Bingung Menu Makan Sahur dan Berbuka si Kecil yang Maunya Itu-Itu Aja? Coba 3 Trik ini!

 Assalamualaikum,

Sudah masuk minggu ke-2 bulan ramadhan, bagaimana kabarnya bu? sudah mulai bingung dengan menu sahur dan berbuka?. Ah permasalahan ini tidak hanya ada di bulan ramadhan ya, bahkan di setiap hari ibu-ibu bingung harus masak apa hari ini. Ditambah tantangan bulan ramadhan ketika anak-anak sudah mulai belajar berpuasa, worry dengan nutrisi yang takut tidak terpenuhi untuk mereka yang sedang dalam masa pertumbuhan. 

Persoalan si sulung yang picky eater dan mulai belajar puasa full tahun ini membuat aku mencoba trik yang disarankan dokter, teman dan lewat baca-baca di media online. Takut kebutuhan nutrisinya juga tidak terpenuhi selama berpuasa sehingga aku mencoba mengupayakan hal ini agar tetap membangun fitrah iman sejak dini dengan belajar puasa di tahun ini dan tetap memperhatikan nutrisi yang masuk dalam tubuh anak.

Satu minggu awal puasa agak kewalahan dengan menu yang maunya ayam terus, sayur mau beberapa kali namun jarang. Yang lebih menantang ketika saur, masih ngantuk disuruh makan lagi, Masya Allah ya bun. Memang ibu perlu kretaifitas untuk membujuk anak-anak makan sesuatu yang dia tidak suka/tidak mau padahal belum dicoba. 

10 hari ramadhan berlalu, aku banyak belajar tentang trik yang bisa dilakukan agar menu makanan anak bervariasi.

1. Beri Pemahaman

Sounding nomor satu, beri pemahaman dan komunikasikan pada anak tentang hal-hal yang menyangkut dirinya termasuk tentang nutrisi yang diperlukan ketika dia mulai belajar puasa full. Bisa dengan menggunakan beberapa sarana seperti buku cerita, film atau video yang sekarang banyak ya mengenalkan makanan sehat bahwa makan dengan gizi lengkap itu penting untuk mereka. Sounding ini tentu tidak diberikan sekali duakali tapi harus berulang kali, bahkan sebelum bulan ramadhan datang bisa dilatih mencoba beberapa menu baru yang kaya gizi.

2. Beri Pilihan Menu Variatif & Menarik

Tantangan untuk para ibu di seluruh dunia ya, karena memang tidak mudah untuk membuat menu variatif ditambah menarik, belum lagi ketika anak menolak/tidak suka dengan menu yang kita upayakan ya bu, rasanya.. Masya Allah. Namun, hal ini menjadi penting karena bagaimana anak mau suka dengan berbagai jenia varian makanan jika tidak kita kenalkan. Biasanya aku observasi jenis bahan makan apa yang anak suka. Misalnya anak pertama suka wortel, labu, jagung, aku coba bikin olahan dari bahan makanan yang dia suka. Bisa juga mengajak anak menonton acara masak-masak bareng, mungkin dia tertarik kita buatkan makanan yang menurutnya enak. 

3. Mulai dari Porsi Kecil

Ya, mencoba tidak langsung harus banyak kan?, bantu anak pelahan mengenal rasa dan memahami kesukaannya. Membei porsi kecil menjadi salah satu solusi, porsi kecil namun isiannya komplit bisa memenuhi kebutuhan nutrisi anak juga. Jika dia sudah suka, maka akan dengan sendirinya meminta nambah. 

Tentu hal ini perlu dilakukan secara konsisten, pantang menyerah untuk mencoba menu lainnya, mental siap ditolak dan masih banyak lagi perjuangan yang harus ibu siapkan. Namun, itu semua akan terbayar dengan anak yang sehat dan ceria serta punya fitrah iman yang berkembang untuk taat kepada Allah, bukan begitu bu? Agar memasak menu sahur dan berbuka lebih ringkas, bisa baca tips food preparation disini ya bu! semangat menyiapkan makanan sehat dan nikmat untuk keluarga di bulan Ramadhan ini, In Syaa Allah pahala melimpah-ruah untuk Ibu.

Comments