Menjaga Kesehatan Keluarga saat Ramadhan bersama Antangin JRG & Habbatussauda

Assalamualaikum,

Bagaimana perjalanan mudik dan balik nya teman-teman?. Tahun ini tahun penuh suka cita karena kembali bisa merasakan mudik ke kampung halaman setelah 2tahun tertahan dengan pandemi covid, walau begitu protokol kesehatan tetap harus dijaga ya.

Ramadhan tahun ini bagiku ramadhan yang cukup berat karena kembali menyusui dan mengurus balita juga bayi, Masya Allah tantangan sabarnya luar biasa. Kesehatan fisik dan mental paling pertama yang harus diupayakan. Hari-hari pertama puasa berat sekali rasanya, si bayi juga cukup rewel, entah itu asinya berkurang atau asi nya menjadi kurang enak. Namun memang aku tetap mengutamakan si bayi yang masih perlu asi esklusif, mengobservasi selama 4 hari berpuasa ternyata memang aku merasa berat dan si bayi juga cukup rewel akhirnya berdiskusi dengan suami dan memutuskan mengambil keringanan tidak berpuasa, membayar fidyah nantinya. 

Walau tidak berpuasa, aku tetap merasa bulan ramadhan harus ekstra energi, karena harus mengoptimnalkan ibadah seperti solat tahawih, tadarus, menyiapkan sahur dan buka puasa ditengah kesibukan mengurus anak-anak dan rumah. Masya Allah, walau begitu aku tetap bersyukur dan berbahagia menjalaninya karena yakin akan janji Allah bahwa semua akan bernilai ibadah, jika kita ikhlas illah ibadah untuk Allah. Sehingga aku mengupayakan untuk menjaga kesehatan keluarga lebih ekstra di bulan ramadhan, apalagi kami berencara mudik. 

Tips Pengalaman Menjaga Kesehatan Keluarga selama Ramadhan 

Jadi apa saja upaya yang aku lakukan dalam menjaga kesehatan keluarga selama ramadhan? sebenarnya, semua yang dilakukan sangat sederhana namun memang perlu komitmen dan yang paling sulit memang konsisten melakukannya. 

1. Tidur Cukup 

Setelah menjadi ibu aku sudah menyadari bahwa tidur amatlah penting bagi kewarasan. Sekarang ditambah 1bayi lagi dan bukan ramadhan biasanya bisa kurang tidur karena terpotong sahur jika tidak bisa memanaj waktunya, sehingga yang utama buatku adalah bagaimana cara memanajemen waktu bulan ramadhan ini agar tetap cukup tidur/istirahat. Termasuk anak-anak, anakku yang pertama sudah mulai belajar berpuasa dan sudah sekolah TK juga sehingga aku perlu membantu ia berdapatasi dengan waktu. Aku membuat jadwal tidur siang dan tidur malam bersegera di awal waktu setelah terawih dirumah. 

2. Olahraga

Olahraga selama bulan puasa sangat-sangat ringan dan dilakukan dirumah saja. Cukup dengan straching di pagi hari, dan gak lama-lama paling hanya 10menit saja, tapi dilakukannya setiap hari dirumah. 

3. Banyak Minum Air Mineral

Bulan puasa godaan minumannya banyak, minuman dingin dan manis setiap hari menggoda. Namun itu penyebab virus bakteri datang jika tidak dikontrol dan lagi ketika banyak minum yang dingin dan manis otomatis jadi berkurang juga minum air putihnya. Jujur banget, aku banyak gagalnya minum 8gelas perhari selama bulan ramadhan, padahal aku harusnya lebih dari 8gelas karena menyusui. Setelah sadar akan hal ini, akhirnya di pertengahan ramadhan aku kembali ke air mineral dan jujur sulit banget untuk konsisten dengan ini, huhu. 

4. Konsumsi Madu dan Kurma

Selama bulan ramdahan, madu dan kurma tidak pernah terlewat setiap harinya, termasuk untuk anakku yang pertama. Biasanya madu bisa dibuat dengan jeruk nipis/lemon agar lebih segar atau bisa langsung diminum saja 1sendok teh. Kurma juga tidak banyak-banyak sih, 3biji kurma sehari juga cukup buatku. 

