Review Buku Wonderful Family : Merajut Keindahan Keluarga


Assalamualaikum,

Pernikahan merupakan harapan semua orang, tentunya menikah dengan orang yang dicintai dan mencintai. Tidak seperti kebanyakan dongeng, pernikahan bukanlah akhir dari kisah cinta, melainkan awal dari perjalanan cinta. Tentunya hal ini harus disadarkan pada pasangan muda-mudi sebelum memutuskan menikah. Menikah adalah perjalanan panjang, penuh dengan suka maupun duka, senang dan sedih, ujian dan hadiah.

Mempersiapkan pernikahan bukan hanya mempersiapkan segala sesuatu untuk akad dan resepsi. Namun juga mempersiapkan mental diri dalam menjalani perjalanan panjang nanti, salah satunya mencari bekal ilmu tentang pernikahan. Bisa dengan membaca buku, mengikuti seminar pra nikah atau pasca nikah, dsb. 

Saya dihadiahi buku Wonderful Family ini oleh Rina. Rina merupakan teman sekantor dulu, namun ketika saya baru beberapa minggu bekerja di kantor tersebut, Rina sudah memutuskan resign. Walau begitu, kami masih berkomunikasi baik sampai 1 tahun kemudian saya menikah dan mengundang Rina. Sayangnya Rina tidak bisa hadir karena sedang diluar kota, ia mengirimkan buku ini sebagai hadiah pernikahan. Masya Allah, Jazakallah ya Rin 💕. Sayangnya semenjak nomor lama saya hilang, lalu kehilangan kontak lagi dengan Rina sampai saat ini. Semoga Allah pertemukan lagi kami kelak, aamiin. 

Wonderful Family, Merajut Keindahan Keluarga

Judul : Wonderful Family
Penulis : Cahyani Takariawan
Penerbit : PT. Era Adicitra Intermedia
Tahun Terbit : 2012
Sampul hardcopy, isi softcopy
Berisi 261 halaman

Wonderful Family, Merajut keindahan keluarga merupakan buku yang ditulis oleh Cahyani Takariawan yang merupakan penulis buku-buku best seller tentang pernikahan dan keliarga. Buku ini pun merupakan buku Nasional Best Seller.

Di bagian belakang buku Wonderful Family ini tertulis inti bahwa kita sepatutnya merawat keluarga yang Allah hadirkan dalam kehidupan ini. Keluarga adalah perhiasan yang paling berharga. Nikmati keindahannya setiap waktu. Buku ini mengajak kita merasakan cinta dan kebahagiaan yang sempurna dalam keluarga. Jangan lewatkan setiap bagian indah yang selalu bisa kita dapatkan bersama keluarga.

Buku wonderful family tidak hanya di desain untuk konsumsi pribadi, namun di design juga untuk dihadiahi pada orang-orang terdekat dan tersayang kita. Biasanya hadiah untuk pasangan yang baru menikah, atau yang akan menikah, bahkan bagi pasangan yang sudah bertahun-tahun menikah pun bisa loh. Buku ini membahas bagaimana kita bisa mengarungi rumah tangga dari pembentukan visi sampai penyelesaian konflik yang muncul.

Buku wonderful family ditulis dalam rangka memperingati usia pernikahan penulis yang memasuki dua puluh tahun pernikahan. Sebagai rasa syukur kepada Allah Yang Maha Kasih atas limpahan nikmat yang tiada henti. Penulis mengungkapkan bahwa buku wonderful family adalah hadiah bagi kesetiaan istri yang telah membersamai kehidupan lebih dari dua puluh tahun. 

Tema wonderful family diambil dari blog yang dikelola berdua oleh penulis dan sang istri,. Harapan dan keinginan penulis untuk berbagi dengan pembaca semua untuk mewujudkan keluarga yang dipenuhi oleh keindahan, dilingkupi oleh cinta dan kasih sayang dalam naungan dan lindungan Allah. 

Buku wonderful family terdiri dari 12 Bab termasuk Bab pendahuluan dan penutup ; 
  • Catatan Pendahuluan, Memasuki Wonderful Family
  • Catatan Pertama Motivasi, Menikah Itu Bukan Seperti Memakai Sepatu
  • Catatan Kedua Visi, Sebuah Tempat Bernama Syurga
  • Catatan Ketiga Peta Kasih, Mengenali Jalan Menuju Hati Pasangan
  • Catatan Keempat Rasa Suka, Betapa Banyak Kebaikan Pasangan Anda
  • Catatan Kelima Kesepakatan, Mengapa Rumah Kita Berantakan?Catatan Keenam Perbedaan, Sampai Kapan pun, Tidak Akan Pernah SamaCatatan Ketujuh Ngomong, Apa Sulitnya Ngomong?
  • Catatan Kedelapan Badai, Menyongsong Badai
  • Catatan Kesembilan Suasana, Redakan Ketegangan, Hadirkan Kehangatan
  • Catatan Kesepuluh Generasi, Menyelamatkan Generasi
  • Catatan Penutup, Jangan Mengabaikan Hal Kecil

Wonderful Family Adalah

Sebuah keluarga yang selalu merasakan kebahagiaan karena dilandasi oleh syukur. Mereka merasakan ketenangan dalam kehidupan berkeluarga karena dilandasi hati yang bersih. Mereka mendapatkan keindahan karena selalu berfikir positif dan mereka kiat karena bersandar kepada Dzat Yang Maha Kuat.

Wonderful family adalah keluarga yang dipenuhi keindahan, kebahagiaan, keharmonisan, serta kemuliaan. Keluarga yang terjauhkan dari penyimpangan, kekerasan, kekasaran sikap, kesewenangan, dan kehancuran. Sebuah keluarga yang berdiri di atas nilai-nilai kebaikan, dan dipenuhi dengan keberkahan. Keluarga yang memberikan kontribusi kebaikan bagi masyarakat.

