Ketabahan keluarga Ridwan Kamil menghadapi musibah yang menimpa sang anak, Emmeril.

Assalamualaikum,
Sekitar satu minggu setelah berita hilangnya Emmeril Khan Mumtaz di sungai Aare Swiss, putra pertama dari gubernur Jawa Barat bapak Ridwan Kamil dan ibu Atalia. Semenjak berita hilangnya diterbitkan, terus mengikuti perkembangan, hari ke hari bahkan menanti kabar baik dari berita a Eril yang hilang. Namun, semakin hari semakin sesak dada membaca berita di media. 

Walau bukan siapa-siapa, berita ini sangat menyayat hati, sampai kepikiran terus. Bukan hanya saya, masyarakat Indonesia semua berempati pada musibah yang dialami oleh gubernur Jabar RK. Terlihat dari postingan masyarakat di media sosial, komentar dan curhat mereka tentang kekhawatiran juga harapan agar a Eril bisa kembali pulang dengan selamat. 

Tidak terbayang bagaimana hancurkan perasaan pak RK dan bu Atalia serta keluarga besarnya. Saya saja sangat sangat sedih mendengar beritanya, meneteskan air mata setiap melihat cuplikan foto/video dan beritanya di media sosial, kepikiran seraya berdoa agar ada kabar baik nantinya. 


Jadwal saya menulis blog dari kemarin, tadinya tidak akan menulis tentang musibah ini, hanya saja yang penuh di otak dan di hati saat ini adalah hal ini. Yang hari ini keluar surat bahwa keluarga RK sudah mengikhlaskan dan meyakini a Eril sudah wafat karena tenggelam. Seraya mengajak masyarakat untuk melaksanakan solat ghoib.

Sebelumnya postingan pak RK dan bu Atalia juga yang menyayat hati. Pak RK sekeluarga pulang ke Indonesia dan berpamitan dengan sang anak di sungai Aare. Momen ini begitu menyesakkan bukan?
Namun bagaimanapun, saya begitu kagum dengan ketegaran, ketabahan bapak RK dan bu Atalia. Semua keputusan yang diambil keluarga RK dalam musibah ini, saya bercak kagum. Masya Allah. Belum tentu saya atapun kita ketika diposisi seperti itu dapat tegar, dan tabah seperti pak RK dan bu Atalia. 

Beberapa juga berseliweran tentang ramalan dukun bahwa a Eril ada di posisi ini itu. Keluarga RK tidak sama sekali menanggapi itu semua. Mereka fokus pencarian disana dan memohon keikhlasan doa dari semua masyarakat. Bahkan untuk mengambil keputusan lebih lanjut karena kurleb 6hari pencarian belum ditemukan, keluarga RK berdiskusi dengan para Ulama. Selain berpendidikan keluarga RK juga punya keimanan dan ketakwaan pada Allah. 

Ini yang membuat mereka mengambil keputusan baik sesuai anjuran agama. Hati mereka tegar, sabar dan tawakal menghadapi musibah ini. Pak RK sekeluarga yakin bahwa a Eril dijaga oleh Sang Maha Penjaga, walau hati hancur berkeping-keping tapi Iman menguatkan keluarga ini. Iman pada Allah 🤍.

Banyak hikmah yang bisa diambil dari musibah A Eril, bahwa memang kita tidak tahu takdir yang akan menimpa kita didepan. Esensi kita di dunia memang meninggalkan atau ditinggalkan karena nyatanya dunia tidak kekal. Kita tidak tahu bagaimana, kapan dan dimana kita diambil kembali oleh Sang Pencipta. Di negeri sendiri atau negeri orang, di darat atau di laut, tetap tapi tetap semua adalah bumi milikNYA. 

Terpenting adalah semoga kita semua meyakini hari akhirat itu nyata, meyakini akhirat itu kekal, meyakini kita akan dikumpulkan kembali bersama-sama disana dengan keluarga tercinta kita yang sudah tiada dan berupaya agar kita semua bisa selamat dan bahagia di akhirat sana. 


Sediakan waktu shalat ghoib untuk a Eril, terus doakan kalaupun memang sudah wafat jasadnya bisa ditemukan. Doakan keluarga RK dan bu Atalia semoga kuat, tabah, sabar, tawakal menerima musibah ini 🤍. Qodratullah~

Comments

  1. sedih ya mba Hikmah Hikmah Khaerunnisa ... namun aku bisa mendapatkan pelajaran baik dari peristiwa ini. semoga keluarga yang ditinggalkan mendapatkan kekuatan dan kesabaran aamiin ...

    ReplyDelete
  2. membayangkan pada posisi beliau ,a duh tak terkirakan perasaannya ya

    ReplyDelete
  3. Akupun ga kebayang rasanya itu seperti apa :(. Tapi aku yakin, Allah memberi cobaan seperti ini Krn Dia tahu keluarga pak RK kuat menghadapinya. Salut dengan ketabahan hati dan sikap yg ditunjukkan oleh keluarga . Aku Masih tetep berdoa semoga Eril bisa ditemukan apapun kondisinya

    ReplyDelete

Post a Comment