Masjid Raya Al-Jabar Menjadi Ikon Baru Jawa Barat

Assalamualaikum,

Bicara tentang wisata islami di Indonesia rasanya banyak sekali ya. Masih dalam rangka challange Blogger Perempuan Network 2024 di bulan Ramadhan 2024, tema ke 12 ini tentang wisata religi di Indonesia. Walau jujur aku tidak banyak atau pun sering jalan-jalan keliling Indonesia. Namun aku bisa bercerita tentang tempat wisata religi yang terbaru dan sempat viral di jawa barat.

Ingat dulu saat putra pak Ridwal Kamil mantan walikota Bandung dan Gubernur Jawa Barat ini, Eril yang sempat hilang dan dinyatakan meninggal tenggelam doi sungai Aare, Bern Swiss, sempat menggemparkan seluruh Indonesia karena pencarian Eril ini sempat dipenuhi duka dan doa, berharap masih bertemu dalam keadaan selamat. Namun, takdir berkata lain, Eril ditemukan jasadnya mengapung di aliran sungai Aere oleh seorang guru TK.

Kisah yang viral ini membuat keluarga pak Ridwal Kamil dipenuhi doa dari masyarakat bahkan banyak sekali yang hadir di pemakaman Eril saat itu. Emil dimakamkan di dekat tempat dimana akan dibangunnya masjid Raya Al Jabbar daerah Bandung Barat.

Benar saja! tidak lama setelah itu bapak Ridwal Kamil yang mendesign masjid megah tersebut mulai proses pembangunan dan sekarang ini sudah mejnadi salah satu ikon baru untuk Jawa barat.

Masjid Raya Al-Jabar 

Terletak di Jl. Cimincrang No.14, Cimenerang, Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat.
Masjid ini juga dikenal dengan sebutan 'Masjid Terapung'. Masjid yang dibangun di lahan seluas sekitar 25 hektare ini memiliki kapasitas sekitar 30.000 orang, dengan rincian 10.000 orang di area dalam (indoor) dan 20.000 orang di area plaza

Masjid Al Jabar sebagai : Tempat Ibadah, Pusat Edukasi dan Wisata Religi 

pict from website Al-Jabbar

Dikutip dalam website resmi masjid Al-Jabar di https://aljabbar.jabarprov.go.id/. Selain bangunan masjid dan danau, di lahan seluas 26 Ha ini juga terdapat taman-taman tematik tentang kenabian yang menarik untuk dikunjungi oleh berbagai kalangan. Di sisi timur masjid, berdiri sebuah patung kaligrafi “Al Jabbar” berwarna emas karya seniman terkemuka. Patung ini berdiri di atas plaza bundar yang permukaannya dilapisi teraso buatan tangan dengan motif Wadasan berwarna biru dan kuning cerah yang memberikan kesan elegan. Kemudian, di sisi timur ini juga terdapat beberapa aksentuasi khas masjid Turki yaitu pelataran besar dikelilingi koridor dengan naungan dihiasi kaca patri warna-warni, serta paviliun wudu dengan keran air bertempat duduk yang berhiaskan mozaik cantik karya tangan perajin Jawa Barat.

pict from website Al-Jabbar

Design nya sangat mewah dan luas sekali. tak heran kini masjid Al-Jabar menjadi salah satu kunjungan wisata religi warga lokal maupun mancanegara. Tidak bisa bercerita banyak karena aku sendiripun belum pernah mengunjungi masjid raya ini. Lokasinya yang cukup jauh dari rumah, juga karena selalu penuh dengan para wisatawan kesana, jadi aku kembali mengurungkan niat. Namun rencana itu sudah ada, setelah berkunjung kesana mungkin aku bisa cerita lebih banyak disini ya. Kamu pernah berkunjung kesana? atau mau berencana berkunjung?

Comments