Periksa Gigi di Casadienta

Assalamualaikum,
Bulan puasa tahun ini merupakan puasa terberat karena masih menyusui dan sakit gigi, Masya Allah. Jadi gigi bawah sebelah kiri sudah mulai sakit di awal puasa tapi tidak terlalu signifikan sakitnya dan hilang timbul. Memang ada lubang sedikit, ketika selesai makan langsung sikat gigi dan kumur-kumur aja sudah langsung hilang sakitnya. Pertengahan bulan puasa udah mulai minum obat penahan nyeri karena sakit gigi dan kumur-kumur gak mempan, sakitnya juga sudah mulai gak mau hilang. 

Udah ancang-ancang mau ke dokter gigi tapi saat itu suami sedang sibuk-sibuknya jadi aku coba tunda karena anak-anak gak ada yang jaga. Dan lagi sebentar lagi mudik juga, jadi bisa periksa gigi di Bandung saja. 

Sampai di waktu mudik dan sudah di Bandung 1 minggu sebelum lebaran tapi kok gigi jadi aman sih? Mulai deh maju mundur lagi ke dokter gigi. Jadi sakitnya seperti awal, hilang timbul dan tidak terlalu signifikan, sikat gigi dan kumur-kumur sudah langsung hilang. Tapi ternyata H-2 mau lebaran dong mulai sakit Masya Allah pake banget, jadi terus terusan minum obat penahan sakit dan antibiotik. 

Baru pertama kali ngerasain sakit gigi yang sakit nya itu sakit banget sampai kepala dan leher itut sakit banget. Sampai nangis sesegukan juga karena sakit banget, Masya Allah. Diliatin anak-anak malu sih tapi ya gimana bener-bener sakit. Waktu itu sempet kumur-kumur pakai air anget dan ternyata tambah sakit 🥴. Coba kumur kumur pakai air dingin, alhamdulillah mendingan. Tapi tetep gak bisa ditahan sih sakitnya, kayaknya obat dan antibiotik pun gak ngaruh saat itu. Akhirnya memutuskan untuk ke dokter. 

Cari-cari dokter gigi juga bingung karena gak punya langganan dan jarang sekali ke dokter gigi semenjak gigi yang ditambal dulu itu dicabut. Akhirnya coba tanya-tanya teman, dan ada beberapa rekomendasi. Aku coba yang terdekat dulu aja sama rumah. 

Periksa Gigi di Casadienta

Jadi malam pas sakit banget itu aku langsung jalan ke klinik gigi Casadienta, lokasi nya yang paling dekat dari rumah yaitu di linggawastu, dekat balai kota Bandung.


Pas sampai disana ternyata harus booking dulu, gak bisa langsung. Memang ada beberapa orang yang sedang nunggu antrian disana. Akhirnya aku booking jadwal untuk besok pagi jam 10,00.

Jadi disana harus booking dulu bisa via online juga bookingnya. Nanti isi data termasuk mau dengan dokter siapa, admin nya memberi list nama-nama dokter yang praktek pada hari dan jam tersebut. Karena baru pertama buatku dan gak tau juga dokter mana yang cocok. Akhirnya aku minta pilihan saja oleh admin nya. Dokter mana saja yang free. 

Malam nya aku tidur dengan terus berdoa biar sakitnya terus mereda. Alhamdulillah bisa tidur cukup juga malam itu. 

Pemeriksaan Gigi Pertama

Pagi nya gak sabar pengen ketemu dokter 😅. Aku sampai jam 10,00 kurang, langsung ke resepsionis dan diberitahukan bahwa yang akan menangani gigi ku adalah drg Enan. Aku diminta menunggu di lantai atas. 