5. Konsumsi Antangin JRG & Habbatussauda

Beberapa kali di bulan puasa aku dan suami mengalami kembung, mual dan masuk angin. Mungkin karena adaptasi puasa dan rutinitas juga ya. Sehingga aku dan suami mengkonsumsi Antangin JRG & Habbatussauda untuk membantu keluhan tersebut dan membantu memelihara daya tahan tubuh. 

Antangin JRG khasiatnya untuk membantu meredakan masuk angin, seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala dan membantu melegakan tenggorokan.

Ketika ada keluhan mual, kembung dan tenggorokan terasa kurang nyaman aku dan suami minum antangin JRG. Langsung nyaman di tenggorokan dan perut karena menggandung jahe, daun mint, daun sembung, gingseng, biji pala, akar manis, kunyit dan madu.

Antangin Habbatusauda khasiatnya untuk membanatu memelihara daya tahan tubuh, meredakan masuk angin, seperti meriang, mual, kembung, sakit kepala dan membantu melegakan tenggorokan. 

Jika badan kurang nyaman atau akan berpergian seperti mudik aku dan suami meminum antangin habbatusauda untuk membantu memelihar daya tahan tubuh, karena mengandung habbatussauda, jahe, daun sembung, daun mint, biji pala, akar manis, kunir, meniran dan madu. 

Untuk dosis dewasa diminum 3x sehari 1 sachet, sesudah makan langsung dari sachetnya atau dituang 1/2 gelas air teh taar hangat. Sedangkan untuk dosis anak-anak (6-12tahun) diberikan 1/2 dosis dewasa. 

Aku dan suami tetap mengupayakan yang herbal dan alami dulu untuk pencegahan dan pengobatan. Ketika mudik kemarin pun kami selalu sedia antangin ini, sehingga nyaman aman alhamdulillah sehat-sehat semua sampai balik ke rumah. 

Comments

  1. ini adalah andalan aku sekeluarga untuk menjaga daya tahan tubuh dan mengatasi masuk angin selama puasa kemarin

    ReplyDelete
  2. anakku juga suka lho minuma antangin ini ketika di perjalanan, bikin perut dia hangat jadi gak gampang masuk angin

    ReplyDelete
  3. Antangin ini udah solusi banget buat yang sering masuk angin kek aku, kalo dah minum initu jadi enak perut dan badanmya . Apalah kalo dalam perjalanan pulang malam, udah deh nyetoook

    ReplyDelete
  4. Alhamdulillah disyukuri, tahun ini kamu juga bisa mudik lebaran, persipaan yah banyak juga mak, hehehe. emang perlu bawa antangin yah buat persiapan mudik supaya bisa atasi masuk angin dengan segera yah kan

    ReplyDelete
  5. Penting banget menjaga kesehatan keluarga, apalagi saat puasa
    Makanya beruntung banget ya mbak ada Antangin ini
    Sirup herbal yang membantu menjaga kesehatan keluarga

    ReplyDelete
  6. Keren ya Antangin ada habbatus sauda nya. Puasa bagi busui dengan bayi mmg berat banget mbak. Aku br puasa di tahun kedua biasanya. Itupun kmrn anak msh nyusu tp kan udah jrg. Bisa 1 atau 2x doang dalam sehari. Kandungan jahe, daun mint, daun sembung, gingseng, biji pala, akar manis, kunyit dan madu pada Antangin sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  7. Antangin ini juga jadi andalan dirumah sih kalau lagi masuk angin. Abis minum antangin tenggorokan sampai perut berasa enakan dan anget gitu. Membantu banget sih ini buat menjaga daya tahan tubuh selama bulan puasa kemarin.

