 jenis olahan aci diatas? yang mana yang jadi favoritmu nih?


Sumber Picture :

https://www.halodoc.com/artikel/ini-cara-membuat-dan-resep-cibay-aneka-isi-yang-praktis-dan-simpel https://www.astronauts.id/blog/resep-cilok-bumbu-kacang-pedas/ https://www.masakapahariini.com/resep/cimol-goreng-anti-meledak/https://bogor.tribunnews.com/2022/06/30/tak-perlu-jauh-jauh-ke-bandung-penikmat-jajanan-cilung-kini-bisa-ditemukan-di-kota-bogor


Comments

  1. Cibay aku blm coba mbaaa 🤭. Penasaran ih. Kalo kuliner khas bandung gini, aku sukanya yg dijual di bandung. Pernah coba beli cimol, cilok di jkt , rasanya ga seenak di sana 😄. Makanya paling suka cari cemilan di atas tiap kali ke bandung

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mba emang beda yaa.. nanti kalau main-main kebandung coba deh mba cibay nya hehe

      Delete

Post a Comment