Sambil menunggu, aku lihat-lihat suasana di klinik yang nyaman, bersih dan kids friendly juga. Ada ruangan khusus untuk pemeriksaan gigi anak dan ada playground kecil untuk tempat nunggu anak-anak. 
Kalau anak-anak ikut pasti happy nih, hehe.
Tidak lama menunggu, aku di panggil untuk masuk ruangan. Seperti biasa interview singkat dulu oleh dokter sebelum duduk di kursi astronot 😆. Dokter Enan mulai meminta untuk aku duduk di kursi astronot dan ketika melihat gigi yang sakit dokter berhenti memeriksa dan bilang  "teh ini saraf nya sudah kena, jadi kita beresin dulu ini saraf-saraf yang kena ya. 2-3x pertemuan baru bisa tambal permanen". 
Ternyata yang bikin teramat sakit adalah saraf gaes, kena saraf dan ternyata gak hanya satu saraf tapi ada beberapa yang kena kata dokter. Aku sampai bilang "pantes dok sakit banget, masya Allah. Baru pertama sakit gigi yang bener-bener sejarah ini sakitnya". Dan dokter sambil tersenyum bilang "iya teh karena kalau kena saraf memang sakit banget".

Drg. Enan memberitahu juga untuk hari ini akan diberi obat di dalam gigi yang berlubang nya untuk mengatasi saraf yang kena dan ditambal sementara. 2 minggu lagi perlu kontrol lagi untuk memastikan tindakan selanjutnya. Sekitar 30 menit di dalam ruangan tindakan. Aku keluar dengan sumringah karena bener-bener hilang sakitnya setelah dokter tangani. Bener yaa kekuatan dokter, wkwk.
Lagi nunggu sambil deg-degan.
Selesai, aku kembali ke resepsionis. Sebelum memberikan tangihan resepsionis akan mengulang list tindakan apa saja yang sudah dilakukani ruang drg tadi sambil menyebutkan rincian biayanya. Untuk saat itu, pemberian obat dan tambal sementara aku mengeluarkan biaya 350,000.

Lebaran yang Hati-hati

Lebaran bener-bener dijaga banget makannya, gak bisa haphaphap kayak tahun lalu, wkwk. Aku menghindari makanan keras dan alot juga, padahal pengen banget makan rendang 😅. Makan pun pakai gigi sebelah kanan, tapi agak susah karena sebelah kanan gigi belakang sudah gak ada juga. Kasus nya sama, lubang yang semakin lama semakin luas dan terlalu sering lepas tambalan, jadi bulak balik dokter gigi, itu yang melelahkan. Akhirnya aku tanda tangan persetujuan cabut gigi. Dan akhirnya sekarang menyesal sih.

Hilang satu gigi aja rasanya makan gak enak lho, lebih susah dan lama ngunyah makanan. Memang ya, rezeki sehat itu paling mahal, punya gigi sehat itu rezeki yang Masya Allah tidak ternilai. Jadi sekarang, aku mau usahakan tetap menggunakan gigi yang sakit ini sih. Maksudnya gak akan di cabut dulu, kita ikhtiar obati dan tambal dulu, walau harus bulak balik dokter gigi. 

Pemeriksaan Gigi Kedua

Setelah seminggu berlalu, aku memutuskan untuk kembali kontrol gigi ke klinik Casadienta sebelum balik ke Jakarta. Sehari sebelumnya aku sudah booking untuk bertemu jadwal drg Enan, karena awal sudah ditangani oleh beliau jadi aku mau melanjutkan dengan drg yang sama. 
Lorong di lantai 2.
Setelah berbincang sebentar, dokter kembali memeriksa dan ternyata masih ada saraf yang belum mati. Sehingga aku kembali harus diberi obat didalam gigi untuk mematikan saraf ini. Namun sebelum itu, dokter meluaskan dulu gigi yang berlubang tersebut karena sulit untuk menjangkau saraf yang kena. Proses itu yang cukup lama sih, karena dokter benar-benar harus teliti mengerjakan nya. Cukup pegal momen itu, alhamdulillahnya dokter pengertian dan ramah, istirahat dulu dari nganga, wkwk. Hampir 2 jam di dalam ruangan, alhamdulillah bisa selesai dengan lebih lega juga. 
Kamar mandi lantai atas, bersih nyaman.
Dokter menjadwalkan kunjungan selanjutnya di 2 minggu lagi, namun aku minta rekap medis saja untuk melanjutkan di Jakarta nanti. Katanya kalau yang sekarang sudah bersih/steril, next kunjungan bisa langsung ditambal permanen.

