Suka Duka Berlebaran Part 2 : Wisata saat Libur Lebaran

Assalamualaikum,

Momen saat lebaran sepertinya sayang jika dilewatkan begitu saja, seperti melihat foto dan video di galeri hp, ah.. rasanya sayang sekali jika tidak diceritakan kembali. Kadang kala, foto dan video di hp terhapus begitu saja ketika memori sudah full, hasilnya banyak dokumentasi momen tertentu yang terhapus begitu saja. ah.. kenapa tidak diceritakan kembali di blog? pikirku, ini akan menjadi momen yang bisa dibaca kembali mungkin oleh anak-anak nantinya.

Libur lebaran cukup panjang kemarin, kami mudik ke beberapa daerah diantaranya ; Depok, Sukabumi, Majalaya dan Bandung. Alhamdulillah kami memiliki sepuh-sepuh yang masih sehat sehingga momen lebaran ini tidak ingin kami sia-siakan untuk bersilaturahmi mengunjungi sepuh-sepuh disana. Saat mudik dan libur lebaran ini, kami mengunjungi beberapa tempat wisata untuk mengajak anak-anak sekalian berlibur dengan para sepupu-sepupu yang jarang bertemu, bahkan banyaknya hanya satu tahun sekali saat lebaran saja. Momen mudik dan libur lebaran ini salah satunya dimanfaatkan dengan bermain dan berwisata bersama.

1. Mandi di Kali Kaki Gunung Salak, Sukabumi

H-1 Lebaran kami sudah tiba di Sukabumi. Suasana pedesaan di kaki gunung yang sejuk sekali saat itu, ditambah momen berkumpul, mengobrol dan sesekali diselingi gelak canda tawa. Anak-anak juga asik bermain dengan sepupu-sepupunya. Hari ke-2 lebaran kami mengajak anak-anak mandi di kali yang jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah. Membutuhan sekitar 30 menit perjalanan menggunakan mobil, medan yang ditempuh cukup menantang dengan menanjak, berbatu dan jalan pas dengan 1 mobil. Namun, tidak dipungkiri pemandangan selama perjalanan Subhanallah indah sekali.

Sesampainya disana, kami masih harus jalan kaki namun tidak jauh sekitar 5 menit saja. Sepanjang jalan ketika jalan kaki, pinggir-pinggir kami terdapat kali-kali kecil yang airnya jernih sekali, tentu saja dingin, hehe.

Ada tempat bak terbuka dengan beberapa kocoran air yang mengalir deras, sebelahnya terdapat saung yang dpat digunakan untuk istirahat, ganti baju, makan dan lain sebagainya. Anak-anak dan beberapa orang dewasa mandi disana, membawa peralatan mandi dan baju ganti. Tentu mandinya dengan pakaian ya! hehe dan anak-anak mandi plus main-main air disana. Masya Allah Barakallahufik.

2. Mengunjungi Mall Tengah Sawah, The Matic Mall Majalaya

Setelah dari Sukabumi kami melanjutkan silaturahmi ke sepuh di Majalaya. Disana anak-anak bertemu dengan sepupu-sepupu lainnya, Masya Allah. Melihat anak-anak yang dirumah saja waktu itu, suami berinisiatif untuk mengajak main di sekitaran daerah sana. Anak-anak minta ke taman bermain, hasil googling ternyata ada lho Mall dekat sana, mall ini baru 2 tahun beroperasi. The Matic Mall Majalaya, bener-bener mall ditengah sawah lho!

Parkiran mall cukup luas, mall nya pun luas lho! ada 3 lantai. Walau masih banyak tenant yang tutup tapi cukup komplit, tersedia kuliner, fashion shooping, permainan anak dan biskop. Kami langsung ke lantau atas tempat dimana taman bermain tersedia.

KidZilla The Matic Mall Tiket Masuk :

Rp. 70.000/1 jam

Rp. 90.000/3 jam

Tidak terlalu luas namun tetap cukup untuk anak-anak mengobati rasa rindu main di playground.

3. Bermain Air di Panghegar Waterboom, Bandung

Kayaknya kalau libur itu ada yang kurang kalau gak berenang dan main air, tentu saja ini bagi anak-anak! karena yang mendampinginnya merasa kewalahan, wkwk. Lebih enak dirumah rebahan sambil nonton drakor, bukan begitu ibu-ibu? wkwk.

