Resume Kegiatan Selama di RA (Raudatul Athfal)


Assalamualaikum,

Apa kabar mommies semua? semoga sehat selalu ya. Alhamdulillah Juli tahun ini Nada sudah masuk SD dan banyak kenangan juga kegiatan di TK dulu yang sayang jika tidak didokumentasikan. Terlebih untuk mommies yang mau menyekolahkan anak masuk RA setara TK mungkin butuh informasi ini. Apa-apa saja kegiatan yang akan dijalani anak selama di RA.

Raudatul Athfal atau RA merupakan sekolah TK yang diambil dari bahasa arab. RA berada dibawah naungan Departemen Agama melalui SK Menag. Yang dikelola secara profesional oleh guru-guru RA dalam wadah IGRA (Ikatan Guru Raudhatul Athfal). Selain materi umum, RA memperkenalkan pula dasar-dasar ajaran agama Islam kepada anak didiknya.


Pengalaman menyekolahkan anak pertama di RA dan sedikit banyaknya ingin mendokumentasikan sekaligus memberi informasi bagi para mommies yang butuh info mengenai kegiatan di RA. Ini bisa jadi bahan pertimbangan dan kesiapan mommies juga anak dalam rutinitas atau kegiatan sehari-hari, karena eh karena level TK atau RA ini anak-anak masih butuh dampingan orangtua ketika melaksanakan kegiatan diluar. Sehingga buat moms yang punya bayi atau balita untuk mempersiapkan diri mengantar, menemani ketika memang anak-anak perlu dampingan di kegiatan sekolah. Beberapa kegiaatan diluar sekolah diantaranya adalah :

1. Manasik Haji

Kegiatan tahunan di RA yang memang sudah wajib sesuai ketentuan Kemendag adalah manasik haji. Manasik haji ini wajib untuk level B atau TK B, dilakukan serentak sesuai daerah ya. Saat itu Nada mekakukan manasik haji di Pd. Gede Jakarta. Tentu ini membutuhkan biaya diluar SPP ya moms, karena perlu untuk biaya transpot, snack, tiket masuk, dsb. Saat itu biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp. 350,000-400.000-an. Sudah semua, termasuk tiket masuk ke Ragunan karena setelah acara manasik, para wali murid sepakat untuk 'sekalian' jalan-jalan ke Ragunan.

Orangtua tentu tidak ikut masuk ya, menunggu di parkiran. Alhamdulillah saat itu Ara dititip ke ambu-nya sehingga aku lebih leluasa dan fokus pada Nada. Disana banyak yang berjualan ya mommies jadi jangan khawatir kelaperan, hehe. Banyak yang jual mainan anak-anak juga jadi waspadalah, wkwk.

Oia, di Manasik ini anak-anak juga dapat foto manasik dan piagam yaa tentunya setelah manasik ini dilaksanakan. Tujuannya memang mengenalkan sejak dini dengan rukun islam yang ke 5. Anak-anak jadi haji dan hajjah cilik, hehe. Semoga kelak besar nanti anak-anak bisa 'beneran' ibadah haji ke Mekkah ya, aamiin.

2. Lomba RA di Ancol

Kegiatan Lomba se-RA juga rutin diadakan setahun sekali. Kalau ini level A dan B ikut semua. semua anak di optimalkan untuk ikut lomba, karena jenis lombanya juga banyak tentunya. Saat itu Nada kebagain lomba nyanyi bersama teman-teman segrup-nya. Saat itu dari sekolah mengikuti 5 lomba ; menyanyi, menari, shalat, hadist dan permainan bola. Alhamdulillah disemua bidang tersebut sekolah mendapat juara. Masya Allah barakallah anak-anak hebat juga guru-guru yang keren sudah membimbing anak-anak sampai juara. 

Tim lomba nyanyi bersama
Kegiatan Lomba di RA juga membutuhkan biaya diluar SPP ya moms, karena perlu transport, snack, tiket masuk juga, dll. Saat itu biaya Lomba RA ini kurang lebih Rp. 400.000-an. Biaya setiap sekolah juga mungkjin berbeda ya moms karena disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing sekolah dan anak-anak. 

Karena lombanya di ancol jadi setelah selesai kami lanjut jalan-jalan disana, melihat berbagai show binatang. Saat itu menjadi memorable sekali karena aku membawa Ara juga, satu dan lain hal tidak bisa dititip dulu jadi dibawa deh, hehe, cerita lengkapnya disini.

