Persiapan Ibu Rumah Tangga yang Ingin Kembali Berkarir, Kembali Muda Tanpa Ditunda!


Saya berada di depan sebuah ruangan dengan posisi berjajar dengan ke-4 calon karyawan lainnya yang sudah lolos tahap administrasi dan psikotes di sebuah perusahaan, saat itu akan berlangsung interview kerja yang merupakan tahap akhir dari seleksi karyawan. Betul! kami ber-5 akan berkompetisi untuk mendapatkan jatah kursi di perusahaan tersebut. Saya kira kami akan di interview per orang, namun ternyata kami diwawancarai berbarengan dan pewawancara nya pun ada 4 orang! waw! rasanya dejavu saat presentasi makalah di depan penguji jaman kuliah dulu, deg-deg an.

Interviewer memulai dengan meminta kami memperkenalkan diri dimulai dari sebelah kanan, yang ternyata seorang gadis muda berusia 23 tahun lulusan salah satu universitas negeri ternama di Bandung, memiliki beberapa prestasi saat kuliah dan aktif berorganisasi namun memang belum memiliki pengalaman kerja. Selanjutnya giliran saya yang berkenalan, selain biodata diri, saya juga memperkenalkan prestasi dan pengalaman kerja juga menambah alasan mengapa ingin kembali bekerja di usia 32 tahun ini setelah 5 tahun menjadi seorang ibu rumah tangga. Perkenalan berlanjut ke seorang yang berada di sebelah kiri saya, usianya 29 tahun ternyata dia sudah melanjutkan sekolah profesi di salah satu universitas negeri ternama di Bandung, berprestasi dan memiliki beberapa pengalaman kerja yang bagus juga. Dilanjutkan dengan 2 orang lainnya, yang satu lulusan universitas Malaysia dengan prestasi mentereng dan 1 orang lain lulusan universitas negeri ternama di Indonesia, dan semua dengan usia muda rentan 23-29 tahun. 

Setelah semua perkenalan, saya yang sebelumnya punya kepercayaan diri 90% turun menjadi 75%. Bagaimana tidak? saya satu-satu nya lulusan universitas swasta yang sudah tidak bekerja selama 5 tahun dan yang jelas saya yang paling tua! namun, saya mencoba tetap tenang dan mulai menjawab beberapa pertanyaan dari interviewer dengan sebaik mungkin. Jika menilai diri sendiri saat itu dengan jawaban yang saya berikan, cukup bersaing kok dengan jawaban teman-teman lainnya. Namun tetap saja ada rasa minder dan kekhawatiran karena beberapa hal tadi. Sangat mungkin perusahaan mempertimbangkan hal-hal dari mulai universitas sampai pada usia bukan? ah apalagi saya sudah vacum dari pekerjaan publik ini selama 5 tahun, bukan waktu yang sebentar juga. 

Selesai sudah proses seleksi di perusahaan tersebut, kami meminta menunggu untuk hasilnya di rentan waktu 3-5 hari kerja. Saat itu pulang dengan perasaan campur aduk sampai menyempatkan diri ke kopi shop menenangkan diri sebelum pulang dan bertemu anak-anak di rumah. Merenungkan banyak hal terkait 'memulai berkarir setelah vacum beberapa tahun' ternyata benar-benar tidak mudah bagi saya dengan usia yang sekarang ini untuk kembali bersaing dengan anak-anak muda dengan kemampuan  baik dan penampilan yang menarik. 
Bukan tidak bisa, namun tidak mudah
Hasilnya benar saja! saya tidak lolos. Belum beruntung dan memang bukan jalan rezeki nya saja. Diluar hasilnya, saya sangat apresiasi pada diri sendiri karena sudah mau dan mampu bersaing dengan anak-anak muda berprestasi dengan kemampuan dan penampilan baik kemarin. Saya merasa cukup mampu bersaing, ya tidak 'malu-malu in lah ya', bahkan beberapa momen jawaban mereka mengutip jawaban saya "seperti yang sudah teteh sampaikan tadi..." ah iya, mungkin beruntung juga punya usia yang lebih tua, merasa diperlakukan senior dengan banyak pengalaman.

