Outing ke Taman Safari Serasa Family Gathring


Assalamualaikum,
Sudah dari bulan Mei pengumuman dari sekolah Nada bahwa anak-anak akan outing ke Taman Safari Indonesia. Wah gimana gak excited Nada semangat banget sampai terus-terusan nanya kapan ke Taman Safarinya. Ibu dan Ayah nya yang cape jawab dan jelasinnya karena Nada belum mengerti waktu dan hari apalagi bulan, wkwk. 

Kitapun sebagai orangtua yang baru punya anak usia sekolah ikut excited dong. Awal cukup galau ajak Ara atau enga, karena pendamping 1orang. Ara masih ASI langsung, sedangkan kalau bawa 2anak cukup repot. Akhirnya ayah ikut juga, nambah jadi 2orang pendamping. Ini lah yang dimaksud seperti family gathring, karena semua ikut, wkwk. 

Kesan ke Taman Safari
Well, pertama kali aku pribadi ke taman safari ketika SMA bersama keluarga. Kesan saat itu serrruuu sekali, sampai ingin sekali main lagi kesana. Aku baru melihat atraksi binatang-binatang yang moodbooster banget, Masya Allah Subhanallah. Waktu itu sempat foto juga sama lumba-lumba, hehe.
Kedua kali main ke Taman Safari ketika jalan-jalan dari kantor. Saat masih kerja publik dulu, ada coach dari Australia yaitu Mr.Andrew nah beliau ini ingin sekali ke bogor. Akhirnya para bos sepakat ajak main Mr.Andrew sekaligus para staf nya ke Bogor. Waktu itu kita ke beberapa wisata juga di Bogor, tidak hanya ke Taman Safari. Kesan ke2 ini tidak se'wow' kesan pertama sih, karena udah tau atraksi nya kan ya. Tapi tetep happy, alhamdulillah.

Nah ternyata Bilal suamiku belum pernah ke Taman Safari, artinya ini adalah first time bagi Nada, Ara dan Bilal. Jadi aku semangat dong mendampingi anak-anak dan suami buat dapetin kesan pertama yang manis jalan-jalan ke Taman Safari, hehe. 

Persiapan dan Perjalanan Menuju Taman Safari

Persiapan yang kami lakukan tentunya fisik karena anak-anak pas H-3 sebelum keberangkatan kena flu. Jadilah kami fokus dulu penyembuhan, obat+vitamin+madu+istirahat. Nada tidak diizinkan dulu main diluar untuk sementara. Walau cukup drama karena anaknya suka sekali main diluar sama teman-teman. Aku tetap komunikasikan dan sepakati bersama Nada sehingga kondisi anak-anak sudah mendingan tinggal pemulihan dan kami bisa ikut outing disekolah. 

H-1 prepare makan dan camilan selama disana. Untuk makan siang kami goreng-goreng yang simple aja. Kami berangkat hari Selasa, 14/07/2022 kumpul di sekolah Nada RA Al-Hikmah pukul 06,00 pagi. Kami menggunakan 2 bus, alhamdulillah tidak lama menunggu kumpul sekitar pukul 07,00 kita berangkat. Dalam bis semua didominasi oleh ibu-ibu, jadilah Bilal dan pak supir yang ganteng, wkwk.

Oia sedikit ucapan buat suamiku. aku sangat sangat menghargai dan berterimakasih pada suamiku, karena sudah mau ikut dan membantu aku menemani anak-anak. Aku yakin pasti ada perasaan gak nyaman yg dirasakan suami karena didominasi oleh para ibu, pasti ada rasa canggung juga selama perjalanan. Pengorbanan ayah buat istri dan anak-anak nya. Semoga Allah ganti dengan kebaikan dan pahala berlimpah. Semoga Allah lindungi dan lancarkan selalu usaha ayah. Aamiin yra. 

Sebelum berangkat kita berdoa bersama dan ibu-ibu saling sharing bekal bawaannya. Lanjut karaokean buibu, anak-anak juga gak mau kalah, hehe. Awalnya anak-anak kondusif dengan tempat duduknya masing-masing tapi lama kelamaan keluar tempat duduk. Keadaan jalan sedang macet dan sebentar lagi sampai sehingga tidak terlalu riskan anak-anak berjalan-jalan didalam bus. 

