Perjalanan Jakarta-Bandung Lewat Puncak Lagi! Kangen Shalat di Mesjid At-Ta'awun dan Makan Sate Maranggi

Assalamualaikum

Sudah lama sekali tidak melakukan perjalanan Jakarta Bandung lewat puncak Bogor. Jaman dulu, beberapa kali lewat puncak entah itu dari Bandung-Bogor atau Bandung-Jakarta. Semenjak tinggal di Jakarta kurang lebih 7 tahun ini, kami selalu menggunakan fasilitas tol cikampek. Salah satu pertimbangan utama adalah waktu yang jauh lebih singkat dan jarak yang juga jauh lebih dekat.

Inginnya kalau pulang ke Bandung ya cepet sampai, apalagi kalau musim liburan kejebak macet juga sehingga kita cari jalan selektif dan seefisien mungkin. Bahkan seringnya kami jarang mampir ke rest area jika tidak urgent, saking ingin cepat sampainya, hehe.

Liburan sekolah semester ganjil kemarin tiba-tiba om dan bibi yang juga akan liburan ke Bandung mengajak lewat puncak. Katanya sudah lama sekali tidak lewat puncak, kangen juga. Lalu kami berdiskusi dan oke deh kita lewat puncak kali ini. Tujuannya ya jalan santai saja, namanya juga liburan. Ditambah rencananya kami juga akan cukup lama di Bandung sekitar 1 minggu, sehingga banyak waktu istirahat nanti disana.

Cerita Perjalanan Lewat Puncak Bogor

Kami berangkat hari Jumat pagi sekitar pukul 08,00 dari Bintaro. Menikmati perjalanan sambil nostalgia, sampai jalan puncak bokor itu sekitar pukul 09,30. Ternyata banyak wisata baru di puncak ya, baik itu cafe ataupun hotel/penginapan dan wisata keluarga lainnya. Sambil menikmati suasana pagi yang cerah dan sejuk di puncak, kami juga menikmati pertunjungan paralayang disana, tetap dalam mobil sih sambil jalan, hehe. Rehat pertama kami di puncak adalah ke Mesjid At-Ta'awun

Shalat di Mesjid At-Ta'awun

Selalu merasa magic suasana di Menjid ini, entah kenapa. Mungkun susasanya juga ya yang sangat sejuk. Saat itu pukul 10,00 aku menyempatkan shalat dhuha disana, Masya Allah airnya dingin sekali.

Anak-anak senang sekali main air dingin, disana ada beberapa fasilitas main air sederhana sambil menikmati pemandangan kebun teh di sebrangnya. Ah.. Nyaman sekali.

Terdapat air terjun mini juga disana, ada beberapa anak usia sekolah juga berenang, dan Nada mau ikutan, wah gawat, wkwk. Kami ikut terjun kesana, main air sebentar kemudian foto dan keatas lagi, segitu juga Nada sudah senang, walau tetep pengennya berenang. Ara awalnya takut tapi lama-lama jadi gak mau berhenti main air juga.

Saat itu angin cukup besar sehingga menambah dingin suasana disana yang memang sudah dingin, main air dingin pula, wkwk.

Setelah puas kita jalan lagi menuju Bandung dan mampir ke pemberhentian ke-2 yaitu makan siang di Sate Maranggi.

Makan Sate Maranggi

Sebenarnya ini perdana aku makan sate maranggi yang modelnya pake ketan dan bumbu kacang. Jadi beberapa kali pernah coba sate maranggi tapi beda-beda cara penyajian, entah masih bingung jadi sate maranggi yang asli itu yang mana awalnya?

Jadi disana langsung pesan dan bisa langsung ambil satenya, seporsi isi 10tusuk, bersama ketan dan di meja sudah disediakan bumbu kacangnya. Agak aneh juga buatku karena mungkin baru perdana coba ya ketan ditemani sate dan bumbu kacang. Bumbu kacangnya pun bukan kecap tapi seperti bumbu pecel gitu. Karena baru pertama jadi kita pesan terlalu banyak dan akhirnya dibungkus. Oia untuk rasanya cukup sih, gak enang banget juga tapi dibilang tidak enak juga enga, ya standar saja 7 dari 10 deh nilainya, hehe.