Selesai, ke meja resepsionis dan kembali di rekap tindakan apa saja yang dilakukan dan biaya nya. Biaya kali itu mencapai 550,000, Masya Allah ya, sehat itu mahal. Padahal baru 1 gigi aja yang sakit dan yang ditangani 😆.
Ruang periksa anak ada di lantai 2.
Di klinik Casadienta pelayanannya ramah dan nyaman juga tempatnya. Selain itu fasilitasnya lengkap dan rincian harga bisa ditanyakan terlebih dahulu sebelum tindakan. Bisa cek juga medsos nya, banyak promo-promo menarik juga disana untuk perawatan gigi. 
Ditemenin ayah Bilal kemanapun, kapanpun, Sarangeo 🤍.
Selesai kunjungan kedua alhamdulillah tidak merasakan sakit lagi sampai sekarang, tetep masih PR buat kontrol lanjutan disini untuk tambal permanen. Lagi cari-cari klinik gigi yang cocok juga cari waktu libur ayah Bilal biar ada yang jagain anak-anak. 

Semoga gigi-gigi kita semua sehat-sehat terus ya gaes 😁.

Comments

  1. Gigi berlubang tuh emang kudu bolak balik perawatannya. Kalau periksa mandiri ya gitu.. Biayanya bisa jutaan utk 1 gigi. Saya juga gitu. Makanya BPJS saya, saya manfaatkan hanya utk gigi.. Xixixi.. Atau kalau ga nau ke drg ya kudu dirawat dengan baik.

    ReplyDelete
  2. Gak bisa disangkal kalau sakit gigi itu lebih membuat penderitaan besar daripada sakit hati ya *meringis* Duh kebayang ga enaknya pas Lebaran malah kena sakit gigi. Semoga utk seterusnya, giginya gak ngambek lagi ya.

    ReplyDelete
  3. akupun akan bereaksi seperti mba ketika berkunjung ke dokter gigi, ada sensasi gugup dan rasa panik campur aduk semuanya

    ReplyDelete
  4. Salfok sama tampilan kliniknya yang elegan dan playground anak yang cakep banget, ahaha. Kayanya anak-anak kalau ke sini bisa sedikit berkurang ketakutan untuk ke dokter giginya ya mbak.

    ReplyDelete
  5. Tempatnya anak2 pasti demen ini yaa.. Tp sakit gigi mah enggak enak ya mba apalagi udah kena saraf dan udah pasti kudu bolbal alias bolak balik. Demi kesehatan gigi gpp yes. Sehat2 ya mba. Alhamdulillah bisa berobat gigi akhirnya, ngerti rasa sakit gigi sama2 sakit seperti sakit hati huaaa

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang aku agak trauma ke dokter gigi gara-gara pernah cabut gigi ketika masih kuliah demam satu minggu, entahlah mungkin saat itu kondisi tubuh kurang sehat. Kadang gigi bermasalah tapi setiap kali mau berkunjung ke dokter gigi, tubuh langsung panas dingin. Baca artikel ini jadi nyaman ternyata urusan gigi apalagi di zaman sekarang ngak seseram itu ya.

    ReplyDelete
  7. Waw tempat kliniknya, dibuat nyaman biar gak terlalu nervous ya. Dulu bapak pernah kerja di klinik dr.gigi. Sebagai anaknya yang hanya nunggu bapaknya pulang kerja aja, saya ikutan cemas macam pasien.

    Ngomongin gigi, emang benar ya, satu onderdilnya aja hilang, sedihnya bukan main. Kudu banget dijaga. Udah gitu di usia yang makin tuir begini, saya kok malah doyan ngemil, jajan, bikin yg manis2. Duh semoga aman dan sehat aja lah gigi-gigi kita semua.

    ReplyDelete
  8. Puasa sakit gigi itu sebuah pengalaman yang sulit dilupakan, pastinya ya. Oh, di sana jadi kita booking dokter sehari sebelumnya ya. Gak bisa on Day pas kita daftar/datang

    ReplyDelete
  9. Tempatnya nyaman banget Mbk, jadi mau juga cek gigi, kebetulan merasakan banget ini gigi perlu dibersihkan dan gigi anak perlu dicek juga.

    ReplyDelete
  10. Masha Allah klinik dokter giginya gemes banget sih. Ini kalau ajak anak periksa gigi mah pasti langsung capcus ya. Tempatnya bersih nyaman dan menyenangkan.

