4 Tips Simple Merawat Rambut bagi Seorang Ibu



Assalamualaikum,

Semenjak melahirkan rambut ko jadi rontok ya?. Apakah ada yang senasib?. Setelah lahiran anak pertama rambutku jadi semakin rontok. Sebelumnya memang sudah rontok dan lepek karena mungkin lembab sehingga dulu aku upayakan untuk rutinkan nutrisi vitamin rambut.

Sekarang, setelah lahiran rambut semakin rontok, gak pernah bertahan lama untuk jadi rambut panjang, padahal aku suka sekali rambut panjang, dari jaman dulu gak pernah deh rambut pendek. Sekarang panjang sedikit langsung potong, karena pertama agak ribet juga setelah punya anak punya rambut panjang. Kedua karena mungkin jarang dirawat lagi kayak dulu, susah sekali nemu waktu untuk perawatan setelah punya anak ditambah anak dua. Jadi ya cukup kramas 2hari 1x aja cukup tanpa creambath lagi dan tanpa rutin vitamin lagi. Hanya ibu yang tau rasanya bagaimana sulitnya perawatan diri kalau punya bayi dan balita.

Rambut Rontok Setelah Lahiran

Setelah mencoba cari penyebab kenapa rambut semakin rontok dan lepek setelah lahiran ternyata eh ternyata karena hormon juga ya.

Salah satu penyebab rambut rontok pasca melahirkan adalah karena terjadinya perubahan hormon selama kehamilan dan setelah bersalin. Selain itu, stres pasca melahirkan dan asupan nutrisi yang kurang juga bisa jadi penyebab rambut rontok lainnya.

Hmm.. selain hormon memang karena rutinitas seorang ibu dengan bayi/balita itu sibuk sekali pemirsa sehingga untuk perawatan rambut urusan kesekian, masih banyak hal yang urgensi yang perlu diurus. Mungkin begitulah kurang lebih ya.

Tips Merawat Rambut bagi Seorang Ibu

Jadi solusinya bagaimana?. Selama ini aku hanya upayakan untuk :

1. Keramas 2 hari 1 kali

Ini sih kudu wajib ya, walau kayaknya ingin keramas setiap hari karena kegiatan seharian full tapi tetap tahan dan upayakan 2 hari sekali. Karena kalau kekeringan keramas juga tidak bagus ya.

2. Keringkan rambut sebelum pakai hijab

Nah ini kesalahan yang sering ibu-ibu lakukan. Setelah keramas, rambut masih basah lalu langsung diikat dan pakai hijab seharian. Ini bisa membuat rambut juga jadi lepek dan bau, selain itu juga bisa membuat sakit kepala lho.

3. Potong rambut pendek.

Kerontokan rambut ini lumayan terbantu dengan rambut pendek. Mungkin karena jadi lebih ringan ya, kalau rambut panjang kan berat gitu ya. Jadi semenjak lahiran sampai saat ini aku rutin potong pendek rambut. Selain mengurangi kerontokan juga membuat sat set sat set ibu rumah tangga lebih garcep, hehe.

4. Nutrisi dengan Shampo dan Conditioner yang cocok

Karena susah sekali nemu waktu untuk nyaman jadi upayakan yang ada dirumah. Aku mengupayakan memberikan nutrisi rambut dengan shampo dan conditioner yang cocok dengan rambut. Sudah 2 minggu ini aku coba shampo dari scarlett, berikut review nya :

Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner



Disini aku akan coba review shampo dan conditioner baru dari Scarlett yang sudah kurang lebih 2 minggu ini aku gunakan. Oia sebelumnya juga aku juga pernah review bodycare scarlett, bisa baca disini : Review Scarlett Whitening Coffee Edition , Review Rangkaian Scarlett Whitening Body Care

Kesan pertama pake yordania sea salt shampo dan conditioner kesan adalah wangi banget, Masya Allah. Semua produk scarlett yang sudah aku coba sangat sangat cocok di wanginya sih, wanginya itu gak pasaran dan wangi banget.
Yordania sea salt shampoo dengan wangi maglonia dan Yordania sea salt conditioner dengan wangi evening primrose (bunga sedap malam).
Setelah keramas, rambut lebih lembut dan nyaman karena wanginya awet banget. Setelah 3 kali pemakaian kerasa rambut lebih ringan dan gak lepek. Rontokpun lumayan berkurang karena ternyata kandungan sea salt ini salah satunya menguatkan akar rambut juga.

Kandungan Sea Salt :

  • Menyerap minyak berlebih kulit kepala.
  • Membantu mengatasi penumpukan kotoran yang melekat pada kulit kepala.
  • Membantu membuka kutikel rambut sehingga perawatan selanjutnya akan menyerap dengan baik.

Manfaat Yordania sea salt shampoo & conditioner :

  • Mengontrol kadar minyak pada kulit kepala.
  • Membersihkan kulit kepala.
  • Menguatkan akar rambut.
  • Memberikan volume pada rambut.
  • Mencegah rambut rontok dan bercabang.
  • Menyehatkan folikel rambut dan kulit kepala.
  • Membuat rambut lebih berkilau.
Salah satu yang penting buat aku adalah aman untuk ibu hamil dan menyusui nah ini yang bikin tambah nyaman pakai yordania sea salt shampoo dan conditioner. Selain itu ini juga dapat digunakan untuk semua jenis kulit ya dan disarankan untuk anak diatas usia 13 tahun.


Kemasannya manis dan sederhana berbentuk botol bening, dengan tutupan flip nya sehingga aman. Selain kemasannya yang simple dan teksturnya yang lembut. Yordania sea salt shampoo dan condition ini juga memiliki keterangan yang lengkap di belakang botol. Sudah bersertifikasi BPOM, sehingga terjaga keamanannya.