Dalam membangun wonderful family pastinya tidak mudah, buku ini menjelaskan bahwa pernikahan adalah awal mula dibangunnya wonderful family. Pernikahan perjalanan sangat panjang yang membutuhkan banyak bekal. 
"Bangunan yang menjulang tinggi harus disertai fondasi yang menghujam bumi. Jika fondasi rapuh, bangunan mudah rapuh dan akhirnya roboh".
Buku ini juga membuka pemahaman dan wawasan untuk mengokohkan fondasi, membentuk visi bersama suami. Suami dan istri harus memiliki kesamaan visi yang jelas dan terang benderang, yang harus ditempuh bersama-sama.

Perbedaan Akan Selalu Ada


Suami/istri memiliki hal yang seba berbeda, bahkan saudara kembar saja pun tetap memiliki perbedaan, apalagi suami/istri yang berbeda gen, latar belakang, budaya, keluarga, dsb. Maka membangun wonderful family harus dulu mengenali jalan menuju hati pasangan, perlu dulu mengenali peta kasih pasangan. Peta kasih yang lengkap akan membuat kita mengerti jalan-jalan menuju hati dan perasaan pasangan.


Manusia hidup dengan dinamis, oleh karenanya pasti melakukan perubahan dan perkembangan dirinya setiap waktu. Jangan sampai kita kehilangan peta kasih pasangan sendiri karena tak memahami perubahan yang dia alami. Sehingga banyak pasangan yang berkata :

"Dulu istri/suamiku tidak seperti itu".

Belajar mengenali pasangan setiap saat dan ini merupakan proses panjang. Biasakan ngobrol setiap hari, tentang apa saja yang dilakukan dirasakan pasangan kita. 

Ingat Kebaikan, Lupakan Keburukan

Sangat banyak kebaikan yang dilakukan pasangan kita setiap hati. Fokuslah mengingat dan mencatat semua kebaikan dan sisi positif pasangan. Mengapa banyak sekali pasangan yang sulit mengingat kebaikan pasangannya dan selalu mengungkit-ngungkit keburukan pasangannya?. Karena sebelum melaksanakan pernikahan, setiap orang memiliki gambaran yang ideal mengenai sosok pasangan hidup yang diinginkan. Namun begitu mulai menapaki kehidupan dalam rumah tangga, berbagai gambaran ideal itu tidak mesti didapat secara keseluruhan. Ini karena tidak ada manusia yang sempurna. Semua memiliki kekurangan dan kelemahan.

Salah satu yang menutupi pandangan kita adalah adanya sekat antara kewajipan dan kebaikan. "Mencari nafkah kan kewajibannya",
"Memasak, menyiapkan pakaian, bebenah rumah kan memang sudah kewajibannya".

Lantas ketika itu kewajipan, tidak termasuk kebaikan kah?. Menjalankan kewajipan merupakan kebaikan. Berapa banyak pasangan yang hengkang dari kewajibannya?. Ketika pasangan kita melaksana-kan kewajipan, bersyukur lah, jangan lupa ingat dan tuliskan itu sebagai kebaikan dan kelebihan pasangan. Karena melaksanakan kewajiban adalah kebaikan 💕.

Dan lagi, secara umum kita sangat pelit melihat kebaikan pasangan. Cobalah sekarang kita biasakan hal-hal kecil di rumah misalnya para suami mengucapkan terima kasih saat istri sibuk menyiapkan keperluan sarapan di dapur, begitupun sebaliknya. 

Apa Sulitnya Ngomong?

Komunikasi sangat penting dalam membangun wonderful family. Oleh karenanya suami/istri harus memanfaatkan setiap kesempatan untuk selalu mengobrol dan berkomunikasi. Komunikasi efektif adalah sebuah bentuk komunikasi dimana pesan yang disampaikan berhasil mencapai sasaran dengan respons yang sesuai tujuan. Misalkan suami menghendaki "Aku ingin dibuatkan teh manis panas". Maka istri mengerti percis berapa tingkat manis dan panasnya. Ketika istri malah memberikan kopi, jelas ini bukan komunikasi yang efektif.

Buku wonderful family juga menjelaskan mengenai badai atau konflik rumah tangga yang biasanya terjadi dan bagaimana cara menyelesaikan juga mengantisipasinya. Banyak juga penyebab terjadinya konflik karena tidak efektifnya komunikasi yang dilakukan pasangan suami/istri atau yang tidak memiliki visi rumah tangga jelas, juga tidak memiliki peta kasih pasangannya.

Konflik adalah bumbu kehidupan keluarga. Suami dan istri harus memiliki kemampuan mengelola konflik, serta menyelesaikan konflik dengan kedewasaan.

Kesimpulan


Buku wonderful family ini sangat recomended, bahasa nya yang formal namun tetap nyaman dibaca juga mudah dimengerti. Kontennya sangat membuka mata dan hati saya, walau saya sudah 3 tahun pernikahan namun buku wonderful family selalu jadi reminder untuk saya dan suami. Bahkan ibu dan ayah saya yang sudah 17 tahun pernikahan pun masih relevan baca buku wonderful family. 

Buku ini syarat akan nilai agama juga, penulis mengarahkan pembaca untuk satu visi pernikahan dengan anjuran agama. Selalu menghadirkan Allah dan Rasul dalam wonderful family. Buku wonderful family ini untuk sebuah usaha mewujudkan keluarga yang dipenuhi keindahan, dilingkupi oleh cinta dan kasih sayang, dalam naungan serta lindungan Allah.

Senang berbagi 💕

Comments