Menikmati Momen : Jakarta-Depok Naik Motor dengan 2 Anak

Assalamualaikum,
Dari jaman kuliah aku suka momen motor-motoran. Kemanapun pakai motor sendiri, ke kantor, jalan sama bestie, ke kampus, kumpul sama temen, dll. Aku sangat menikmati momen momotoran, hehe. Sampai sudah menikah dan punya anak rasanya kangen sekali bisa motoran sendiri. Secara semenjak pindah ke Jakarta bukan lagi anak motor tapi jadi anak KRL, wkwk.

Semenjak pandemi, kami jadi jarang sekali naik KRL bahkan belum pernah lagi selama 2tahun lebih ini. Kini kembali menikmati pakai motor sama suami dan anak-anak. Walau gak pernah jauh sih, paling jalan-jalan sore sekitaran rumah, jalan-jalan ke rumah tante di Bintaro.

Semenjak pandemi kemana-mana jadi pakai kendaraan pribadi mobil/motor tapi aku paling menikmati pakai motor sih. Kecuali ya jauh banget kayak ke Bandung, Sukabumi, Subang, baru deh gak mampu pakai motor kita naik mobil. Jadi sudah sering sebenarnya dari masih hamil anak ke2 kita momotoran ke Depok, Citayem, Bintaro. Dan alhamdulillah enjoy 🤍.

Kemarin, mendadak kami ingin menjenguk orangtua di Citayem, kebetulan memang weekend ini gak ada jadwal kemana-mana. Terus dipikir-pikir sebentar lagi libur sekolah, kami sudah akan berangkat ke Bandung untuk berlibur. Jadi sebelum liburan kami jenguk ortu dulu di Citayem, sekalian main ke kakak di Depok. Nada pengen ketemu sama kakak-kakak sepupunya disana.

Aku dan suami berdiskusi mau naik KRL atau motor. Kangen juga sih naik KRL cuma kayaknya agak ribet aja karena harus transit-transit juga. Akhirnya kita mutusin pakai motor aja, tapi dengan syarat, hanya bawa 1tas dan berangkat pagi dan pulang pagi sebelum panas menerjang jalanan, wkwk.

Btw, sebelumnya kami pernah juga naik motor ke Jakarta Depok dengan anak 2. Saat itu keburu siang dan bawaan kebanyakan, bener-bener gak nyaman banget dijalannya. Sampai aku bilang "gak lagi-lagi deh". Eh ternyata tetep kangen motoran, sekarang dengan strategi agar lebih nyaman selama di perjalanan.
Tentu kita selingi dengan wisata kuliner dulu. Kalau cape ya istirahat, kalau pegel ya lulusan kaki dulu di tukang bakso kek, tukang es kek, hehe. Kemarin kami mampir ke warung es kelapa dan warung soto mie pak Kadir. Alhamdulillah perjalanan pagi yang sangat lancar dan segar, begitupun pulang je Jakarta. Kami menikmati momen ini 🤍.

Kita yang Menikmati bukan Orang Lain

Kebayang gak sih bawa anak 2 naik motor, belum bawaannya paling cepet ya 1,5 setengah lah. Pasti komentar yang sering didapat itu kayak "gak cape gitu?", "pegel pasti", "mau an ih, kasihan anak-anak", "panas kan pasti", dll. Ya udah si senyuman aja.

Well, aku merasa berbanding terbalik sih sama apa yang dipikirkan mereka. Aku merasa nyaman dan happy aja. Anak-anak juga. Bahkan seringnya aku yang minta "pakai motor aja yuk". Ya gak salah sih, betul.. pegel juga lama-lama duduk di motor, cape juga kan. Ya namanya perjalanan, tapi itu semua ketutup sih, gak dominan di hati dan perasaan kami. Kami merasa enjoy dan happy aja.

Malah aku kangen naik motor malem-malam, wkwk. Mau coba tapi saat ini belum memungkinkan karena masih bawa anak-anak. Kalau perjalanan malam dan jauh gak rekomendasi juga pakai motor kan. Nanti deh kalau anak-anak sudah besar, sudah bisa mandiri, aku bisa berdua sama suami buat jalan malam pakai motor.

Nikmati Selagi Bisa

Kami masih bisa naik motor ber4 lho, karena Ara masih bayi juga. Coba kalau Ara sudah 3tahun, Nada sudah 8th? Rasanya kami sudah tidak bisa jalan-jalan pakai motor bareng-bareng lagi, bisa sih paling beda motor, tetep aja beda kan.
Menikmati momen selagi bisa, sebentar lagipun mungkin sudah susah ketika anak-anak sudah besar.

Jalan Malam Hari

Salah satu momen lagi yang aku sukai adalah malam hari. Aku suka jalan di malam hari, adem gitu. Terus entah kenapa jalan di malam hari ini sering sekali aku ingat, seperti tersimpan di memori terdalam gitu. Dari momen-momen waktu kecil jalan sama Bapa berdua di malam hari, aku sangat ingat detail tempat dan suasana saat itu. Inget jalan malam sama suami belum punya anak saat itu, aku ingat detail situasi dan rasa saat itu.

Aku merasa jalan di malam hari adalah salah satu momen yang aku sukai 🤍.

Ciptakan Momen untuk Anak-anak

Anak akan memingat momen yang paling disukai dan momen yang tidak disukai. Bantu anak-anak untuk memiliki banyak momen yang disukai sehingga memori mereka penuh dengan momen bahagia bersama kita, orangtuanya.
Momen jalan-jalan yang biasanya anak-anak ingat dan bermakna. Buat banyak momen jalan-jalan bareng anak, gak harus mahal, gak harus jauh. Yang simple tapi bermakna akan lebih menyerap dalam memori dan hati yang mendalam. Dan lagi, anak cepat sekali besarnya, jangan sampai terlambat.

Yuk, jalan-jalan 🏍

Comments

1. Mbaaa akupun sukaaa loh naik motor, itu kayak adeem aja bawaan 😄. Pas ke Bali kemarin kami sengaja sewa motor biar kemana2 motoran. Lebih enak juga. Tapi jujurnya kalo motoran ber4 Ama anak2 blm pernah 😅. Waktu itu ga kepikiran aja. Kalo skr udh ga bisa, anak2 udah pada gede wkwkwkwk. Ga cukup dudukannya . Tapi aku yakiiin itu memang seru kok ;)

ReplyDelete
  2. Wahhh naik motor selagi bisa bawa 2 anak, dikit lagi anaknya kalau udah gede gak bakal bisa bonceng berdua :)