Cara pakai Yordania sea salt shampoo :

  • Tuangkan Yordania sea salt shampoo secukupnya ke kulit kepala atau akar rambut.
  • Pijat kulit kepala secara lembut dan perlahan.
  • Bilas hingga bersih.



Cara pakai Yordania sea salt conditioner :

  • Tuangkan Yordania sea salt conditioner secukupnya ke batang rambut.
  • Ratakan hingga ujung rambut. (Hindari pemakaian di kulit kepala/akar rambut).
  • Diamkan selama beberapa menit.
  • Bilas hingga bersih.


Tips merawat rambut untuk ibu ini semoga bermanfaat ya, karena seribu apapun kita tetap upayakan untuk merawat diri sendiri walau hanya dirumah. Merawat diri sendiri erat kaitannya dengan self love. Bagaimana kita mencintai diri kita sendiri dengan memperlakukan diri kita dengan baik dan nyaman. Dengan begitu, kita akan lebih siap merawat suami, anak dan rumah.

Buat kamu yang pengen coba bisa order melalui whatsapp (0877-0077-3000), line (@scarlett_whitening), dm instagram @scarlett_whitening , ataupun shopee (Scarlett_whitening), bisa pilih salah satu ya. Selamat mencoba :)




Comments

  1. Sama...aku juga setelah jadi ibu rambut dipotong pendek, praktis dan mudah merawatnya. Tahu kan ibu wara-wiri seharian bisa lepek nih rambut nanti. Ku jadi penasaran sama wangi sedap malam di haircare terbaru Scarlett ini...wanginya unik pasti

    ReplyDelete
  2. Sama banget sih, aku abis lahiran rontok parah nih. Kadang kalo lagi sapu2 rumah suka sedih banyak rambut huhu

    Penasaran pengen cobain produk haircare dari Scarlett deh

    ReplyDelete
  3. Wah, baru tau kalau scarlet ada produk shamponya. Aku juga nih tim rambut rontok, mungkin karena berhijab juga ya. Jadi penasaran pengen nyobain hair care baru inii.

    ReplyDelete
  4. Sejak hamil anak pertama sampai sekarang lebih suka rambut pendek. Perawatannya ngga susah, habis keramas cepet keringnya.
    Kebayang shamponya Scarlett ini pasti wangi, bikin rambut wangi juga.

    ReplyDelete
  5. aku suka banget sama sea salt- baunya segaaar banget berasa di pantai pokoke

    Scarlett emang terbukti banget ya kolab dengan banyak pihak semakin mengukuhkan keberadaannya!

    ReplyDelete
  6. Nah iya, sejak punya anak tuh jadi gak bisa rambut panjang.
    Aku jadi potong rambut pendek.
    Cobain rutin pakai Yordania Sea Salt Shampoo dan Conditioner ya... biar rambut sehat dan kuat berkilau.

    ReplyDelete
  7. Permasalahan yang dialami hampir semua ibu melahirkan. Rambut rontok. Dan katanya, kalo anaknya laki-laki, rontoknya lebih parah. Entahlah, soalnya anakku laki-laki semua. Tapi memang, potong rambut jadi lebih pendek adalah solusi paling simpel. Ini menjawab tanda tanyaku waktu kecil dulu, kenapa ibu-ibu kalau habis melahirkan pasti potong rambut? Hihi...

    Kalau sudah potong rambut, tentu PR selanjutnya adalah memperbaiki cara keramas, termasuk pemilihan shampoo dan conditionernya. Senang kalau ada shampoo dan conditioner yang benar-benar terbukti bisa membantu mengurangi kerontokan. :)

    ReplyDelete
  8. Ah iya, merawat rambut itu juga jadi perhatian para ibu ya mbak
    Nggak cukup keramas rutin dengan sampo saja, tapi juga perlu pakai kondisioner
    Apalagi kalau punya formula terbaik seperti Shampoo dari Scarlett ini

    ReplyDelete
  9. Mungkin karena hormon ya, aku juga dulu gitu sampai anak usia 6 bulan masih suka rontok. Dan iya sih aku juga keramas dua hari sekali dan akhirnya potong rambut agar lebih mudah ngerawatnya. Bagus ya Scarlett shampi dan conditioner nya, udah dipakai 2 minggu hasilnya udah terlihat.

    ReplyDelete
  10. Samaa rambutku jg rontok.parah. maau aah coba prodik.scarlet...

    ReplyDelete
  11. wah siappp rambutku rontok paraaaah banget. Kayaknya bisa nih ya Mba Scarlett...dan aku juga udah potong pendek yang penting bisa dikucir ya pas pake jilbab biar ga sumuk.

    ReplyDelete
  12. Emang ga enak kalo abis keramas langsung pake jilbab. Pasti jadi lepek. Makanya keramas sore-sore, jadi udah ga perlu ke mana-mana lagi.

    ReplyDelete
  13. Belum kesampaian nih nyobain sea salt shampo punya Scarlett. Baca testimoni teman-teman rata-rata suka dengan aroma dan khasiatnya. Rambutku rontok juga nih mba, bahkan setelah belasan tahun punya anak heheee

    ReplyDelete
  14. Rambutku rontok sejak dulu selain rontok, kering pula suami sampai bilang, rambutmu tuh bisa dipakai ngiris bawang, beuh kesal juga. Bisa nih saya coba shampo Yordania dari Scarlett biar rambutku lembut selembut sutra. Ahaiii.

    ReplyDelete

Post a Comment