Anak Susah Makan Tapi Suka Ngemil? Coba Tips Ini

Assalamualaikum,
Anakku lebih suka ngemil dibanding makan, anakku kalau makan sedikit tapi ngemilnya banyak. Beberapa keluhan umum para ibu, yang anaknya lebih suka ngemil dibandingkan makan. Lalu bingung nutrisinya cukup gak ya? Terpenuhi gak ya? 

Masa-masa galau karena pola makan anak juga pernah aku alami. Kalau dari beberapa ilmu dari seminar-seminar tentang permasalahan makan anak yang pernah aku ikuti ada 2 point yang utama :

1. Jadwal Makan dan Camilan

Orangtua harus memberikan jadwal tetap makan dan camilan. Biasanya 3x jadwal makan (sarapan, makan siang, makan malam), 2x jadwal camilan (diantara jam sarapan ke makan siang, diantara jam makan siang ke makan malam). 
Sarapan - Camilan - Makan Siang - Camilan - Makan Malam
Jika orangtua disiplin atas pemberian jadwal makan pada anak. Persoalan makan ini akan lebih mudah. Yang sering jadi permasalahan adalah, banyak orangtua yang memberikan camilan suka-suka tanpa jadwal dan tanpa batasan. Anak kenyang dengan camilannya yang mengakibatkan tidak mau makan atau makan sedikit. 

Orangtua bisa menahan diri dan belajar mendisipilinkan anak-anak tentang kebiasaan pola makan dan camilan ini. Tentu pembiasaan akan sulit ya, namun jika tidak sekarang anak makin besar dan makin sulit orangtua kendalikan. 

2. Pilihan Jenis Makan dan Camilan

Nah yang kedua pilihan jenis makan dan camilannya nih bu. Benar-benar harus diperhatikan makan anak-anak nutrisinya bagaimana, begitupun dengan camilan. 

Mengsedih memang kalau anak sudah doyan camilan dibanding makan ditambah camilannya malah yang sedikit nutrisi atau bahkan malah malnutrisi, huhuhu. Jangan sampai ya bu, kita sebagai orangtua harus jeli terhadap pertumbuhan anak-anak. Anak masih dalam masa pertumbuhan yang nutrisinya harus terpenuhi dengan  baik agar pertumbuhannya juga optimal baik dari segi kognitif, fisik, psikis, dan lain lain. 

Sehingga baik memberi makan 4sehat 5sempurna di per 1x makan. Dan pilihan camilan sehat untuk anak-anak. Oia ngomongin camilan aku ada rekomendasi camilan enak juga sehat lho dari Sunkrisps Indonesia. 

Sunkrips Indonesia, Camilan Sehat Berbahan Dasar Sayuran Segar



Sunkrisps Indonesia (@sunkrisps.id) adalah produsen makanan berbasis sayuran segar untuk keluarga. Aku sudah coba beberapa variannya seperti : 
1. Rainbow stick rasa Keju
2. Rainbow stick rasa Sayuran
3. Rainbow puff original isi coklat
4. Rainbow puff keju isi coklat
5. Rainbow Noodle

Nada juga dapat Kids Sunny Pack yang lucu banget, bisa dibawa traveling nanti. 

Sunkrisps ini dari pewarna asli sayuran, protein dari telur, no MSG juga tanpa pengawet. Juga dipastikan sudah teruji BPOM dan Halal MUI. Dibelakang kemasan lengkap informasi tentang komposisi, informasi nilai gizi, saran pengajian dan best before juga kode produksi.

Nah ini nih camilan yang bukan hanya enak tapi kaya nutrisi yang dibutuhkan anak-anak dan keluarga. Teman-teman yang penasaran bisa langsung pesan dan kunjungi official sore nya di IG @sunkrisps.id ya. 

Comments