Menghabiskan Liburan Kemana Aja?

Assalamualaikum,

Tidak terasa sudah 6 bulan berjalan, masih ingat sekali bagaimana antusias Nada masuk SD. Alhamdulillah semua berjalan lancar, walau diawal-awal fisik agak struggle karena adaptasi cuaca juga mungkin, pindah dari Jakarta ke Bandung. Beberapa kali Nada sakit dan cukup lama juga tidak bisa masuk sekolah, tapi alhamdulillah semua terlewati dengan baik. Sekarang anaknya sehat dan semoga anak-anak sehat seterusnya, aamiin.

Liburan semester ini keluarga besar sudah merencanakan mengadakan acara Family Gahtering. Selain itu, aku-pun sudah memiliki rencana untuk ikut bersama suami selama libur, karena saat ini kami sedang menjalani LDM. Momen libur panjang ini sangat dinantikan, kami jadi bisa bareng-bareng lagi dan semoga tidak lama lagi kami bisa kembali satu atap, aamiin.

Tulisan ini sebagai dokumentasi kami selama liburan semester ganjil ini, yang pastinya menjadi momen yang sangat berarti terutama bagi anak-anak sampai dewasa kelak.

1. Pangandaran

Sudah jauh hari keluarga besar merencanakan family gathring diliburan sekolah semester ini. Kami menggunakan jasa travel agent untuk pertama kalinya. 2 hari 1 malam rasanya waktu yang terlalu singkat untuk liburan kesana, next mungkin akan mengambil waktu lebih lama minimal 3 hari 2 malam. Dan lagi saat perjalanan cukup macet sehingga cukup menyita waktu dijalan sehingga beberapa jadwal ter-skip begitu saja. Karena waktu yang singkat sehingga kami tidak sempat berwisata banyak seperti pasir putih, grand cayon dll. kami juga tidak sempat bermain wisata air disana.

Namun begitu, liburan disana sangat bisa kami nikmati terlebih cuaca saat itu cukup cerah, semua anggota keluarga sehat, alhamdulillah. Kami menyempatkan melihat matahari terbenam di pantai barat dan melihat matahari terbit di pantai timur. Mampir dan membeli beberapa oleh-oleh di pantai timur, tentu tidak terlewat bermain ombak dan pasir di pantai barat selama 2 hari berturut-turut.

Di hotel-pun kami menikmati istirahat dan hiburan yang disediakan, anak-anak masuk ke hotel langsung berenang di kolam renang hotel, begitu mau pulang-pun menyempatkan renang dulu disana. Kami juga menyiapkan beberapa fun games dan acara tukar kado, semakin menambah keceriaan berkumpul dengan keluarga.

2. Majalaya

Setelah pulang dari Pangandaran, istirahat 1 hari dirumah kami kembali melanjutkan liburan di Majalaya. Tempat tinggal nenek yang vibes-nya beneran kampung halaman, karena suasana desa masih terasa disana, walau sudah muncul pengembang perumahan-perumahan baru, namun tetap saja kalau kerumah nenek selalu bikin adem dan nyaman. Salah satu yang kangen berat adalah suami, karena sudah beberapa bulan tidak sempat berkunjung kesana, sudah kangen sekali katanya makan nikmat, hehe.

Kampung halaman apalagi rumah orangtua/nenek-kakek yang selalu dikangenin adalah masakannya. Oleh sebab itu, ada beberapa ulama atau praktisi parenting menyarankan untuk para orang tua membiasakan memasak untuk anak-anak dan keluarga dirumah karena hal tersebut salah satu yang akan membuat rindu anak-anak yang sudah besar dan jauh dirantauan sana.

Masakan Ene selalu membuat kangen, alhamdulillah 2 hari kami disana cukup mengobati kangen suasana pedesaan. Suami dan anak-anak menyempatkan jalan pagi mengitari sawah dan sungai, tak lupa bermain air sungai disana, Subhanallah. Momen liburan sepertinya kurang afdol kalau tidak pulang kampung, betul tidak? hehe

3. Bintaro

Kami melanjutkan perjalanan ke Bintaro di 1 hari sebelum tahun 2024. Adik dan beberapa sepupu ingin liburan dirumah bibi dan om di Bintaro, sekalian kami-pun ikut mampir kesana. Setelah sampai Bintaro kita mampir ke Lotte Mall untuk membeli beberapa kebutuhan BBQ, karena anak-anak ingin sosis panggang dan teman-temannya.

