Resume Kulwap ; Peran Ayah dalam Pendidikan Keluarga Islam

Assalamualaikum,
Dapat kuliah whatsapp free lagi dari Edufid beberapa waktu lalu. Baru sempat bikin resume sekarang, hehe. Kali ini diisi oleh mba Kisma Fauzea, yang bergerak di bidang konsuling pernikahan dan co-owner Rumah Konseling. Mba Kisma membahas tema gang cukup menarik yaitu "Peran Ayah dalam Pendidikan  Islam". 

catatan penting untuk seorang ayah yang ternyata tugas dan tanggungjawabnya sangat banyak di keluarga termasuk di dalam pengasuhan. Karena menjadi PR bersama di kebiasaan masyarakat masih banyak yang menganggap tugas ayah hanyalah mencari nafkah, oh tidak semudah itu furgoso. Mari para ayah belajar dari sini. Berikut resume nya ;


Menjadi sorang Ayah tentu memiliki peran dalam Pendidikan keluarga. Allah SWT. berfirman dalam Qur’an surah ke 66 ayat 6 bahwa seorang ayah berperan untuk memelihara keluarga dari api neraka, disini dijelaskan bahwa tugas ayah sangatlah penting untuk menjaga keluarga agar tidak menjadi bahan bakar api neraka. mencari nafkah hanyalah satu dari banyaknya tugas seorang ayah.

Kewajiban Ayah dalam Islam untuk Mendidik Anak

1. mengajarkan tauhid
2. membimbing ibadah
3. teladan akhlak yang baik
4. mengajarkan ilmu yang bermanfaat
5. memberi nafkah
6. mengajarkan pengalaman hidup
7. mengajarkan amar ma'ruf nahi munkar
8. mendidik dengan tidak mengekang

Mengajar kepada kebaikan adalah kewajiban semua umat, hal ini penting karena anak-anak kita nanti akan menjadi orang tua yang akan mengajarkan kembali kepada anak-anaknya. jika tidak diajarkan maka anak-anak kita nanti menjadi seorang yang individualis.

Selain kewajiban dari Ayah, apa sebenarnya yang dibutuhkan seorang anak dari ayahnya?

1. Ibunya dicintai dan dihargai
2. Melihat ayahnya berjuang dan gagal
3. kepemimpinan ayahnya
4. hadir dan berperan
5. ayahnya mencintai kelebihan dan kekurangan, keberhasilan serta kegagalannya. jangan membandingkan anak, hargai setiap kelebihan dan kekurangan anak.
6. penguatan dan motivasi
7. di prioritaskan
8. bermain dan menghabiskan waktu bersama
9. rasa aman, stabil dan konsisten

Ayah yang tidak diperlukan anak?

1. The absent father
2. The abusive father
3. the pampering father
4. The needy father
5. the helicopter father
6. the performing father
7. the passive father
8. the silent father
9. the self centered father

Lalu bagaimana agar semua berjalan dengan normal sebagaimana mestinya?

Bangunlah respect, rasa saling menghargai di rumah, rasa saling menyayangi di rumah. memori yang kita buat kepada anak tidak akan pernah terlupakan. cara agar memori ini bisa tidak terlupakan yaitu dengan menumpuk dengan memori indah, minta maaf pada anak menjadi diskusi yang sulit namun harus dilakukan.

Masya Allah, catatannya banyak sekali untuk para ayah. Ternyata benar yaa bukan hanya mencari nafkah tugas ayah begitu banyak dalam keluarga termasuk pengasuhan. Semoga para ayah dimudahkan Allah disetiap ikhtiar dalam membimbing keluarganya ke syurga. Aamiin yra. 🤲 

Comments