2 Kegiatan Sosial Khas yang Dilakukan Saat Ramadhan

Assalamualaikum,

di bulan ini banyak orang berlomba dalam ibadah dan kebaikan, rasa-rasanya semua mencari celah keberkahan dan pahala yang berlipat yang Allah janjikan di bulan Ramadhan ini. Dan semua fasilitas ibadah yang Allah beri membuat ramadhan ini benar-benar hidup. Dari mulai shalat terawih berjamaah di masjid atau dirumah-rumah bersama keluarga, dilanjut bangun malam untuk ibadah sahur dan banyak orang memanfaatkan waktu shalat subuh di masjid sebari mendengarkan kajian. Belum lagi siangnya berlomba membaca al-quran dan target mengkhatamkan nya di satu bulan ini, bahkan ada yang sudah berkali-kali khatam dalam sebulan, masya Allah. Menyiapkan menu berbuka sampai bersilatutahmi berbuka bersama bersama rekan dan kerabat. Belum lagi ibadah itikaf di 10 hari terkahir bulan ramadhan ini, berlomba mendapatkan malam seribu bulan, ya! Lailatul Qadar.

Satu lagi yang tidak kalah menarik, semua orang rasanya berlomba dalam bersedekah di bukan penuh berkah ini. Tentu banyak yang memanfaatkan kesempatan ini dengan berbagai jenis sedekah juga infaq, orang-orang mencari celah kebaikan untuk dilakukan di bulan penuh keberkahan ini dengan banyak berbagi. Selain zakat yang diwajibkan di akhir ramadhan nanti, infaq sodakoh pun sangat dianjurkan. Kita berbagi rezeki dan kebahagiaan kepada orang lain yang membutuhkan menjadi nikmat tersendiri. Seperti sabda Allah dalam surat Al-Baqarah ayat 245, yang artinya :
"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan memperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan."

Banyak orang menjadi kreatif termasuk dalam hal berbagi di bulan ramadhan ini yang jarang di temui di bulan-bulan lainnya, diantaranya :

1. Berbagi Takjil

Kita sering temui sebuah komunitas bahkan perorangan berbagi takjil untuk berbuka puasa baik di jalan-jalan maupun di berbagai tempat seperti panti asuhan, panti sosial. Bahkan di daerah saya pribadi, berbagi takjil ini menjadi sebuah keharusan yang dijadwalkan untuk berbagi takjil di mesjid. Kita tahu bahwa di bulan ramadhan masjid-masjid menyediakan menu berbuka dan menu sahur untuk yang datang ke masjid dalam rangka beribadah. Siapapun yang berkunjung ke masjid dalam rangka beribadah boleh mengambil makanan dan takjil yang disediakan di masjid. Ini hasil patungan sedekah warga yang sudah dijadwalkan, biasanya per RT atau per RW.

Hal ini tentu sesuatu yang positif, warga di fasilitasi untuk berbagi/bersedekah di bulan Ramadhan ini. Nominalnya juga tidak terlalu memberatkan karena sistem iuran dan terjadwal sehingga tidak setiap hari juga dilakukan bersama-sama jadi terasa ringan. Bekerja-sama dalam ibadah ini sangat indah ya! Sesuai sabda Rasulullah :
"Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga" (HR. Tirmidzi).
Hadist rasulullah diatas semakin menambah keyakinan dan semangat kita dalam sedekah ini bukan? memberi makan orang yang berpuasa termasuk berbagi takjil ini hanya bisa dilakukan di bulan ramadhan, jadi yuk kita manfaatkan momen ini.

2. Sahur On The Road

Konsepnya kurang lebih sama, bersedekah dengan memberi makan sahur pada orang-orang yang membutuhkan. Namun biasanya sahur on the road ini dilakukan dijalan-jalan, makanan yang dibagikan untuk tunawisma atau yang masih mencari atau bekerja di malam ketika waktu sahur tiba. Kita sangat memahami banyak yang menjalani puasa tanpa sahur, bukan karena kesiangan namun karena tidak punya makanan dan tidak punya uang untuk makan. Hal ini yang menjadi concern dari sahur on the road.

Biasanya dilakukan oleh anak-anak muda mahasiswa atau komunitas-komunitas kepedulian. Namun, sahur on the road ini ada pro dan kontra karena mungkin ada beberapa oknum yang menyalahgunakan SOTR ini dengan nongkrong, membuat berisik dan lain sebagainya. Sehingga beberapa orang tua yang memiliki anak muda tidak membolehkan anaknya mengikuti SOTR ini.

Betul, jika dilihat dari konsep awal hal ini sangat bermanfaat ya, namun disisi lain anak muda kita tidak bisa pungkiri. memastikan sahur on the road ini tidak keluar dari tujuan awal hal yang penting, agar sedekah unik di bulan ramadhan ini bisa diupayakan tetap baik dan bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Apa kamu pernah ikutan juga?

Saya rasa 2 hal itu yang menjadi daya tarik sedekah rutin yang dilakukan hanya di bulan ramadhan. kalau di daerahmu bagaimana? ada kegiatan sosial khas ramadhan lain?

Comments