Kenyataan sekarang ini, ibu rumah tangga yang ingin kembali berkarir sangatlah tidak mudah. Persaingan dengan generasi yang jauh lebih muda dan memiliki skills yang baik. Betul, kesempatan pasti ada saja, namun kesempatan itu perlu dipersiapkan dengan matang. Beberapa yang harus dipersiapkan bagi IRT yang ingin bekerja kembali, diantaranya :

1. Siapkan CV (Curriculum Vitae) yang Menarik

Riwayat hidup merupakan magnet pertama bagi calon pekerja untuk menarik perusahaan yang penasaran dan ingin tau lebih lanjut tentangmu yang akhirnya mengundang untuk seleksi dan interview. Maka dari itu, buat lah CV semenarik mungkin! Tantangan bagi seorang ibu rumah tangga yang sudah vacum bekerja beberapa tahun, "mau mengisi apa di CV?".

Perlu ditekankan bahwa ibu rumah tangga juga sebuah pekerjaan lho! Bahkan pekerjaan yang jobdesk nya banyak sekali, jam kerja nya pun full dari pagi sampai malam. Namun sayangnya memang banyak yang memandang sebelah mata dan menganggap bahwa itu bukan sebuah pekerjaan. Kamu bisa tulis di CV secara profesional pekerjaan apa saja yang dilakukan. Tentunya skills yang ditulis dapat relevan dan dapat menunjang kamu untuk bekerja di ranah publik nanti. 

contohnya, saya menuliskan pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dari 2018 sampai saat ini. Saya tulis sebagai "Self Employed - Housewife (2018- sekarang)" dengan gambaran jobdesk seperti "Fokus mengurus rumah tangga dan membesarkan buah hati. Kini, siap kembali mengembangkan karier penuh waktu." Saya pun memberi rincian skills yang saya gunakan dalam pekerjaan ibu rumah tangga ini.

Dalam waktu dihatus tersebut saya :
  • Menjadi Blogger di www.ceritahikmahnisa.com. Bekerjasama dengan berbagai brand dalam review, event, conten placment dan lain sebagainya.
  • Aktif dalam beberapa komunitas seperti Ibu Profesional, Emak-emak blogger, IIDN, dsb.
  • Mengembangkan strategi akademik, mengajar dan mendampingi 2 anak.
  • Merumuskan dan menyeimbangkan anggaran rumah tangga.
  • Mengikuti kegiatan pengembangan diri baik secara online/offline. Berupa seminar, workshop, kulwap dan webinar.
Semakin banyak dan semakin dalam skills yang terasah saat menjadi seorang IRT akan semakin baik sehingga bisa banyak di tulis pada curriculum vitae atau lembar riwayat hidup. Sangat mungkin dengan hal tersebut dapat menggambarkan kita mampu bersaing dengan pelamar lainnya. Tentu hal ini akan menjadi daya tarik perusahaan untuk mengundang seleksi dan interview bukan?.

2. Belajar dan Berkembang dari Rumah

Jika berniat untuk kembali berkarir suatu saat nanti, bantu diri untuk terus berkembang dengan banyak belajar dan produktif walau dari rumah. Cari hal atau hobi yang disukai di sela-sela rutinitas sebagai IRT, Ikut serta dengan komunitas sesuai peminatan. Jaman digital ini, akses belajar apa saja bisa dilakukan secara online dimana saja dan kapan saja. Sehingga tidak menutup kemungkinan seorang ibu rumah tangga dapat menambah skills dan kemampuan walau dari rumah. 
Banyak belajar dan menambah skills = Mampu bersaing
Selain hal ini sangat berguna untuk mengisi CV kelak ketika siap kembali berkarir, hal ini juga sangat bermanfaat bagi pengembangan diri seorang ibu rumah tangga. Banyak belajar, menambah skills dan kemampuan sama dengan membantu kita untuk mampu bersaing. 

3. Optimalkan Penampilan saat Interview

Ketika dipanggil seleksi dan interview itu artinya perusahaan tersebut tertarik dengan kita dan mempertimbangkan kita untuk bisa bergabung dengan perusahaan. Tentu, hal ini tidak boleh di sia-sia kan, bantu proses seleksi dan interview dengan optimal dengan penampilan kita, baik mental dan fisik. 

Mental sangat berkaitan dengan kepercayaan diri dalam berkomunikasi saat interview nanti, menjawab pertanyaan dan juga menyampaikan pendapat. Gesture dan sikap juga perlu diperhatikan, berikan gesture yang baik dan pilih bahasa yang santun juga komunikatif. Sedangkan fisik berkaitan dengan penampilan luar seperti pakaian yang digunakan usahakan sopan dan formal atau semi formal, tidak menggunakan warna yang mencolok, menggunakan sepatu jangan sandal, dan lain sebagainya. 

