Melihat Binatang Secara Dekat di Lembang Park & Zoo

Assalamualaikum,
Terakhir ke kebun binatang itu sekitar tahun 2018 di kebun binatang Bandung ketika Nada masih usia 1,5 tahun. Setelah itu pandemi covid kita benar-benar tidak liburan kemana-mana padahal pengen sekali mengajak anak-anak lihat binatang langsung ditambah lagi sekarang sudah ada anggota baru di keluarga, Ara. 

Ara usianya sekarang sudah 17 bulan first time lihat binatang langsung itu si Taman Safari, ketika Nada outing kenaikan kelas di sekolahnya, btw ketika itu outing sekolah serasa family gathring buat kami karena semuanya ikut 😆, ceritanya disini. Di Taman Safari lihat binatangnya jauh ya, hanya di dalam bus saja. Sisanya kami nonton pertunjukan binatang yang tempat duduknya juga cukup jauh karena penuh, hihi. Melihat dekat hanya Gajah saja waktu itu.

Nah ketika liburan ke Bandung akhir semester lalu, ada tante kecil Nada namanya Alula yang kalau liburan di Bandung selalu deh pengen mainnya sama Alula. Soulmate banget deh sampai apa-apa harus kembaran 😅. Jadi waktu liburan lalu, Nada, Alula dan Ara diajak oleh Ambu Abah jalan-jalan lihat binatang secara dekat di Lembang Park & Zoo.

Kami kesana tidak terlalu jauh dari rumah bandung cukup perjalanan sekitar 1 jam saja. Saat itu berangkat pagi sekitar jam 8 dari rumah, sampai jam 09,00 ternyata sudah rame sekali, mungkin karena hari libur juga ya.

● Alamat 

Lembang Park & Zoo beralamat di ;
Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 40391

● Tiket

Tiket masuk 70,000/orang ketika weekend dan hari libur. Sekarangkan untuk weekday 50,000/orang.

Cerita Kami di Lembang Park Zoo

Saat itu cuaca sedang mendung dan sedikit rontik hujan seharian. Namun tidak meredakan semangat anak-anak untuk lihat koleksi binatang yang ada di Lembang Park Zoo ini. 
Begitu dekat dengan singa, waaawww
Bisa Tos sama singa 😆

Pertama kami melihat harimau putih, kemudian ke singa putih. Disana ditutup kaca yang transparan sehingga kami melihat secara dekat sekali dengan binatang-binatang. Lanjut ke koleksi burung dan unggas. Disana ada tempat khusus berfoto, memegang ataupun memberi makan burung namun perlu membayar lagi biaya untuk masuk ke arena tersebut sebesar 100,000/orang.

Ambu sedang menjelaskan pada anak-anak binatang apa yang dilihat.

Kita masuk ke wilayah reptil, cukup kumplit juga disana. Di wilayah reptil ini posisinya indoor sehingga cukup oke juga untuk berteduh kala itu. Kemudian kita melihat koleksi kera dan sejenisnya, ada show speaker juga waktu itu di bagian binatang Orang Utan, Jadi speaker menjelaskan pengetahuan tentang orang utan, kera dan sejenisnya. 
De Ara nyaman digendong ateu

Kita lanjut ke bagian kelinci, ada tempat khusus untuk beribteraksi dan memberi makan kelinci dari dekat. Saat itu Nada dan Alula ikut masuk, tiketnya sebesar 25,000 sudah dapat makan untung kelincinya. Ada juga fasilitas naik kuda mini di area yang sama.
Kembali melihat koleksi beruang, cittah,  kangguru, dll. Koleksinya cukup lengkap dan dekat sehingga anak-anak sangat jelas melihat binatang-binatangnya. Lanjut ke atas ketemu Gajah, disana juga bisa naik dan foto bersama Gajah. Menelusuri sampai ujung, ada rusa, bebek/angsa, domba, dll. Banyak dek pokoknya. 

● Fasilitas Lainnya

  • Sewa motor listrik untuk berkeliling bagi yang lelah 😁.
  • Payung dipinjamkan free, tapi pas mau pulang jangan lupa kembalinya ya, 😁. Disana terdapat beberapa tempat peminjaman dan pengembalian payung. Jadi bisa pinjam/kembalikan di tempat terdekat saja, tidak perlu jauh-jauh. 
  • Jas hujan free. Selain payung, ada juga pembagian jas hujan free disana. Biasanya petugas nanti membagikan, kalau kehabisan ya gak kebagian deh, hehe. 
  • Kantin. Makanannya asli enak-anak dan harga murah juga selevel tempat wisata ya.
  • Playground. Jadi ada 2 jenis playground, yang besar dan yang sederhana. Posisi playground sederhana ada di dibelakang kantin, jadi kalau kita makan anak-anak bisa sambil main di playground sederhana tapi cukup sambil menunggu. Kalau playground besar khusus di permainan anak-anak, sayangnya kami tidak sempat bermain kesana karena waktu sudah terlalu sore dan cuaca kurang mendukung saat itu sedang hujan plus angin.
  • Toilet dan Stand Camilan dibeberapa titik. Tidak perlu khawatir lapar dan kebelet karena toilet disediakan dibeberapa titik, termasuk juga stand-stand camilan. Sehingga tidak perlu jauh-jauh memutar untuk mencari makan dan ke toilet. 
  • Fasilitas Interaksi dengan Binatang ; memberi makan unggas/burung, kelinci, naik kuda mini, foto dan naik gajah, dll. Semuanya bayar tiket lagi ya.

  • Spot Foto. Disediakan beberapa spot foto juga untuk yang tidak mau melewatkan momen foto-foto yang lucu disini.

Buatku sangat wort it main-main sekalian edukasi binatang bersama anak disini. Beda dari yang lain karena melihat binatang begitu dekat. Tempatnya juga nyaman dan bersih, tidak terlalu jauh untuk melihat binatang satu ke binatang lainnya dibandingkan kebun binatang lain yang jauh-jauh. Fasilitasnyapun cukup lengkap. Jadi gimana, mau coba ajak anak-anak main kesini?



Comments

  1. Ga terlalu mahal ya Mbaaa.. pengen juga sih ajakin anak2 ke kebun binatang gini, atau taman safari. Yg di JKT aja mereka belum pernah datangin 😅. Pasti seneng anak2 kalo liat binatang gini, apalagi yg buas2 dari Deket.

    ReplyDelete
  2. Wah, buat anak2 bisa buat edukasi bagus ya

    ReplyDelete
  3. seru banget bisa main-main ke kebun binatang, apa daya aku yang udah puluhan tahun belum mengunjungi kebun binatang lagi. Kayaknya terakhir waktu SD dan itupun di kebun binatang surabaya

    ReplyDelete

Post a Comment