Baju Lebaran Tidak Harus Baru, 3 Pilihan Selain Membeli Baju Baru

 Assalamualaikum,

Sudah memasuki 5 hari terakhir di bulan Ramadhan, masyarakat sudah mempersiapkan persiapan menyambut lebaran, ditambah hadirnya THR untuk memenuhi kebutuhan di hari raya menambah semangat dalam berbelanja persiapan lebaran tidak terkecuali baju lebaran. Ya! baju lebaran sering diberi istilah baju bedug ini seperti menjadi ritual tersendiri dalam menyambut hari raya idul fitri. Selain kue dan makanan khas lebaran yang dipersiapkan, baju 'terbaik' salah satu hal yang wajib sepertinya untuk dipersiapkan menjelang hari raya. 

Tidak heran orang berbondong-bondong ke pusat perbelanjaan untuk mencari baju bedug sesuai trend ataupun kesukaan masing-masing. Salah satu kenangan manis saat ramadhan di masa kecil dulu salah satunya adalah membeli baju lebaran bersama mamah. Alhamdulillah aku termasuk anak yang beruntung karena setiap tahun mamah tidak pernah terlewat membeli baju lebaran, bahkan bisa dua atau tiga baju, lengkap dengan sepatu/sendal baru. 

Rasa-rasanya menyambut lebaran ingin semua serba baru, kenapa ya? apa karena selaras dengan menyambut idul fitri dengan hati dan diri yang baru? ya! setelah 1 bulan melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan, kita bersuka cita menyambut lebaran dengan diri dan hati yang baru tentu yang lebih bersih. Seperti metamorposis kupu-kupu dari ulat menjadi kepompong lalu menjadi kupu-kupu. Masa kepompong seperti masa di bulan ramadhan dengan amal ibadah yang diupayakan diri bisa lebih baik dan dapat menjadi diri baru yang lebih indah. 

Tapi seiring bertambahnya usia, beriringan dengan banyak belajar dari teman-teman dan lingkungan. Ternyata baju baru di hari raya tidak urgensi. Setelah belajar hidup minimalis dari 3 tahun lalu, pelan tapi pasti aku sudah banyak merubah mindset tentang kepemilikan barang. Kini, aku merasa cukup dengan baju yang ada di lemari yang masih bisa dihitung itu. Keinginan membeli barang apalagi karena tren sudah tidak menyala seperti dulu lagi. Ya! kini aku lebih mindfullnes dalam berbelanja termasuk baju baru.

Baca juga : Alasan Memilih Hidup Minimalis

Selain tidak ingin lagi menumpuk barang termasuk baju, pencemaran lingkungan juga jadi pertimbangan lainnya. Banyak barang sama dengan menambah sampah baik dari packing-an maupun proses pembuatan dan akhirnya, jika sudah rusak/tidak terpakai lagi pasti dibuang kan. Yang utama memang melatih rasa cukup atas apa yang sudah dimiliki saat ini.

Ada beberapa pilihan selain membeli baju baru ketika lebaran, diantaranya :

1. Baju Lama Rasa Baru

Coba cek baju-baju lama yang sudah jarang digunakan bahkan terlupakan mungkin. Baju-baju untuk ke undangan atau pun acara spesial lainnya biasanya hanya digunakan beberapa kali saja. Ini bisa jadi opsi buat kamu pakai lagi di hari lebaran, bisa mix and match dengan aksesoris atau yang lainnya. Sehingga menjadi style baru untuk kamu. 

2. Lungsuran

Lungsuran dari mamah atau kakak, bisa jadi solusi juga. Baju lebaran ku tahun ini ada yang lungsuran dari mamah juga, alhamdulillah. Tetap rasanya baju baru karena baru kita pakai kan? hal ini bermanfaat untuk memperpanjang usia barang apalagi jika barang tersebut masih bagus dan baru dipakai beberapa kali saja, terkadang barang yang dibuang hanya karena sudah tidak cukup atau sudah tidak suka dengan model bajunya, bukan karena bajunya sudah tidak layak. 