Ngapain Aja di Taman Safari?

Alamdulillah perjalanan cukup cepat sekitar 2jam sudah sampai Taman Safari. Sesampainya disana kami melihat binatang dalam Bus. Seru sih ini karena bisa lihat jarak dekat ya, binatang yang dilihatpun cukup lengkap. Nada dan Ara excited sekali melihat, sampai Ara teriak kesenangan lihat jerapah, hehe.

Setelah berkeliling lihat binatang dalam bus. Kami berkumpul dulu untuk pengumuman dan tukar kado (acara sekolah) setelahnya kita buka perbekalan dan makan siang dulu. Lanjut jalan, sebelumnya kami sudah scadule kan mau kemana saja. Karena sudah jelas tidak akan terkunjungi semua hanya dalam setengah hari ini karena luasnya Masya Allah. Sehingga kami membuat rencana akan kemana saja sehingga waktu tidak mubazir terbuang gak jelas karena gak ada tujuan. 
Kami memilih berkunjung ke Istana Panda, nonton show Singa Laut, Lumba-lumba dan Coboy. Kami berfikir bahwa kita lihat yang gak ada di kebun binatang lain, seperti Panda, lalu show-show binatang juga hanya ada di Taman Safari. Sisanya seperti permainan anak-anak bisa ke taman bermain atau lihat-lihat binatang bisa di kebun binatang.

Langsung beli tiket kereta wisata untuk mengantar kita berkeliling ke setiap arena Taman Safari, biayanya 25,000 sudah bisa digunakan akan seharian sampai jam 5 sore.

Cuaca saat itu mendung tapi alhamdulillah tidak hujan sehingga cukup dingin apalagi pas menuju ke Istana Panda, dingin sekali dan terlihat jelas kabut menutupi pegunungan. Panda aslinya memang lucu banget sih kayak boneka, lagi tidur dan males-malesan aja gitu doi, wkwk. 
Asalnya mau nonton Tiger show tapi sudah kepenuhan, kita terlambat, huhu. Memang untuk nonton show kita harus sebelumnya standbye disana untuk antisipasi mengantri dan penuh. Jadwal show nanti bisa dilihat disana, dikasih selembaran yang berisi jadwal show dan peta wilayah taman safari agar kita bisa lebih prepare mengatur waktu disana.

Gak kebagian nonton Tiger kita sholat dulu di mesjid sambil nunggu waktu untuk nonton sealions show. Akhirnya dapat tempat duduk di sekaligus show, Nada happy nonton pertunjukan singa laut yang pintar-pintar Masya Allah Subhanallah. Setah selesai lanjut ke show lumba-lumba dan setelah lumba-lumba langsung show coboy sampai jam 5 sore. Padat sekali memang hari itu, kami pulang jam 6 sore.

Alhamdulillah padat dan puas sih karena waktu setengah hari kami habiskan nonton show, sesuai sama yang sudah kami rencanakan di awal. Pulangpun alhamdulillah lancar, mampir dulu ke toko oleh-oleh sebentar. Sampai di sekolah pukul 20,00. Alhamdulillah. 

Outing atau Rihlah ini semoga bukan hanya dapat happy juga dapat memetik hikmah untuk anak-anak bahwa subhanallah sekali ciptaan Allah, berbagai jenis binatang dan semua keunikannya.

Comments

  1. Wuah seru banget anak2 tamasya dan orangtua juga bisa ikut. Memang bener deh, berasa family gathering nih. Tapi yang penting semuanya menikmati. Anak2 senang, orangtuanya pun turut senang dan sekalian refreshing ganti suasana ya.