Disana kami sekalian gantian ke toilet karena rencananya akan bablas sampai Bandung, tidak mampir-mampir lagi.

Melewati Pusat Gempa Cianjur

Melanjutkan perjalanan dengan banyak bercerita daerah yang dilalui dan kami sempat melewati pusat gempa Cianjur beberapa waktu lalu. Terlihat masih banyak rumah/bangunan yang roboh, bekas longsoran dan tenda-tenda pengungsian juga masih aktif saat itu disana. Disini jadi banyak cerita pada Nada karena Nada begitu ingin tahu kenapa rumahnya roboh? kenapa banyak tenda? dll. Bersyukur sekali dengan Nada melihat, bertanya dan ingin tahu, aku jadi mudah menjelaskan dan menceritakan. Ujung-ujungnya kembali pada pelajaran moral dan tauhud bahwa kita harus punya rasa syukur yang banyak, peduli kepada sesama dan yang utama selalu minta perlindungan pada Allah, karena hanya Allah sebaiik-baik pelindung.

Tidak terasa sudah sampai padalarang, kami masuk tol dari sini sampai keluar tol pasteur. Sekitar pukul 15,00 sampai Bandung, perjalanan Jakarta-Bandung terlama yang pernah kami lakukan karena memang muter jalannya, banyak mampir-mampir juga jalannya santai, menikmati perjalanan, ya memang niatnya jalan-jalan, hehe.

Jadi ingat film cartoon Mcqeen deh, jalanan biasa menjadi sepi karena adanya tol, padahal banyak tempat wisata dan usaha yang bisa dikunjungi. Perjalanan santai memang perlu sesekali ya..

Alhamdulillah kangen perjalanan lewat puncak lagi terobati sudah.

Comments

1. seru sekali cerita perjalanannya mbaa.. jadi kangen road trip kalo baca gini tuh :))
    btw asik yaa bisa mainan air gitu, anak2 pasti hepi beraatt.. eh iya Mba, maafkan kesalfokan aku, tapi dressnya lucu bangeet!

ReplyDelete
  2. Bahagia bisa jalan santai gini, malah aku suka.. Mamah aku mah macet aja dia demen yg penting keluar rumah :D Pokoknya jalan2 bikin happy yaa. Apalagi nih jalan2 sama kesayangan. Wah aku ingin dhuha di masjid itu jugaa rasanya^^ sedjuk dingiiin. Seru ya ke Bdg lewat puncak

3. Wah iyaaa...kayak cerita film Mc queen ya mbak. Jalur yang dulu ramai jadi ditinggalkan. Aku bbrp kali lewat jalur itu. tapi uda lamaaaa sekali. Memang indah yaaa, jadi sembari di jalan pun rasanya kayak piknik. Jadi berasa kayak di pilem2 gitu hihihi. Ah..jadi pengin nostalgia lewat jalur itu lgi tapi ajak anak-anak. Btw, aku dulu pernah makan sate maranggi. Tp kok ga ada memory makannya pake ketan yaaa... ^-^

4. Nah jadi bayangin Lighting Mcqueen, ada tol jalanan jadi sepiii. Memang ya saya juga sejak ada tol mudik selalu lewat tol. Padahal dulu singgah kemana-mana dulu, kulineran dimana gitu, sekarang ngejar waktu cusss...sampai deh di kampung.
    Wah jadi inget kapan-kapan ke Bandung ga usah lewat tol

ReplyDelete
  5. Waaah ini memang yah di sekitar masjid ada kolam dan tempat main airnya. Anak-anak happy dong. Eh tapi airnya apa ga dingin? Waktu wudhu aja kedinginan.

Senangnya road trip gini bisa mampir-mampir, sempatkan main dulu trus lanjut jalan kaki.

