4 Kue Khas Lebaran Kesukaan Keluarga

 Assalamualaikum,

Sudah menyiapkan kue lebaran teman? Kamu tim bikin sendiri atau beli nih?. Kue lebaran ini rasanya menjadi salah satu tradisi menyambut hari raya Idul Fitri juga ya. Ingat saat kecil dulu, keluarga ikut mempersiapkan kue lebaran dengan membuatnya sendiri. Dulu, masih jarang yang menjual kue lebaran seperti saat ini, apalagi sekarang sudah ada tradisi berbagi hampers ya. Biasanya bibi-bibi membuat kue kacang, nastar dan keju. Oia, camilan seperti kacang goreng dan cistik juga biasanya buat sendiri, sampai-sampai dulu nenek sempat menjual kacang goreng dan cistiknya yang menurut pengakuan beberapa orang yang sudah coba enak dan renyah. Ingat sekali dulu, nenek sampai kewalahan menerima orderan, hehe.

Itu cerita dulu, kini keluarga kami tim beli jadi, hehehe. Alhamdulillah sangat terbantu dengan UKM yang ada saat ini. Aku langganan membeli kue khas lebaran ke teman yang memang membuat secara homemade alias rumahan namun rasanya boleh diadu deh! Tahun kemarin coba beli dengan sistem PO, namun sebelum lebaran kue sudah habis dimakan anak-anak saking sukanya. Jadi tahun ini aku kembali order dengan lebih banyak dan beberapa varian tambahan dan semuanya enak, aku juga beli intuk hampers dengan beli dan pasang dus hampers sendiri. 

Keunggulan lainnya membeli kue dari UKM adalah harganya yang jauh lebih mudah dibandingkan toko-toko kue ternama namun rasanya bisa dibandingkan deh! Aku juga membeli kacang dan cistik dari saudara yang juga membuat sendiri dan sudah terbukti cocok dilidah keluarga kami. 

Nah, beberapa kue dan camilan wajib keluarga kami saat lebaran, diantaranya :

1. Kue Keju Manis Coklat

Ini yang paling favorit sih karena semua anggota keluarga suka. Beli 4 toples sengaja, dan 2 toples udah habis sebelum lebaran, hehe. Kue ini selalu dibawa kemana-mana termasuk ketika kami mudik bahkan buka bersama diluar lho! 

Dibawa saat bukber 😄

2. Kue Keju

Ini favoritku sejak kecil dulu, kue keju atau kastangel memang enak banget, cocok ditemani dengan kopi hangat, hmm. Berbeda dengan kue keju manis sebelumnya yang disukasi semua anggota keluarga termasuk orangtua, ipar dan mertua, anak-anak jangan ditanya lagi. Kue keju ini hanya aku dan suami yang suka, anak-anak sepertinya kurang suka yang tipe asin seperti kue keju ini. Namun tetap menu kue ini harus ada saat lebaran.

3. Kacang Goreng

Camilan favorit keluarga yang satu ini selalu diupayakan ada di momen hari Lebaran, bahkan bukan hari lebaranpun kami biasa beli di supermarket. Bedanya ketika hari lebaran kami beli khusus di saudara yang jual kacang goreng premium. 

4. Cistik

Satu lagi camilan wajib saat lebaran adalah cistik, ada berbagai macam rasa seperti rasa keju, bawang dan original. Sama seperti kacang goreng, kalau sudah ngemil cistik ini suka gak sadar tiba-tiba sudah setengah toples lagi, hihihi. 

Nah kalau kami gimana? Adakah camilan khas lebaran yang wajib dikeluargamu? 

Comments