    ReplyDelete
  8. Karena Ramadan tiap tahun kita lalui, hanya perlu mengulang kebiasaan yang sudah-sudah agar tetap sehat selama puasa ya Mbak. Nah kalau sebelumnya belum punya Antangin, saatnya menambahkan ke lemari obat :)

    ReplyDelete
  9. Aku selalu Antangin dan dibawa kemana pun pergi, di usia kepala 4 tubuh gampang banget masuk angin dan Antangin jadi solusi. Tapi aku baru tau ada Antangin Habatussauda mba, ntar pengen cari juga

    ReplyDelete
  10. Belum pernah mencobanya untuk Antangin Habatussauda. Tapi kalau yang Antangin JRG wah sudah sering banget.
    Yang habatussauda pengen banget segera mencobanya nih

    ReplyDelete
  11. Selama Ramadan aku jadi kurang tidur trus ditambah mudik jadi agakcapek juga. Supaya gak masuk angin selalu sedia antangin juga nih manjur banget

    ReplyDelete
  12. Memang jika masih menyusui dan berat bisa pilih keringananya saja gapapa, dulu saya dua anak ASI ekskusif pas bulan puasa. Nyoba puasa mau pingsan rasanya..:)
    Btw, Antangin ini manjur banget buat hempaskan masuk angin. Apalagi sekarang ada varian yang juga bantu daya tahan tubuh ya, maka wajib punya stok di rumah nih

    ReplyDelete
  13. Selama puasa, saya stock kurma dan madu di rumah, dan juga rutin di konsumsi tiap sahur dan berbuka, Alhamdulillah bisa puasa sampai lancar sebulanan.
    Ditambah konsumsi Antangin Habbatussauda, bikin masuk angin minggat, dan badan selalu fit:)

    ReplyDelete
  14. Antangin JRG ini andalan banyak keluarga ya untuk mengatasi masuk angin, perut kembung dan gangguan tubuh lainnya bahannya aman dan berkhasiat seperti habbatusauda..

    ReplyDelete
  15. Yang herbal dan alami memang selalu lebih membuat tenang, salah satunya Antangin yang menjadi sahabat setia selama berpuasa dan perjalanan mudik kali ini. Awalnya mual pusing tidak hilang, tapi dengan Antangin langsung aman terkendali.

    ReplyDelete
  16. Andalan banget yaah...
    Aku juga sejak kenal antangin habbatusauda dan varian Antangin yang lainnya, selalu sedia di rumah. Karena ikhtiar ingin badan tetap fit, kudu konsumsi yang berbahan herbal agar gak sedikit-sedikit obat.

    ReplyDelete
  17. Antangin ini kyknya udah jadi andalan banget ya kalau ada anggota keluarga masuk angin, soalnya pasti ingatnya ini. Wah ternyata ada varian habbatusauda ya Antangin ini. Khasiat bahanya sendiri emang bagus ya buat menjaga kesehatan selama ini. TFS infonya.

    ReplyDelete
  18. Wah, ini sih andalanku juga nih. Aku pakai untuk melancarkan puasa seisi rumah. Alhamdulillah deh puasa kami jadi dan lancar dan tamat. Bahkan hingga ke duo bocil pun.

    ReplyDelete
  19. Saat puasa kemarin aku juga beberapa kali ngerasain kayak masuk angin gitu. Ya gimana kaan.. tidurnya malam sepulang tarawih masih banyak aktivitas, udah gitu harus bangun pagi nyiapin sahur. Jadi sediaan Antangin gini bakalan bantu banget untuk menjaga stamina.

    ReplyDelete
  20. Saya kalau udah berasa gak enak badan gitu, pertolongan pertamanya ya konsumsi antangin. Disesuaikan aja mau varian Habbatussauda atau Jahe Merah, mana yang paling sesuai sama kondisi sakitnya kala itu. Jadi ya sebisa mungkin, gak cepat konsumsi obat, melainkan pilih yang herbal aja dulu.