6. Kalo rekomendasi dirimu, pasti pada ngga jadi tuh mbak mudik ke Bandung lewat Puncak, lawong 15 jam!
    qiqiqiqii... oya aku baru tau sate itu kita bisa ambil aja sendiri gitu, soalnya pas makan di sana, adikku yang urusin semua

ReplyDelete
  7. Masyaallah cantik banget masjidnya aku jd kepemgen shalat disana juga mbak. Aku belum pernah mampir ke maajid Ta'awun. Masjidnya nyaman dan ramah anak banget ya

8. Enaknya ke puncak jangan pas liburan. Molly sering maen ke puncak tp weekdays. Kalo weekend mah bunuh diri kkk... baru tau ada sate yg enak, taunya cimory doang.

9. Lama banget gak main ke Puncak dan itu si masjid Atta'Awun yang menjadi ikonik Puncak ya. Ini menjadi tempat pemberhentian kalau pas ke puncak, untuk sholat atau beristirahat. Cuma semenjak pernah kena macet disana aku sudah gak pernah ke puncak lagi.

ReplyDelete
  10. Wah, jadi ikutan kangen karena cukup lama nggak melakukan perjalanan lewat Puncak Bogor. Next kalau pas lewat sini jadi tahu deh harus ishoma di mana, thank you Mak ~

11. Sate Maranggi pake ketan gitu gimana rasanya? apalagi disajikan pake bumbu kacang. Penasaran deh. Wah lewat Cianjur sekalian deep talk sama Nada ya mba. Bikin kita banyak bersyukur dan mendoakan saudara2 kita di sana.

12. Memang sih dgn adanya jalan tol kita jadi kehilangan momen melihat2 tempat wisata lainnya. Tapì memang disesuaikan kebutuhan ya. Kalau ingin cepat, baiknya lewat tol atau naik kereta. Nah kl lewat puncak, memang khusus buat mampir2 nih, apalagi kl perginya rame2... seru wisatanya :)

ReplyDelete
  13. Aku bertahun2 tinggal di kab. Bogor belum pernah ke Puncak wkwkw. Cuma sampai gadog doank haha. Moga2 kapan2 bisa ke Puncak.
    Seru banget bisa kulineran dan ketemu masjid yang suasananya kek lokasi wisata tipis2 :D
    Huwaah dah deket Cianjur juga ya. Baru tau bisa nyambung ke sana.

ReplyDelete
  14. wah senangnya, jadi ikutan kangen sholat di masjid At Ta'awun, saya juga sering banget kalau ke Bandung lewat puncak Bogor, karena udaranya fresh, pemandangannya indah dan ada masjid yang bikin perjalanan jadi lebih menyenangkan karena bisa shalat di sana.

15. Perjalanan kalau santai dan gak buru-buru, asyik juga karena bisa mampir ke sana ke mari. Btw, Mesjid At-Ta'awun area luarnya cakep ya. Bikin betah berlama-lama di sana

16. Jaman belum ada tol ya, dari Jakarta ke Bandung itu kalo lewat puncak selalu mampir shalat di Masjid Atta'awun. Aku terakhir mampir masjid ini tahun 2014 dan hanya duduk di anak tangga karena saat itu engekl kakiku sedang bermasalah. Jadi kangen sate maranggi juga lihat fotonya

ReplyDelete
  17. Alhamdulillah perjalanan lancar tanpa drama macet.
    Jadi pengalaman lewat Puncak. Katanya, banyak jalan, banyak pengalaman karena banyak yang dilihat. Ril sih ini yaa..

18. Waaah aku lupa kapan terakhir ke Jakarta via puncak. Seringnya naik kereta api karena kalau ke Jkt seringnya urusan kerjaan dan ketemu klien. Sesekali emang perlu ya perjalanan santai gini, lebih menikmati jadinya. Pasti berkesan buat anak-anak juga.

ReplyDelete
  19. penasaran makan ketan dikasih bumbu kacang, belum pernah nyobain. selama ini kalau makan sate ya pakai lontong atau nasih, hehe

20. Ya ampun ke Mesjid At-Taawun tahun 2010 itupun sama geng kuliah tea hahaha senangnya baca ini jadi pengen ke sana lagi

21. Perjalanan santai itu memang menyenangkan mbak, kita gak diburu-buru waktu kudu sampai tujuan jam sekian ya. Lama memang tapi bisa dapat banyak pengalaman dan cerita