Terimakasih 2020, Catatan Akhir Tahun



Assalamualaikum, 

Bagaimana kabarnya hari ini teman-teman? semoga selalu sehat ya.. tahun ini begitu berbeda ya, diawali dengan pandemi covid-19 di awal tahun, tidak terasa sampai akhir tahun ini masih berlanjut. Huh... lelah ya, hari-hari ini begitu berat memang, tidak apa-apa ko mengeluh. Hidup tetap berjalan, waktu terus bergulir, jangan sampai berlarut dalam kesedihan dan kekecewaan semata. Nyatanya masih banyak sekali nikmat Allah yang terus mengalir seperti air, tanpa henti. Kita hanya perlu lebih jeli sedikit, mencari celah sedikit dari ujian universal ini. Mari bersyukur atas segala nikmat besar yang masih Allah beri pada kita sampai tutup tahun ini, alhamdulillah wa syukurillah...

Tahun ini luar biasa bagiku, luar biasa nikmat yang Allah beri :

  • Pindah Kontrakan yang Lebih Besar

Diawali dengan awal tahun kami memutuskan mencari kontrakan di Jakarta yang lebih besar. Beberapa alasan mendasari dari mulai mendapat tetangga yang kurang nyaman sampai pada bisnisku yang mulai berkembang namun tidak memungkinkan stok lebih banyak karena ruang terbatas. Tidak lama kami mendapatkan kontrakan lebih besar dengan harga tidak terlalu jauh dengan kontrakan sebelumnya. Awalnya tidak ada curiga sama sekali karena yang punyanya ini prang yang sama seperti kontrakan sebelumnya. Kami sudah percaya namun sayangnya kepercayaan kami disia-siakan. Ternyata kontrakan tersebut daerah banjir, walau alhamdulillah tidak banjir sampai dalam rumah hanya sampai teras saja, namun hal ini cukup membuatku sangat tidak nyaman, setiap hujan pasti bawaannya takut dan was-was. Sampai pada saat itu baru terpikir mengapa harganya termasuk murah untuk kontrakan seukuran itu. 

hanya berlangsung 3 minggu kami langsung pindah lagi. Aku selalu berdoa semoga suami dapat penghasilan lebih besar sehingga bisa lebih banyak saving dan lebih banyak berbagi setiap bulannya. Namun Allah mengganti jawabannya dengan lebih indah. Kami mendapatkan kontrakan lebih besar dan jauh lebih murah dari sebelumnya. Betul, sehingga kami bisa saving dan sharing lebih. Ini lah salah satu contoh Allah menjawab doa dengan caraNya. Kini aku tinggal di kontrakan yang jauh lebih besar, lebih nyaman dan lebih murah, Allah Maha Baik, Alhamdulillah.. Salah satu kesyukuran luar biasa di tahun 2020 ini.

  • Blog Baru

Tahun ini juga keinginan untuk mengganti template dan tampilan blog dikabulkan Allah, dengan cara terbaikNya. Hosting ku habis lalu aku kembali menunda memperpanjang hosting, lama-kelamaan domainnya pun mati dan tidak bisa digunakan. Semua tulisan bye tidak bisa diselamatkan, alhamdulillah aku punya beberapa salinan di google drive. Akhirnya aku membuat blog baru dengan domain dan hosting yang berbeda plus template dan tampilan custum yang aku inginkan. Alhamdulillah, ini memang salah satu keinginan dari lama untuk membuat blog lebih cantik jadi lebih semangat nulisnya, dan terwujud di tahun ini, alhamdulillah.

  • Bisnis Berkembang dengan Baik

Alhamdulillah, awal tahun memfokuskan diri ke bisnis buku dan mainan edukasi anak @KatalogEdukasi.Q tanpa modal sama sekali dan di pertengahan tahun sudah terlihat jelas laba-nya. Walau masih harus belajar terutama manajemen keuangannya sih, hehe. Tapi aku sungguh sangat bersyukur kemajuannya Masya Allah. selama itupun alhamdulillah punya custumer baik-baik pada amanah, gak ada satupun yang cancel, alhamdulillah pada shaleh-shalehah ya Allah. Rezeki luar biasa lagi. Oia teman-teman yang butuh buku-buku dan mainan anak bisa mampir kesini ya : Katalog Edukasi Q. In Syaa Allah kualitas premium, bisa juga untuk hadiah ponakan, anak teman, dsb. promo colongan. hehe.

  • Keuangan Stabil

Sedih sekali dengar kabar beberapa teman kena PHK, banyak juga yang tidak diperpanjang kontraknya, dirumahkan, dipotong gaji, dsb. Alhamdulillah rezeki luar biasa dari Allah, keuangan kami terutama suami stabil, tidak ada yang berbeda dari sebelum covid, hanya saja mungkin bonus tidak seperti sebelumnya. Alhamdulillah segini juga udah luar biasa nikmat dari Allah. Nikmat mana lagi yang harus aku dustakan?

  • Mengganti Handphone dengan yang lebih Optimal dalam Berkarya

Akhir tahun ini ditutup dengan rusaknya handphone dan sudah tidak bisa dipertahankan. Akhirnya mengharuskan aku membeli hp baru, merocek tabungan lagi, alhamdulillah. Di awal tahun aku pernah menuliskan salah satu keinginan yaitu ganti hp. karena hp sebelumnya ini tidak dapat menyimpan memori lebih banyak walau sudah menggunakan memori eksternal, lalu cameranya pun sudah retak sehingga tidak bisa digunakan untuk foto produk ataupun membuat konten video YT. Cerita selengkapnya aku tulis di blog juga loh : Ketergantungan Handphone Secara Tidak Sadar.

Alhamdulillah dengan adanya rezeki ini In Syaa Allah lebih semangat nulis, lebih semangat bisnisnya dan lebih semangat bikin kontennya. Semoga Allah mudahkan semua, aamiin yra.

  • Bisa Berkunjung ke Orang Tua

Alhamdulillah selama pandemi kami masih bisa meyempatkan berkunjung ke rumah orangtua, di Bogor dan di Bandung. Walau memang tidak sesering ketika sebelum pandemi. Namun Alhamdulillah nya kami dikasih nikmat yang luar biasa untuk bisa mengunjungi orangtua dan silaturahmi dengan keluarga tetap dengan protokol kesehatan ya. Rezeki karena kami bisa orangtua kami tidak terlalu jauh dan juga kami bisa menggunakan kendaraan pribadi sehingga bisa lebih aman di masa pandemi ini. Sangat tahu banyak orang yang tidak bisa berkesampatan dan bersabar untuk pulang kampung karena kampungnya jauh, dsb. Maka ini merupakan nikmat yang luar biasa juga buatku di tahun 2020 ini.

Banyak sekali ternyata nikmat yang Allah kasih untukku dan keluargaku, Ya Allah ampuni jika jarang bersyukur. Semoga Allah selalu membimbing agar menjadi diri yang pandai bersyukur dan terus memperbaiki diri. Oia tulisan ini merupakan collabblog dengan komunitas Bandung Hijab Blogger :). Terimakasih 2020, banyak hikmah yang aku petik, In Syaa Allah tahun depan lebih baik. Bye 2020............





Comments

  1. Insya Allah, semua ada hikmahnya ya, Teh. Semoga 2021, keadaan akan membaik. AamiinπŸ™πŸΌ

    ReplyDelete
  2. Insya Allah...lancar juga bisnisnya ya teh. Semoga pandemi ini segera berakhir, aamiin

    ReplyDelete

Post a Comment