    ReplyDelete
  11. klinik giginya cakeeep. Kebayang sih anak-anak memanjat trus main perosotan di sana sementara ibunya deg-degan mau jadi astronot. *eh gimana

    memang mbaa biaya gigi ini masya Allah yaa, kerasa banget. Kami tim puskesmas jadi lumayan biaya bisa ditekan, soalnya yang bolak-balik ke dokter gigi ada 2 orang nih yang tambal gigi.

    ReplyDelete
  12. Anganku langsung membawa ke zaman kuliah di Samarinda.
    Sakit gigi alias gigi berlubang geraham atas sebelah kanan.

    Dulu itu aku ingat, masih belum telaten merawat gigi, terutama soal menyikat gigi sebelum tidur.
    Sering skip.
    Alamak.
    Please, please. Tidak untuk ditiru ya!

    Masya Allah itu sakitnya!
    Kalah dong sakit hati.
    Wkwkwkw.

    Pengen tahu selanjutnya periksa gigi lanjutan di Jakarta, euy!
    Kira-kira, ntar ada lanjutannya kan ya, Mak Hikmah?

    ReplyDelete
  13. Woah tahu banget rasanya sakit gigi mak. Ampek nungging nungging aku nangisnya, sangking sakitnya. Semoga anak anak kita jangan sampai ada yang ngalamin ya Mak. Kasihan.

    ReplyDelete
  14. iya mba perawatan gigi itu memang mahal. ampun banget kalau udah sakit huhu, sakit semua seluruh tubuh ga bisa ngapa-ngapain, bawaan emosi aja. (riafasha.com)

    ReplyDelete
  15. Sakit gigi tuh emang sesuatu banget ya, Mbak.. aku udah pernah sekali merasakan, dan akhirnya ditambal juga.
    Btw kliniknya bersih dan tampak nyaman banget, ya. Tempat buat anak-anak juga nyaman banget tuh kayaknya :)

    ReplyDelete
  16. Sakit gigi memang bikin mewek banget sii..
    Selain istighfar, kudu banyak-banyak nahan diri buat makan makanan manis. Huhuhu.. ini komen berasa buat aku sendiri. Tapi jadi kenalan sama klinik gigi Casadienta yaa.. Karena aku juga di Bandung, semoga gak ke klinik buat berobat, tapi buat scalling gitu, bisa juga ya.. Haturnuhun , kak.. Syafakillahu, lekas sehat kembali.

    ReplyDelete
  17. Sakit gigi itu menyiksa banget. Saya pernah sampai nangis-nangis. Minggu kemarin saya juga ke klinik gigi buat nambal gigi sebelum jauh bolong lagi. Asli dah rasanya ngilu banget. Untungnya kliniknya nyaman.

    ReplyDelete
  18. Gak enak banget rasanya sakit gigi. Dulu saya jg pernah mengalaminya. Karenanya lalu jadi rajin gosok gigi teratur. Tapi gosok gigi saja kurang, wajib periksa rutin ke dokter gigi juga kan

    ReplyDelete
  19. Mungkin itu sebabnya ada lagu, "lebih baik sakit hati daripada sakit gigi" eh terbalik yah? hahaha.
    Sakit gigi inilah yg berhasil menurunkan berat badanku sampai 3 kg. Bayangin, tidak bisa sembarang makan , sembarang ngunyah dsb. Wajib ke dokter ini buat periksa gigi.

    ReplyDelete
  20. Aku baru mau periksa gigi lagi nih mak setelah perawatan akar gigi. Lama ga kontrol gigi lagi. Baca artikel ini jadi masukin jadwal untuk ke dokter gigi

    ReplyDelete
  21. Ya ampuuun Mbaaa, aku bacanya kayak ikutan ngiluuuu 😭. Soalnya tau BANGETTTT kalo gigi sampe sakit seperti apa. Dulu aku langganan ke dokter gigi dari SD Ampe SMU 🤣. Kayak udah traumaa Ama dokter gigi jadinya.

    Semoga aja ntr dapet dokter gigi yg cocok ya mba. Memang kyk cari jodoh sih dokter gigi itu 😅

    ReplyDelete

Post a Comment