    ReplyDelete
  2. Ke taman safari emang ga cukup sekali. Karena luasnya area dan banyaknya atraksi

    ReplyDelete
  3. Gak cukup sehari main di TSII. Apalagi kalau bawa anak. Dulu, saya menginap di TSII. Jadi bisa bolak-balik selama 2 hari dan itu udah dapat dari penginapannya. Puas banget deh 2 hari bolak-balik ke sana. :D

    ReplyDelete
  4. Seruu ya outingnya ke Safari udah lama banget nggak ksana dan anak2 pasti happy ya kalau kesana. Jalan2 kayak gini tuh aku masih suka keinget mba, pas kecil kayak gini. Hehee. Duh bahagianya saat belum dewasa #eh

    ReplyDelete
  5. Lamaaaaaaaaa banget nggak jalan-jalan ke Taman Safari. Paling deket sama Jogja yang mirip-mirip tuh palingan di Solo. Semoga ada kesempatan buat refreshing tipis-tipis ke sana deh :))

    ReplyDelete
  6. Seru banget ini ya mak, apalagi untuk anak-anak bisa bermain ke Taman Safari bersama teman-teman tentu lebih menyenangkan karena mereka akan memiliki pengalaman baru juga. Aku jadi ingin mengagendakan untuk main ke Taman Safari, sudah lama banget sepertinya gak kesana.

    ReplyDelete
  7. Seru banget ya mbk iuting ke taman safari gini, aku terakhir 3 tahun yang lalu. Sepertinya habis hari raya mau iuting lagi buat perpisahan anak TK

    ReplyDelete
  8. Seru banget nih, jalan jalan ke taman safari sama geng mak mak paud hehe, yang penting anak anak happy apalagi mak mak nya hehe

    ReplyDelete
  9. Untungnya gak macet ya ke taman safari. Anak jadi belajar mengenal hewan yang ada di sana baik hewan laut ataupun daratan

    ReplyDelete
  10. seru banget ya bisa ke Taman Safari, ada lihat lumba-lumba, seru banget aku aja pengen ikutan ke sana hehehe

    ReplyDelete
  11. Wah.. senangnya.. pengalaman pertama si kakak sama adek, plus ayah ke Taman Safari ya.. hehe. Luar biasa lho ayah mau menemani, berbaur dengan ibu-ibu. Yang penting anak-anak hepi ya, Mbak :)

    ReplyDelete
  12. Eh sama dong mbak. Aku terakhir ke Taman Safari sama teman kantor. Suami dan anak-anak belum pernah ke sana. Mau ke sana itu kayaknya mending weekdays dan dari pagi karena atraksinya banyaaak. Supaya puasss kan tiketnya lumayan yak.

    ReplyDelete
  13. Seru ya bisa dicium sama lumba lumba
    Saya paling suka kalau outing seperti ini dan semua anggota keluarga inti bisa hadir menikmatinya

    ReplyDelete
  14. Ah seru sekali outing ke Taman Safari
    Anak anak pasti hepi ya mbak
    Bisa melihat dan berinteraksi secara langsung dengan hewan hewan

    ReplyDelete
  15. Memang kudu tau jadwal shownya ya.. biar gak riweuh lari-larian.
    Tapi beneran suka banget kalau ke Taman Safari ada live show bareng hewan-hewan yang cerdas. Kayanya sehari ada 3 atau 4 jadwal show gitu gak sih, kak?

    ReplyDelete
  16. Seru banget ya Mak, anak-anak bisa lihat langsung berbagai macam hewan. Aku tuh belum pernah ke Taman Safari, pengen banget lihat jerapah.

    ReplyDelete
  17. ya ampuuun bahagia banget ya bisa ke Taman Safari!
    udah berabad rasanya ga ke sana jiaaah ... padahal nyaris setiap bulan ke Cipanas!

    ini kudu diagendakan dulu deh

    ReplyDelete
  18. Ke Taman Safari emang nagih buat anak-anak. Sayang tiketnya lumayan ya. Jadi gak bisa sering-sering

    ReplyDelete
  19. Sudah lama pengen bawa anak-anak ke taman safari nih semoga ada rezekinya dan sehat biar pas liburan bisa main ke sana ternyata tetap bagus dan terawat ya Taman safari senang liatnya

    ReplyDelete
  20. kemarin ada temanku juga yang mau ajak anaknya ke Taman Safari, bakal seru sih ya kayaknya secara anak-anak dan kita orang tua bisa langsung berinteraksi terhadap hewan-hewan di sana

    ReplyDelete

Post a Comment