3. Tukar Baju

Di beberapa grup minimalis punya project tukar baju. Baju-baju yang masih layak guna namun kamu sudah tidak menggunakannya baik itu sudah beda size ataupun sudah tidak suka dengan bajumu bisa saling tukar. Event ini tentu bisa dimanfaatkan, kita tidak menambah barang tapi menukarnya. Beberapa kali ingin join tapi sayang belum ada kesempatan. Kamu bisa cari event tukar baju ini di beberapa komunitas minimalis atau gerakan pecinta lingkungan.

Lebaran ini aku pribadi tidak membeli baju lebaran, beberapa baju hadiah dan lungsuran dari mamah. Membeli baju hanya untuk anak-anak karena mereka memang pertumbuhannya cepat sehingga banyak baju yang sudah tidak cukup dan harus ganti dengan size lebih besar. Kalau kamu gimana?

Comments

  1. Aku tahun ini pake baju lama mbak, di mix n match aja. Jadi baguus juga. Tahun lalu aja pake baju lama. Ahaha. Makin berumur udh gak mikir beli baju baru. Paling anak2 aja. Hihi

    ReplyDelete
  2. Tahun ini saya yang baru kerudungnya aja. Itu pun harga pasaran mengingat yg jual tetangga, kasihan ga dibeli gak tega. Ya anggap sedekah bantu melariskan dagangan nya aja.
    Bener, asal bisa memadupadankan hasilnya tetap keren kok...

    ReplyDelete
  3. Hi kak, aku pun setuju nih.. Lebaran enggak mesti pakai baju baru. Sedang coba aku terapkan ke diri sendiri, sudah mau tahun keempat dan memang mix & match aja baju yang ada, atau baju lungsuran dari mama yang masih sangat bagus. Menurutku itu jauh lebih efektif dan menghemat, jadi anggaran buat baju baru bisa digunakan buat hal-hal yang lebih urgent. Semangat hidup minimalis 🥰

    ReplyDelete
  4. Kalau saya beli gamis sarimbit sama keluarga mbak... Karena memang kalau bukan lebaran, enggak pernah beli gamis... Belinya pas lebaran aja, lumayan buat pengajian, hoho...

    ReplyDelete
  5. aku masih termasuk yang beli baju baru pas lebaran sih. hehe. tapi kalau dihitung aku juga jarang beli baju sebenarnya. dalam setahun kayaknya nggak sampai 10 kali aku beli baju. heu

    ReplyDelete
  6. Aku juga sudah lama nggak membiasakan lebaran dengan baju baru
    Pakai baju yg ada di rumah saja yang penting masih bagus dan pantas dipakai

    ReplyDelete
  7. Anak-anakku aku biasain pakai lungsuran.
    HIhihi.. soalnya jarak usia kakak dan adek kan deketan yaah.. Tapi karena kaya anak kembar, biasanya sengaja aku kembar-kembarin bajunya. Kalau adek dapet lungsuran kaka, kaka dapet lungsuran mamah. Uda muteerr aja kita.

    ReplyDelete
  8. loh baru tahu ada program clothing swap
    menariiik bgt ini pastinyaaaa
    aku paling sering dpt lungsuran dr sodara
    ntar baju d lemariku ku lungsurkan ke ART 😆

    ReplyDelete
  9. Alhamdulillah Lebaran ini juga bajunya enggak baru semua
    Di mix and match
    Kalau anak anak sih saya belikan kembar karena reward sudah bertahan selama sebulan berpuasa

    ReplyDelete
  10. Aku jaraaaang beli baju baru saat lebaran. Alhamdulillah ada aja saudara yang kasih, hehe. Biasanya karena mau kembaran buat foto atau acara gitu. Kadang juga lungsuran atau pakai baju yang match aja dg suami dan anak. Tahun ini aku pakai gamis yang udah ku punya bertahun-tahun, bahannya masih bagusss.

    ReplyDelete
  11. Lebaran tahun ini nggak beli baju baru, hanya anak-anak saja yang beli baju baru kasual biar bisa dipakai sehari-hari..keren idenya nih untuk memanfaatkan baju lama..

    ReplyDelete
  12. Biasanya anak-anak sih yg pengen baju lebaran kalau besar biasanya ga pengen baju lebaran malah malu pake baju baru pas lebaran , hehehe

    ReplyDelete

Post a Comment