Sesampainya di Bandung kami berencana mengajak anak-anak berenang dan main air di waterboom langganan. Tepatnya yang nyaman juga fasilitasnya yang lengkap ditambah makanannya juga enak-enak kami jadi berulang kali memilih bermain air Panghegar Waterboom, review lebih lengkap bisa teman-teman baca disini ya!

Saat itu tiket sudah naik menjadi Rp.85.000/orang, dapat discount 20% maksimal 4 orang jika punya member Yogja!

fasilitas bermain di waterboom panghegar ini terbilang kumplit ada mandi busa dan pasir pantai juga. Nah yang tak kalah menarik disini makanannya juga enak-enak.

Ah liburan memang seru ya! aku yakin bagi yang punya anak kecil pasti deh menyempatkan waktu untuk liburan, walau mungkin sekedar jalan ke tempat yang dekat. Karena liburan bagi anak adalah salah satu momen yang berharga yang akan menjadi memori indah sampai besar. Dan lagi, anak cepat sekali besarnya bukan? sudah remaja sudah akan asik dengan teman-temannya mungkin kelak kita akan rundu momen-momen jalan sama anak-anak. Tentu wisata saat libur lebaran ini momen yang penuh dengan suka ya, walau ada aja duka nya tapi sangat tertutupi dengan nikmah yang Allah beri, alhamdulillah. Oia bagaimana liburan lebaranmu?

Comments

1. yeayyy lebaran yg super duper seruuuu

aku mah di rumah ajaaa...kagak ke mana mana 🤣🤣🤣 selain karena ortu kandungku udah meninggal, yhaaa thn ini emang takdir lebaran di rumah aja.

gapapa...ttp enjoyyy dan bersyukuuurr

ReplyDelete
  2. Setuju banget! Saya pun selalu mengusahakan sering jalan-jalan ketika anak-anak masih kecil. Biar mereka punya kenangan masa kecil yang seru. Nanti kalau udah gede, semakin sibuk dengan kegiatan masing-masing. Udah lumayan sulit ngatur waktu barengnya.

3. Dukanya wisata saat lebaran itu macet kalau menurutku, tapi jadi momen kebersamaan dengan keluarga ya apalagi jarang ketemu.
    Seru banget mudiknya di kaki gunung pasti sejuk banget udaranya.
    Selalu seru jalan-jalan kapan pun dan bersama siapa pun. Wah capuysico di waterboomnya murah banget

ReplyDelete
  4. Lebaran ini aku malah nggak kemana-mana nih Mak, lebih pilih menikmati waktu bareng² keluarga, nyempetin sarapan pagi aja di pantai karena emang kami orang pesisir, siang dikit langsung balik karena malas kalau terlalu ramai dan cuaca yang panas.

Tapi kalau liburan di kaki gunung mah pasti tetap adem menyenangkan ya? Seneng lihat anak2 pada happy

5. Wah seru banget liburannya, mak. Emang bener ya, kalau pergi sama anak-anak tuh andalannya main air. Lebaran kemarin saya nggak kemana-mana. Jogja muacet, males banget mau keluar rumah. Namun, di hari terakhir sempat main ke salah satu mata air umbul sidomulyo buat ngajakin bocah renang biar happy.

ReplyDelete
  6. Kalau lihat orang - orang pas lebaran, seru dan senang aja deh.. Tapi, saya sendiri nggak sanggup kalo harus ke beberapa daerah :D Ini cuma keliling di dalam kabupaten aja, jetlagnya sampe seminggu lho :D

7. Seru banget mba liburan lebarannya. Bisa travelling bareng keluarga 🥰 aku terpesona deh sama The Matic Mall yang berada di tengah-tengah sawah, yang bangun kreatif dan inovatif yaa.. Kalau aku kebetulan setiap libur lebaran enggak liburan mba, lebih banyak menghabiskan waktu dirumah dan kumpul sama keluarga, kalau liburan ngeri kena macet dan tipe keluarga ku ogah macet-macetan hehhehe.

8. Libur lebaran cukup panjangggg emang. Tapi kami ngga ke mana-mana huhuu. Yah soalnya ngga mudik juga karena rumah orang tua deket banget hehehe.
    Eh itu seru banget mandi di kali Kaki Gunung Salak, kebayang deh sejuk banget. Anak-anak bisa bebas bermain dan back to nature banget.