Salah satu problem yang saya rasakan ketika ingin kembali berkarir setelah vacum adalah bersaing dengan anak-anak muda, selain skills ternyata penampilan juga sangat berpengaruh pada persaingan dan kepercayaan diri lho! Usia 32 tahun bersaing dengan usia 20an tentu sangat menantang bukan? dimana penampilan yang lebih muda tentu tidak bisa dibohongi dari segi kulit wajah dan style mereka. Namun, hal ini tentu saja bukan hambatan yang berarti, dapat diupayakan untuk kembali terlihat lebih muda seperti 20 tahun-an. Salah satu yang bisa diupayakan adalah dengan merawat kulit wajah dengan Teraskin, kembali muda tanpa ditunda!

Age Revival Theraskin

Tantang umurmu, kembalikan kilau kulit mudamu
Kalimat itu cocok sekali dengan saya yang ingin kembali muda sehingga menambah kepercayaan diri dalam bersaing di dunia pekerjaan ranah publik dengan anak-anak muda jaman ini. Tidak dipungkiri masuk usia 30 tahun lebih saat ini, banyak perubahan yang dirasakan.  Dari mulai pola pikir, prioritas hidup, kesehatan fisik dan mental hingga perubahan kulit. 

Pada usia 30 tahun sel-sel kulit membutuhkan waktu lebih lama untuk regenerasi dibandingkan usia yang lebih muda. Ini mengakibatkan banyaknya sel kulit mati yang menumpuk dan dapat menimbulkan wajah kusam dan flek hitam. Di usia 30 tahun produksi minyak alami kulit juga berkurang sehingga menimbulkan masalah kulit kering hingga kerutan di wajah. 

Beberapa solusi yang bisa diupayakan dari mulai menjalani pola hidup lebih sehat, istirahat cukup, mengkonsumsi banyak air putih juga makan makanan yang bergizi. Itu beberapa hal yang bisa kita rawat dari dalam namun perawatan dari luar juga tidak kalah penting seperti rutin memakai skincare sesuai dengan keluhan dan jenis wajah. 

Seperti saya dengan permasalahan kulit kusam ditambah sudah muncul beberapa titik flek hitam, permasalahan ini cocok menggunakan Theraskin Age Revival karena dikembangkan bersama dokter kulit sehingga kandungannya tepat untuk mengatasi masalah kulit usia 30-an. Terdapat 5 produk dalam age revival persembahan dari Theraskin ini, yaitu :

1. Theraskin Age Revival Gentle Cleanser

Sabun wajah yang diperkaya Tetrapeptide, 4D Hyaluronic Acid dan Allantoin untuk membersihkan wajah dengan lembut tanpa menghilangkan kelembapan alami kulit. Tentu produk ini sudah aman dan halal ya, dengan BPOM NA18221203347.
Cara pemakaian : Basahi wajah, tuangkan Age Revival Gentle Cleanser ke telapak tangan secukupnya, busakan dengan menggunakan air. Usapkan ke seluruh wajah secara perlahan dan merata. Bilas dengan air hingga bersih.

2. Theraskin Age Revival Protection Day Cream 

Tabir surya SPF 35 yang diperkaya Tetrapeptide dan Collagen untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV sekaligus membantu mengurangi kerutan atau garis halus, menjaga kelembapan dan kehalusan kulit. Dengan kode BPOM NA18230106473. 
Cara Pemakaian: Oleskan Age Revival Protection Day Cream secara merata pada kulit wajah dan leher di pagi hari atau 15 menit sebelum terkena paparan sinar matahari. Ulang pemakaian setiap 2-3 jam untuk perlindungan yang lebih optimal.

3. Theraskin Age Revival Intense Retinol Serum

Serum yang diperkaya Tetrapeptide, Retinol, dan 4D Hyaluronic Acid untuk membantu mengurangi kerutan, mengencangkan, melembapkan, mencerahkan dan membantu kulit agar tetap halus. Dengan kode BPOM NA18220106808
Cara pemakaian: Pada wajah yang telah dibersihkan, teteskan dua hingga tiga tetes Age Revival Intense Retinol Serum dan oleskan secara merata pada kulit wajah. Pijat secara perlahan dan diamkan beberapa saat agar serum meresap. Gunakan di malam hari.

4. Theraskin Age Revival Toner Essence 

Toner essence yang diperkaya Tetrapeptide, Niacinamide dan 4D Hyaluronic Acid untuk menyegarkan, melembapkan dan mencerahkan kulit. Dengan kode BPOM NA18221203348.
Cara pemakaian: Semprotkan Age Revival Toner Essence pada kulit wajah, kemudian tepuk-tepuk kulit wajah dengan lembut hingga merata dan meresap. Gunakan di pagi dan malam hari.

