Mudik Lebaran Kami di 2024

Assalamualaikum,
Tinggal menghitung hari menyambut hari kemenangan yang otomatis juga berpisah dengan bulan ramadhan. Bagaimana target ibadahnya teman-teman? Semoga tercapai sesuai target ya! Adapun yang belum bismillah masih bisa dikerjakan di beberapa hari terakhir ini. 

Bicara tradisi idul fitri dari tahun ke tahun secara turun temurun yang tidak pernah terlewat adalah mudik lebaran. Ya! Indonesia punya tradisi mudik ke kampung halaman dalam menyambut hari raya idul fitri. Bersilaturahmi dengan keluarga besar, sanak saudara di kampung dengan saling maaf memaafkan. 

Tradisi ini tentu saja menjadi salah satu hal yang dinantikan. Aku ingat sekali ketika kecil dulu, karena keluarga besar di Bandung semua sehingga tidak merasakan mudik, hanya berkeliling silaturahmi ke rumah rumah keluarga, saudara dan kerabat. 

Saat itu momen yang sangat dinantikan sampai tidak bisa tidur akan menyambut hari lebaran besok. Ditambah lagi ada baju, tas dan sepatu baru yang akan dikenakan besok. Masya Allah rasanya deg-deg an, hihihi.


Waktu begitu cepat berlalu, kini setelah menikah dan punya keluarga kecil, kami jadi punya tradisi mudik. Ya! Karena semenjak menikah kami merantau ke Jakarta sehingga ada momen pulang kampung ke kota Bandung dan Depok di rumah mertua. Belum lagi ke rumah uyut kami berdua, alhamdulillah. 

Cerita Mudik Lebaran Kami di 2024

Tahun ini tahun pertama aku dan anak-anak mengisi ramadhan di Bandung, dan harus LDM dulu dengan suami. Semoga saja hanya di tahun ini saja, tahun depan kami bisa kembali sama-sama menjalani ramadhan dengan satu atap, Aamiin.


Anak sulung sudah libur sekolah di 2 minggu menjelang lebaran, sampai 1 minggu setelah lebaran, Masya Allah ya lama sekali, hehe. Jadi kami akan banyak berkeliling. 

○ Depok
Pertama kami akan mudik ke Depok, ke rumah bapak mertua. Rencananya kami kurang lebih 3 hari disana namun takdir berkata lain. Suami tiba-tiba sakit dan harus di rawat di RS Depok sehingga kami berangkat lebih maju dari jadwal sebelumnya, dari asalnya berencana 3 hari, jadi 6 hari. Ya begitulah takdir Allah ya, alhamdulillah sekarang sudah sehat semua sehingga kita bisa melanjutkan perjalanan mudik dan berlebaran bersama keluarga besar tahun ini.

○ Sukabumi
Malam takbiran nanti kami akan berangkat ke Sukabumi. Keluarga besar suami kumpul disana, lengkap dengan buyut anak-anak yang masih sehat, alhamdulillah. Kami berangkat dari Depok sehingga tidak terlalu jauh perjalanan dibandingkan dari Bandung. Kami berencana 1 hari 2 malam disana, H+2 kami akan melanjutkan perjalanan.

○ Bandung
Hari lebaran ke-2 kami akan melanjutkan perjalanan ke Bandung, bersilaturahmi dengan keluarga di Bandung. Perjalanan kami kali ini menggunakan travel dari Depok. Hari lebaran ke-2 ini akan jadi perjalanan cukup panjang untuk anak-anak karena dari Sukabumi ke Depok lanjut lagi ke Bandung, Masya Allah. Semoga semua sehat-sehat dan menikmati momen mudik ini.

○ Majalaya
Istirahat 1 hari dirumah orang tua di Bandung, esoknya kita berencana ke Majalaya, kerumah Buyut anak-anak yang juga masih sehat, alhamdulillah. Berencana disana sekitar 2 hari, kami akan balik lagi ke Bandung untuk mengisi liburan disana. Anak-anak sudah punya list tempat liburan favorit di bandung yang pengen di kunjungi ketika lebaran nanti. 

Perjalanan kami akan penuh cerita dan pengalaman terutama untuk anak-anak. Semoga semua disehatkan dan diberkahi rezeki untuk berbagi dan bersilaturahmi dengan sanak saudara di kampung halaman ya.. kalau kamu mudik kemana tahun ini?

Comments