Ya! malam tahun baru kami dihabiskan di Bintaro dengan acara bakar-bakar sate ayam, sosis, bakso dan marshmallow. Tidak ketinggalan anak-anak main kembang api, tentu dengan pengawasan orangtua. Tidak sampai tengah malam, jam 09.00 kami sudah tidur dan ke alam mimpi, hehe. Bagaimana dengan malam tahun baru teman-teman?

4. Depok

Esok harinya kami melanjutkan ke Depok kerumah Mertua dan kakak Ipar. Menghabiskan waktu libur 6 hari disana, alhamdulillah anak-anak anteng dan sehat semua. Nada menghabiskan waktu belajar sepeda roda 2 dan langsung bisa, Masya Allah. Sudah lama minta sepeda roda dua, alhamdulillah bertepatan ulang tahunnya di tanggal 2 januari kemarin, kami menghadiahkan sepeda. Senang sekali dapat sepeda sampai Nada terharu dan langsung main sepeda tidak terlewat 1 hari-pun disana tanpa main sepeda. Ke warung, main sama temen disana selalu pakai sepeda, Masya Allah semoga kebermanfaatan sepeda nya panjang ya nak, aamiin.

Beberapa momen kami lewati di Depok seperti ulangtahun Nada ke 7 tahun di tanggal 2 Januari. Kami membeli kue karena anaknya minta kue ulang tahun, dan memberi sedikit suprise ala-ala untuk Nada, alhamdulillah Nada sudah sangat happy

5. Jakarta

Kami juga menyempatkan jalan-jalan di Jakarta sekalian ikut ayah meeting di Kemenpora RI. Anak-anak sempat main-main disana, di lapangan basket dan main-main air mancur, hmm. Sambil menunggu ayah meeting kami jalan kaki ke Senayan Mall, jaraknya cukup dekat dari Kemenpora RI. Disana kami jajan camilan, tidak lama suami mengabarkan kalau sudah selesai meeting sehingga kami bergegas kembali.

Langsung melanjutkan perjalanan kepantai Ancol. Selama di Jakarta aku dan anak-anak belum pernah ke pantai Ancol-nya, untuk ke Ocean Samudra dan Dufan sudah pernah. Namun tetap penasaran ke pantainya. Tiket masuk mobil dan 4 orang total Rp.150.000, kami langsung mencari daerah pantai yang anak-anak bisa bermain air dan pasir. Saat itu cukup ramai namun tidak terlalu penuh, angin di pantai saat itu sangat besar. Anak-anak bermain air dan pasir sebentar karena sudah sore selain itu juga sudah mulai gerimis dan angin tambah kencang. Setelah bilas kami langsung bergegas pulang. Alhamdulillah, sudah tidak penasaran lagi sekarang, hehe.

Alhamdulillah, nikmat luar biasa dari Allah yang tidak ternilai adalah sehat dan keluarga yang harmonis. Semoga Allah selalu menjaga kesehatan dan keharmonisan keluarga besar kami semua dan keluarga teman-teman juga ya. Kalau teman-teman kemana aja nih selama libur bersama keluarga?

Comments

1. Masyaallah liburannya pasti berkesan di hati anak-anak ya bund. Liburan kemarin anak-anak cuma bisa di rumah nenek aja karena kakeknya sakit dan meninggal. Jadi ya belum bisa kemana-mana. Jadi pas disuruh nulis cerita liburan dia cerita kalau kakeknya meninggal, huhuhu.

ReplyDelete
  2. Wuaaa liburannya padat merayap ya mbak, anak anak pasti senang sekali bisa liburan kumpul bareng keluarga, saudara dan kakek nenek

3. Met milad ya Nadaaa. Seru sekali famgathnya ke Pangandaran. Pengin banget kesitu. Wah katanya tmn sd aku orang Pangandaran, kudu ke green canyon karena cakeeep.hehe..
    Liburan kmarin cuma kulineran dan ke mall aja nih mba hehuu, belum jadi liburan 😁

ReplyDelete
  4. lengkap banget ini liburannya keliling dan penuh kenangan, making memories buat anak dan penting banget ini. Bukan kemananya tapi dengan siapanya yang paling penting. Liburan sekolah kmerani cuma bs sebentar banget kumpul sm anak pulang ke rumah nenek mereka tp jg ga jalan kemana krn neneknya lg kurang sehat. cuma ngumpul makan siang sekeluarga besar itupun gak jauh2 dr rumah krn ibu ga bs jauh2... kangen masa2 anak2 masih kecil dan masih semangat kita ajak ke sana ke sini. Sekarang mrk dah besar liburan aja udah punya agenda sendiri. eh kok curhat