5. Theraskin Age Revival Moisture Lock Cream

Krim wajah yang diperkaya Tetrapeptide, Retinol dan Niacinamide untuk membantu mengurangi kerutan atau garis halus, melembapkan dan membantu kulit agar tetap halus dan lembut. Dengan kode BPOM NA18220106823. 
Cara pemakaian: Oleskan Age Revival Moisture Lock Night Cream secara merata di wajah yang sudah dibersihkan atau setelah pemakaian serum. Gunakan di malam hari.


Jika digunakan secara rutin dan merata pada bagian wajah setiap hari, tentu hasil maksimal yang akan didapat. Kulit wajah jauh akan lebih baik dalam kurun waku 3 minggu saja. Wah.. sangat cocok untuk saya yang sedang menanti seleksi dan interview pekerjaan selanjutnya. Semua produk skincare dari Theraskin ini sudah tersertivikasi halal dari MUI dan aman ya, terdaftar dengan BPOM NKIT240000246.

Jika skills dan penampilan sudah dirasa optimal saya yakin IRT yang sudah vacum beberapa tahun ini bisa bersaing dengan lolos diantara banyaknya anak muda dengan talenta. Kepercayaan diri meningkat dengan penampilan yang baik dibantu dengan Theraskin BPOM, Aman dan Halal.


Comments

  1. Semangaaat mbaaa 👍. Mungkin nanti rezekinya ada di job yg lain. Aku setuju dengan semua tips di atas. Usia kita yg matured, bukan ga bisa bersaing dengan para fresh grad. Tapi mungkin lbh menantang trutama dalam hal penampilan. Tapi dengan rutin memakai skincare, ga gonta ganti, disiplin soal merawat wajah, aku yakin kok banyaaaak yg usianya udh 40an, tapi dari segi tampang terlihat msh jauh lebih muda.

    Apalagi skincare skr sudah semakin bagus kualitasnya. Yg terpenting memang konsisten dalam memakai. 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. seuju sekali mba fanny karena justru konsisten ini yang paling susah yaa..

      Delete
  2. Mbak yang cerita interview, saya yang ikut ngerasa deg-degan juga. Pengen banget keluar dari kerjaan yang sekarang, tapi gak sanggup dan belum ngebayangin seberat apa proses rekrutmen yang bakal dijalani. Sama mikir pasti banyak saingan dari yang muda-mudi. Jadi ya dibetah-betahin dulu, meskipun dengan drama-drama yang ada.

    Semangat ya mbak, semoga dapat kesempatan yang lebih baik dan yang pastinya cocok untuk keadaan keluarga mbak (terutama kerja yang ramah anak) alias balance antara working time dan family time.

    Kalau soal penampilan bisa diakali dengan konsisten dijaga dan dirawat, terutama skincare -an sih, harus banget. Pakai produk yang mengandung anti-aging sejak masih usia 20an. Kulit muda dan sehat pasti gak cuma di mimpi ya mbak. 😆 saya pun pengen banget keliatan awet muda pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin yra. thank you mba Anggie doa dan support nya. Doa yang sama untuk mba Anggie selalu diberi kemudahan dan kelancaran untuk semua urusan baiknya ya. yuk! awet muda bareng-bareng, hehe

      Delete
  3. kadang aku heran sama standart lamaran pekerjaan di Indonesia yang mensyaratkan umur, beberapa hari terakhir ini rame di sosmed soal kriteria lamaran ini, diluar negeri ga ada batasan umur,semua berhak untuk bekerja
    kadang kita yang udah berumur sekian disaat harus melamar pekerjaan lagi, muncul perasaan insecure kalau melihat kandidat lain masih muda meskipun pengalaman mereka nol, tapi kadang yang dicari perusahaan melihat tampilan luar dulu. Semangat terus mbak

    dan dengan adanya skincare seperti dari Theraskin ini, kita jadi terbantu untuk membuat kulit terlihat awet muda, asalkan pemakaian juga konsisten

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, kalau di luar tidak mempermasalahkan umur ya yang penting punya skills dan bisa bekerja di bidang tersebut jadi gak galau seperi disini. Tapi bagaimanapun namanya rezeki dan jodoh sudah diatur ya termasuk tentang pekerjaan ini, Tinggal tambah usaha dan doa nya ya. Tq mba Ainun sudah mampir yaa

      Delete

Post a Comment