    ReplyDelete
  21. lemes banget kalo busui puasa. Dulu aku mengalaminya. Kalau sekarang anakku masih menyusui tapi udah jarang jadi masih oke lah akunya tetap puasa.
    oh ya, tetap bayar utangnya yah mbak. ga cuma fidyah

    ReplyDelete
  22. Aku lebih suka yang habbatusauda ternyata dibanding yang Jrg. Alhamdulillah bisa merasakan kebaikan jinten hitam seperti Sunnah Rasul di dalam satu tegukan

    ReplyDelete
  23. Tidak apa-apa mbak, belum bisa berpuasa kalau sedang menyusui, insyaallah pahalanya sama besarnya, kok. Saya juga pernah mengalami masa-masa itu, kadang puasa kadang istirahat. Memang saat menyusui perlu tenaga ekstra, insyaallah antangin bisa jadi bentuk ikhtiar yang tepat jaga daya tubuh

    ReplyDelete
  24. Andalan keluargaku banget mbak, kalau aku suka yang Antangin JRG karena menurutku lebih strong rasanya

    ReplyDelete
  25. Cukup tidur selalu penting untuk kesehatan ya Mbak. Saya pun termasuk yang sering oleng kalau kurang tidur..hehe Ditambah dengan stok Antangin, rasanya pun lebih tenang dan siap menjalani hari..

    ReplyDelete
  26. Toss mba, saya juga selalu sedia Antangin untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima selama bulan Ramadhan kemarin.. Antangin memang mantap yaa..

    ReplyDelete
  27. Biasanya aku kalau perjalanan jauh, kudu banget sedia Antangin.
    karena kalau lagi nganggur, enak juga dijadikan minuman hangat tanpa perlu ribet menyediakan air hangat. Tinggal robek ujungnya trus diminum sedikit demi sedikit. Aaah, menghangatkan badan banget.

    ReplyDelete
  28. Eh samaan, mbaa. Aku juga selalu stock madu di rumah. Ada Antangin juga, haha. Jadi kalo badan mulai nggak enak, kembung, atau berasa meriang, nyeduh antangin pakai air hangat dikasih madu sedikit. Enak bangeeet

    ReplyDelete
  29. Aku salut sama siapa saja yang masih sempat olahraga ketika puasa. Aku kok lebih banyak gegolerannya kalau puasa. Kerja bentar dah capek. Btw, aku juga minum antangin nih. Apalagi kalau pas harus lembur di saat puasa. Membantu banget menjaga stamina dan imun tubuhku selama puasa.

    ReplyDelete
  30. MasyaAllah keren mba masih bisa olahraga, aku mah mager terus wkwk. Jadinya sering masuk angin gara2 kurang olahraga tadi, makanya sedia antangin terus

    ReplyDelete
  31. Antangin juga menjadi andalan kami untuk mengatasi masuk angin

    ReplyDelete
  32. Saat mudik biasanya seru sekali bertemu dengan keluarga besar sampai ngobrol larut malam ya mak. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatan dan tidur yang cukup. Untung ada sirup herbal yang turut menjaga daya tahan tubuh ya..

    ReplyDelete
  33. gak hanya mudik, saat melakukan perjalanan jauh antangin selalu ada di dalam tas atau mobil buat jaga-jaga aja

    ReplyDelete
  34. aku inget banget dulu pas umroh nyetok antangin di koper hahaha. Soalnya enak banget buat menjaga tubuh tetap fit. bahkan anak-anak juga doyan banget Antangin

    ReplyDelete
  35. Banyak minum air mineral bener banget ya Mbak,, selain menghidrasi kulit dan tubuh, juga termasuk cara menjaga kesehatan yang paling sering dianjurkan dokter. Apalagi kl air hangat campur Antangin hmm rasanya fresh di tenggorokan dan berasa seger ke badan yaa

    ReplyDelete
  36. Alhamduillah telah dimudahkan dan dilancarkan mudiknya ya, Mbak. Memang menjaga kondisi tubuh tetap sehat perlu dilakukan baik saat maupun setelah bulan puasa. Olahraga, minum air putih yang cukup dan sedia Antangin bisa membantu tubuh tetap fit, sehingga kita bisa mengurus keluarga dengan baik.

    ReplyDelete
  37. Ketika mudik emang harus bener-bener jaga kondisi ya.. Biar pas di kampung halaman gak cuma diem di rumah gara2 gak enak badan.. Makanya wajib tuh sedia Antangin..bikin mudik makin menyenangkan

    ReplyDelete

Post a Comment