3. Berkunjung ke Pemadam Kebakaran

Saat Nada TK A dan TK B berkunjung ke pemadam kebakaran ini jadi 2x selama di RA 2 tahun. Ini juga cukup berkesan ya buat anak-anak karena naik mobil pemadam kebakaran dan akhirnya maina air, hehe. Biaya ke pemadam kebakaran ini cukup murah ya kurang lebih Rp.60.000-100.000-an, sudah dapat makan juga. Karena kunjungan ini ke pemadam kebakaran yang dekat sehingga orangtua bisa langsung mengantar anak-anak kesana.

4. Berkunjung ke Pizza Hut

Inipun sama, diikuti saat level A dan level B, jadi 2x dalam 2 tahun. Oia kegiatan ini optional sih, maksudnya kepala sekolah mengajak orangtua murid untuk rapat apakah mau outing ini/tidak perlu. Kebetulan saat itu kebanyakan orangtua murid setuju untuk diadakan outing ke pizza hut. Biaya belajar sambil bermain ke pizza hut ini kurang lebih Rp.60.000-100.00-an sudah dapat makan, bingkisan juga sertifikat.

5. Senam Bersama

Senam Bersama se-RA ini baru diadakan lagi setelah pandemi, saat itu lokasinya di Jakarta Barat. Ada seragam juga untuk acara ini, saat itu biaya yang perlu dibayarkan kurang lebih Rp.150.000-200.000-an sudah termasuk stelan olahraga anak dan makan. Acara ini full ditemani sih, jadi kami sekeluarga ikut sampai acara selesai, tentunya menunggu di selasar-selasar lapangan. Ada banyak stand juga disana. 

6. Acara Jalan-jalan Perpisahan 

Acara Jalan-jalan perpisahan ini Nada ikut 2x ketika level A dan level B, karena wajib ikut juga di sekolah Nada. Saat itu kami jalan-jalan ke Taman Safari Indonesia, biaya yang perlu dibayarkan saat itu kurang lebih Rp.750.000-an itu sudah termasuk tiket masuk, snack, transport anak dengan 1 pendamping. Saat Nada level A dulu kami ikut semua sekeluarga karena saat itu Ara masih bayi dan masih asi ekslusif sehingga ditemani ayahnya yang ijin ke kantor, cerita lengkapnya bisa baca disini ya.

Nah yang perpisahan level B kemarin, Nada didampingi aku saja, Ara titip Ambu Ats. dan ayah Bilal kerja sedang sibuk-sibuknya tidak bisa diganggu, wkwk. Alhamdulillah walau sudah 3x kesana, Nada sudah 2x kesana tapi tidak pernah bosan sih. Banyak wahana dan show yang gak bisa ditonton hanya 1x datang kesana. 

7. Acara Wisuda

Foto bersama Dewan Guru dan Wali Murid B1

Acara wisuda TK ini kemarin sempat jadi polemik ya, hehe. Nada dan teman-teman di RA Al-Hikmah kemarin juga mengadakan panggung pentas seni dan wisuda, alhamdulillah semuanya happy. Diawali dengan tampilan anak-anak menari, hafalan, menyanyi, dll. Diakhiri dengan wisuda ala-ala alhamdulillah momen yang berharga bukan hanya untuk anak-anak tapi juga oranngtua-nya. Untuk biaya acara wisuda ini aku benar-benar lupa moms, hehe. Tapi tetap ramah dikantong kok.

Nada tampil menari maumere dan memainkan angkung berama teman-teman.

Semua kegiatan sekolah ini sebelumnya pasti diinformasikan oleh kepala sekolah dan beberapa kegiatan juga atas kesepakatan bersama orang tua siswa. Alhamdulillah anaknya sekarang sudah SD, semoga momen saat di RA menjadi memorable buat anak-anak ya moms.




Comments

  1. Ohh jadi tahu ada sekolah setingkat TK tapi lebih ke ajaran Islam ya mba. Rasanya di Deket rumahku ga ada, makanya anak2 aku masukin ke TK regular.

    Tapi kegiatan2 seperti yg mba tulis di atas, itu pasti berkesan buat anak2. Seru juga sih, sampa ke taman safari segala. Mahal, tapi memang worth it. Aku aja ga bosen2 kesana 😄

    ReplyDelete

Post a Comment