5. Liburannya bikin iri deeeeh!
    Aku udah ke Anyer aja udah happy banget hhahahaha .. walau sedikit sedih karena area bilasnya sungguh sangat kotor sekali, sudah tak layak gitu

semoga di tempat lain dipelihara dan dirawat ya - karena abis main air asin kan pengennya mandi seger gitu

ReplyDelete
  6. Seru banget ini mak kegiatan liburan bersama keluarganya, pasti happy banget ini anak-anak ya. Selain memang liburan gini tuh jadi momennya anak-anak bonding bersama keluarga juga. Aku jadi pengin ke Pangandaran ini habis baca ceritanya. Belum pernah soalnya aku kesana.

7. wah seru banget liburannya bun bisa bersilaturahmi dan mengunjungi banyak tempat. senang banget ya pastinya Nada selama liburan

8. Alhamdulillah..
    Anak-anak ceria, bisa dapetin banyak pelajaran yang terpenting ada makna silaturahm di balik liburan ini. Jadi anak-anak kenal saudara, tetua dan sepupunya. Serunyaa..
    Sehat dan ceria selalu yaa, sholiha-nya ka Hikmah.

Jadi balik Bandung teh pas anak-anak masuk sekolah lagi?

ReplyDelete
  9. Seru sekali liburannya. Aku jadi kangen pantai Pangandaran, nih, sudah lama nggak ke sana. Liburanku kemarin hanya ke Kebun Binatang Ragunan, selebihnya berenang seminggu dua kali. Haha. Malam tahun baru pun di rumah saja. Yang rencananya mau begadang nungguin kembang api, kenyataannya jam 9 sudah pada tidur. 😂

10. Ah, seru sekali liburannya dan banyak cerita yah, seruuuuuu.

11. Kapan ke Cianjur? Hehe... Sekarang dari Pangandaran ada jalur lintas selatan yang langsung tembus ke Cianjur lalu Sukabumi dan selanjutnya ke Sarwana Banten. Nah sekalian jalan jadinya ya kapan kapan hehehe

ReplyDelete
  12. Wuah padat merayap nih ya liburannya anak2. Kebayangkalau pas disuruh gurunya menceritakan pengalaman liburannya pasti panjang nih ceritanya hahaha :D
    Seru banget bikin family gathering kyk yang destinasi pertama itu mbak.
    Bisa dulang tahun depannya jadi lebih waktunya yaa :D Emang kalau nginep semalam aja berasa kurang biasanya :D

ReplyDelete
  13. Aku belum pernah ke Pangandaran sama sekali Mak. Pengen banget deh tahun ini kalau ada kesempatan bisa pergi ke sana. Pake jasa tour and travel oke juga tuh

14. Sungguh seru liburannya mbak, kurang lebih dua minggu bisa ke beberapa kota ya. kalau saya liburan semester cuma ke pantai camping sama anak-anak hehe

15. udah lama ga ke Ancol, jadi pengen ke pantai sama keluarga juga :D

ReplyDelete
  16. seneng banget pastinya kalau bisa liburan bareng keluarga, anak-anak happy banget mbak
    waktu aku kecil dulu juga seneng kalau diajak jalan-jalan, cuman memori ingatanku kurang baik nih, aku pengen tau seheppi apa aku dulu :D
    dan waktu itu juga ga ada kamera yang bagus, kenang-kenangannya juga sedikit

ReplyDelete
  17. Dah belasan tahun di jakarta, aku pun blm pernah ke pantai ancol mbaaa 🤣. Secara reviewnya rada2 gimana gitu, 😅. Tapi memang hrs dirasain sendiri untuk tahu suka atau ga sih yaaa.

Pangandaran memang capek sih kalo cuma semalam. Krn macetnya kesana juga. Udah lama aku ga kesana. Pengennya memang 2 malam setidaknya.

Tahun baru kemarin kami ke Bandung, stay di lembang ama kluarga besar. Lumayan laaah, refresh benate 😄. Dah lama juga ga ke sana soalnya. Anak2 pun seneng bisa ketemu banyak sepupu