Lebih Mindfullness Tanpa Media Sosial

Assalamualaikum,
Sudah sekitar 1bulan aku off medsos instagram dan facebook. Uninstal aplikasinya di hp karena kadang suka otomatis gitu ambil hp langsung buka aplikasi instagram dan facebook. Untuk menghilangkan kebiasaan itu akhirnya aku putuskan uninstal dulu kedua aplikasi tersebut. Kalaupun kebelet harus update konten dalam artian konten job, aku buka lewat browser

Maju mundur untuk benar-benar bersih dari medsos masih aku pikirkan karena aku masih terikat job-job review blog yang juga mengharuskan update konten di medsos.

Mengembalikan Kesadaran (Mindfullnes)

Jadi apa yang sudah dirasakan setelah puasa medsos?
Tenang dan nyaman, keterusan sampai sekarang. Alhamdulillah aku lebih mindfull dengan kegiatan sehari-hari dirumah bersama anak-anak. Pikiran juga lebih jernih karena otak tidak penuh dengan berita dari medsos. 

Yap! Sadar atau tidak bahwa ketika kita scrolling di media sosial yang memang di design sebagai alat candu buat penggunanya. Kita dibuat ketagihan dan sadar tidak sadar medsos ini membuat pikiran dan hati lelah. Banyaknya berita yang aku pikir tidak penting kita ketahui dan itu secara langsung masuk aja ke otak. Kadang sampai kepikiran juga seharian dan ini sungguh sangat mengganggu. Apalagi tipe yang overthingking kayak aku gini. Makanya salah satu sumber stress bisa dari medsos. 

Betul, bijak dalam menggunakan teknologi yang ada itu sangat-sangat penting. Pasalnya banyak yang lost control atas pengendalian diri sendiri. Makanya kita sebagai smart People, yuk aware terhadap diri sendiri, self control tetap harus dilatih. 

Fokus dan Menikmati Kegiatan

Sudah 1 bulan lebih aku sangat enjoy dan menikmati hari-hari tanpa buka-buka media sosial. Aku buka lewat browser hanya sesekali untuk share link tulisan blog setelahnya kembali logout tanpa mampir-mampir liat post orang lain. 

Dan hal ini membuat aku bisa lebih menikmati momen bersama anak-anak dirumah. Yang biasanya jalan-jalan sore pun bawa hp untuk share di medsos. Sekarang gak pernah bawa hp, fokus menikmati momen ngajak Ara muter-muter pakai stroller, nemenin Nada belajar sepatu roda. 

Tanpa aku sadari gak main medsos sama dengan gak main handphone. Aku jarang sekali buka hp lagi selain wa dan blog saja. Youtube kadang-kadang kalau lagi kepengen nonton saja. 

Sekarang lebih banyak buka grup komunitas belajar dan menyimak disana. Yang sebelumnya boro-boro bisa nyimak, yang ada chat sudah ratusan aku clear chat langsung karena gak sempat manjat. Padahal obrolan di grup tersebut lebih baik dibandingkan scroll medsos, wkwk. 

Lebih bisa fokus dan menikmati kegiatan demi kegiatan, inilah yang aku rasakan sekarang. Betul, lebih mindfull terhadap apa yang dijalani. Setidaknya aku sudah mengembalikan kesadaranku saat ini. 

Produktifitas dan Kebermanfaatan

Semenjak off medsos otomatis sendiri kita akan mencari kegiatan lain dan buatku ini jauh lebih produktif. Di minggu ini aku berhasil decluttering dan kirim ke bank sampah. Padahal dari jaman kapan tau deh... sudah punya niat untuk decluttering dan hanya dianggan-angan saja. Hanya sibuk dengan medsos yang rasanya hanya bikin kecewa dan stres.

Sudah join grup lyfe with less juga dari lama banget, yang lain sudah mempraktekan bijak membuang dengan memilah sampah sampai ada yang sudah membuat ecoenzim. Aku hanya menyimak saja dan niat akan coba praktekan, etapi gak mulai-mulai, huhu. 

Dan sekarang aku sudah memulai, yey! Happy sekali. Memulai dengan yang ringan dulu saja, memilah sampah rumah tangga, dan disalurkan dengan tepat. 

Efek off medsos buatku sangat amazing, selain mengembalikan mindfullnes, diri juga bisa memilih dan fokus pada kegiatan yang lebih bermakna dan bermanfaat. Kalau kamu gimana?


Comments