Acara Playdate bersama Komunitas Minimalis Moms Indonesia

Assalamualaikum,
Cuaca di Jakarta belakangan ini sedang mendung cenderung hujan, gimana di daerahmu?

Minggu, tanggal 12 Maret 2023 lalu, kami berkesempatan ikut acara playdate yang diadakan oleh komunitas minimalist moms Indonesia. Memang aku daftar sekitar satu minggu sebelumnya, karena merasa tempat playdate nya juga dekat bisa di jangkau dari tempat tinggal kami sekarang, lalu tanggal tersebut kosong tidak ada kegiatan sehingga kami memutuskan untuk join. 

Nada, 6 tahun sudah mengenal istilah 'jajan' dari teman-teman seusianya. Padahal sejak kecil tidak kami kenalkan istilah 'jajan' ini. Kalau mau membeli sesuatu kami selalu katakan "kita ke warung beli ini yuk" bukan "jajan yuk". Sepertinya kami perlu paham bahwa ketika anak sudah mulai belajar bersosialisasi dengan teman sebayanya. Ia akan mendapatkan informasi baru diluar, bukan hanya dari rumah saja. Dan informasi ini boleh jadi ditelan mentah-mentah oleh anak karena ketidakmampuan mensortir mana yang baik/buruk. Tugas kita sebagai orangtua adalah membantu anak-anak mensortir hal tersebut. 

Ketika temannya suka jajan bahkan 1hari bisa 5x jajan. Tentu saja membuat Nada ikutan mau jajan juga, waw 😆. Pelan-pelan kami beri pengertian dan penjelasan. Pas banget di event offline ini tema nya Mengenalkan Prioritas pada Anak. 

Acara MMID Playdate 

Nada dan Ara siap mendengarkan cerita

Acara bergabung pukul 09,30. Ketika itu cuaca sebagian di Jakarta hujan sehingga kami agak telat datang karena harus berteduh dulu. Kami menggunakan kendaraan motor karena merasa dekat dengan lokasi, agar lebih satset juga.

Acara berlangsung di Roots Learning Center, Jakarta Selatan. Tempatnya asik untuk anak-anak tentu saja ramah anak sekali. Berikut Acara yang dihadirkan disana.

1. Absen 

Absen kejadian sekaligus memberikan  buku yang akan di tukar nantinya. Selain itu juga boleh mengambil snack yang sudah disediakan secara prasmanan. 

2. Games

Setelah acara dibuka oleh MC, ada beberapa sambutan juga, lanjut main games. Anak-anak ditutup mata untuk mencari ibu-nya masing-masing. Sayangnya games nya cuma 1x, hehehe

3. Read Aload

Masuk ke acara inti yaitu Read Aload oleh Mom Siti Khasanah. Mengangkat tema tentang Mindfull dalam mengatur prioritas dan membeli sesuai kebutuhan bagi anak.


Setelah sesi membaca buku, ada beberapa anak juga yang kedepan untuk menceritakan kembali apa yang tadi didengar. Mom Siti juga menanyakan beberapa hal kebiasaan anak yang menyangkut prioritasnya. 

Nada ikut mengagungkan tangan dan maju kedepan, dapat hadiah berupa buku bertema bijak membuang, alhamdulillah.

3. Tukar Buku

Setelah sesi read aloud, masuk ke sesi tukar buku. Tukar buku ini di undi, namun tidak perlu khawatir karena buku yang ditukar sudah dipastikan masih layak, tidak kotor/sobek ataupun acara coretan. 

Tukar buku ini bertujuan untuk membantu agar tidak membeli baru. Anak-anak yang sudah bosan dengan buku dirumah bisa kembali punya buku 'baru' tanpa membeli dan tidak menambah buku juga di rak. Buatku ini sangat efektif. 

Acara selesai, mengobrol sebentar dengan moms lainnya. Kami memutuskan untuk pulang karena selain takut kembali hujan, ayah anak-anak juga masih ada kerjaan. 

Semoga anak-anak bisa mendapatkan pengalaman dari acara kemarin 🤍. 

Comments

  1. seru banget ada sesi tukar buku, kayaknya dari aku kecil belum nemuin kegiatan yang tukeran buku, yang ada malah tukeran nasi kotakan.
    ikutan kegiatan seperti ini dijamin bikin anak-anak mempunyai kepekaan yang tinggi juga terhadap sesama

    ReplyDelete

Post a Comment