ReplyDelete
  9. Kalau di keluargaku, lebaran ya pada berkunjung. Liburannya nanti pas hari ke-7. Biasanya ruame banget. Main di Kaki Gunung Salak, adem bener sih itu. Pengen coba

10. seruu banget lebaran bisa sekaligus berwisata. sekalian liburan sama anak2. hepi banget apalagi liburnya lamaa pisan sampe 2 minggu. ,

11. Libur lebaran anak-anak malahan dipakai buat rebahan aja nih.. wkwkk.. ya gimana ya, soalnya tidak mudik, pun rasanya kasihan kalau pas lebaran gitu udah capek diajak ke sana-sini (saudaranya ada banyak soalnya).. haha

ReplyDelete
  12. Sebenarnya tahun ini adalah lebaran terberat buat saya. Mengulang kembali lebaran tahun 2008 dan 2009 saat ibu saya baru dipanggil oleh Yang Maha Kuasa. Tahun ini, lebaran di kampung halaman jadi sepi. Karena bapak meninggal beberapa bulan lalu, otomatis di rumah sudah tidak ada yang dituakan, jadi rumah bapak ngga ada open house lagi. Padahal biasanya hari pertama lebaran, kami pasti akan sibuk menyambut tamu-tamu yang datang.
    Tapi, saya berusaha untuk kembali tegar menjalani hari-hari, meski masih terbata-bata. Live must go on, kan ya?

13. Menikmati momen liburan lebaran bareng anak2 mumpung masih mau dibawa yaa. Ahh, mall tengah sawah di Majalaya aku pernah kesana jugaa. Panghegar Waterboom, walah udah 85k aja.

Btw, liburan lebaran aku ga kemana-mana, duduk manis di rumah menerima tamu kerabat, sambil denger yang cerita liburan yang uyek di Bandung

ReplyDelete
  14. Wah mudik lebarannya panjang bener :) Dan Alhamdulillah bener deh punya sodara dan sesepuh yang sehat sehingga bisa dikunjungi nih berkah. Senangnya anak anak juga menikmati perjalanan mudik lebaran dan berlibur yaaa

15. Kalau lebaran itu bisa jalan jalan sepuasnya ya
    Anak anak juga pada punya uang sendiri dari THR
    Hehe...
    Kalau kami gak kemanapun
    Di rumah aja. Hehehe

ReplyDelete
  16. Hampir rata2 H+2 iti biasanya ke tempat rekreasi ya mba....penuh banget gak disana .... Kalau di Jakarta bukan main mba full orang... Ini lumayan juga per jamnya tapi anak2 seneng karena pakai uang THRnya

17. WHhh keren banget ada di tengah daerah alam begitu. Pasti pas bangun pagi rasanya view pagi banget deh

18. momen lebaran memang paling seru dan berkesan banget yah, capek tapi bahagia gitu

ReplyDelete
  19. Untungnya harga makanan dan minuman tidak naik ya. Hem kalau di jakarta harga bakso aja berubah pas momen lebaran.

20. Momen lebaran memang waktu yang paling seru dan berkesan ya. Karena di hari lebaran seluruh keluarga besar berkumpul bersama.

21. Lebarannya asik banget mba, kami lebaran kali ini mudik pulang kampung ke gunung dimentokin habis, gak jalan jalan kemana mana, ngadem

ReplyDelete
  22. Eh saya baru tau loh di majalaya ada mall, do tengah sawah pula... Seru liburannya ya mak... Saya libur lebaran enggak ke mana-mana, silaturahmi aja di hari pertama...

23. Seneeengnyaaa bisa jalan ke beberapa tempat saat libur lebaran mbaa 👍. Itu semua tempatnya menarik pula, terutama yg water park. Memang fav anak2 yaaa 😁.

Penasaran liat mall tengah sawah. Tadinya aku agak susah bayangin, tp setelah browsing jadi paham. Baguuuus sih itu 😍😍.

Libur lebaran ku mah di rumah aja, jakarta. Udh beberapa tahun tiap lebaran ya ga bisa balik kampung. Hrs gantian ama asisten ku yg mudik. Soalnya nanti ga ada yg jagain anak2 bulu ku kalo aku dan asisten sama2 mudik 😅