Pengalaman Menginap di Mercure Hotels Jakarta

Assalamualaikum,
"Liburan bersama keluarga selagi bisa, ajaklah anak-anak berlibur selagi mereka kecil".
Mindset itu yang selalu tertanam di sebuah pelatihan parenting di 10 tahun lalu. Betul! Saat masih gadis dulu, aku begitu semangat mengikuti seminar pranikah dan parenting padahal saat itu belum mau menikah juga. Namun, memang peminatanku dari dulu suka belajar parenting walau aplikasinya sekarang ini masih sering trial error tapi bismillah terus berlatih.

Seorang psikolog senior yang berfokus pada anak dan keluarga saat itu memaparkan bahwa betapa pentingnya kita berlibur bersama anak-anak dan pasangan. Dibandingkan membeli mainan atau fashion anak yang konsumtif, uangnya/budgetnya untuk berlibur itu jauh lebih baik.

Selama kurang lebih 7 tahun di Jakarta kami belum pernah staycation di Ibu Kota. Mindset nya kalau Ibu Kota itu tempat kami merantau nyari cuan, kalau libur ya pilih ke Bandung atau ke Bogor gitu. Padahal sekarang sudah banyak tempat wisata keren-keren di Jakarta dan banyak yang gratis juga lho.

Menginap di Mercure Hotels Gatot Subroto

Di akhir tahun 2022 kemarin di tanggal 13 Desember kami dapat kesempatan menginap 1 malam di Mercure Hotels Gatot Subroto. Perdana staycation di Jakarta karena memang hari kerja bukan hari libur dan lagi dekat dengan tempat tinggal kami sehingga suami tidak perlu menggambil cuti.

Kami berangkat sore seusai suami pulang kerja menggunakan motor, karena jarak memang dekat dan kami berangkat di jam-jam pulang kerja pasti akan macet sekali jika menggunakan mobil. Pertimbangan lainnya, kami hanya 1 malam saja disana, besok siang sudah pulang lagi, sehingga tidak terlalu membawa banyak barang untuk staycation disana.

Benar saja! macet sekali dijalan pada saat itu, alhamdulillah lebih satsetsatset karena pakai motor. Perjalanan kurang lebih 45 menit karena kena macet, kita sampai juga di Mercure Hotels, alamat lengkapnya di :
Jl. Gatot Subroto No.Kav. 1, RT.2/RW.2, Kuningan Bar., Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12710
Mengantri check in.
Sampai disana, suami langsung check in. Sambil menunggu kami duduk-duduk di loby yang cukup luas juga, ada beberapa jenis sofa yang disediakan disana. Nada mengambil brosur dan mencoba membacanya, btw Nada masih belajar baca, hehe. Karena pada saat itu bertepatan dengan bulan Natal sehingga ada pohon Natal, Nada dan Ara asik sekali mendekati dan memperhatikan pohon Natal yang penuh dengan hiasan warna-warni. Di loby-pun anak-anak sudah happy sekali, mungkin memang vibes nya liburan, padahal dekat dan cuma sebentar tapi tetap bikin happy kan? hehe.

Setelah selesai, kami langsung menaiki lift untuk langsung ke kamar yang berada di lantai 11. Ekspresi anak-anak yang heboh sekali ketika masuk kamar, Nada Ara langsung lari melihat fasilitas di kamar, tidak lupa loncat-loncat di kasur dan mainin telphone hotel, suami langsung berbegas cabut kabelnya, kalau tidak, akan menggangu orang lain nantinya, wkwk.

Excited sekali karena kami dapat kamar yang ada bedtub-nya, fasilitas lengkap dan cukup luas juga. Kamarnya tipe :
Suite Studio Executive dengan 2 tempat tidur single. Kamar seluas 40 m² memiliki ruang yang tenang dengan 2 tempat tidur twin yang nyaman. Setiap kamar dilengkapi dapur kecil, TV 40 inci, dan kamar mandi dengan bedtup dan shower.
Foto dari pintu masuk kamar
Anak-anak langsung pengen berenang di kolam renang hotel. Namun saat itu sudah terlalu sore, sekitar pukul setengah 6 sore, sehingga kami cancel dan agendakan besok pagi berenang di kolam renang hotel. Saat itu anak-anak berendam di bedtub sekalian mandi sore, alhamdulillah happy sekali anak-anak.

Badtup disekat kaca langsung ke kamar
Asik berendam, bermain air hangat ditambah busa, anak-anak tidak mau udahan, wkwk. Setelahnya kami shalat magrib dikamar sedangkan suami di mushola hotel sekalian beli makan malam diluar. Kami makan malam bersama didalam kamar sambil bermian-main, anak-anak asik menonton kartun sambil bulak-balik kayak setrikaan. Terutama Ara, karena Ara baru bisa jalan sehingga excited sekali jalan-jalan terus apalagi mungkin ini ada ditempat dan suasana baru yang super nyaman, alhamdulillah.
Sekitar pukul 21,00 kami meingajak anak-anak untuk tidur. Saat itu anak-anak menolak untuk tidur terlebih teteh Nada, masih pengen nonton dan asik mainin telpon. Ara sudah kelelahan sehingga aku nenenin sudah langsung tertidur, disusul Nada yang juga yang sudah tidak sabanr ingin benerang besok pagi sehingga buru-buru tidur, hihi.

DeepTalk dengan Pasangan

Setelah anak-anak tidur, aku dan suami we time dengan mengobrol bersama, diselingi dengan guyon tentang harapan dan cita di tahun 2023 mendatang. Ada yang ingin kami capai di tahun depan, ada yang kami harapkan segera terwujud di 2023. Tidak hanya sekeda berangan, kami juga saling berdiskusi, merencanakan, mengikhtiarkan, saling menguatkan, karena kegagalan muncul bertubi-tubi di hari-hari kemarin. Ingin menyerah? rasanya tidak, masih banyak harapan yang kami gantungkan pada Rabb kami, kami selalu yakin dan percaya Allah akan menggantinya dengan kebaikan dan hal yang jauh lebih baik di kemudian hari. Tugas kita hanya perlu ridho atas ketetapan-Nya dan terus mencari ke-Ridhoan-Nya.

Kali ini kami deeptalk bukan dirumah, suasana baru membuat semangat dan mood baik juga. Entah rasanya kami seperti di-charge oleh suasangan dan obrolan saat itu. Sambil melihat anak-anak tertidur, sambil meminum teh hangat kami saling menguatkan. Aku sangat sadar bahwa hal ini sangat penting dalam hubungan rumah tangga, sesekali cari suasana baru untuk sekedar mengobrol dengan pasangan.

Suasana Pagi Hari

sebelum anak-anak bangun, Ibu ngopi dulu
Pagi hari datang, diawali shalat subuh dan sarapan, anak-anak sudah tidak sabar berenang. Saking antusiasnya, anak-anak bangun pagi sekali saat itu. Kami main-main dan nonton dulu sebentar sambil melihat pemandangan pagi Ibu Kota yang Subhanallah, Masya Allah indah sekali.

Pagi masih terlihat kabut samar-samar namun tidak menutupi pemandangan gunung-gunung yang terlihat sejauh mata memandang. Cuaca cerah saat itu, gunung masih terlihat dengan jelas karena belum tertutup asap polusi di pagi hari. Jika sudah agak siang dan macet, pemandangan indah ini sudah tertutup dengan asap.

Nada menikmati pemandangan
Kami melihat betapa indahnya Ibu Kota dengan terus menyebut kuasa Allah. Salah satu kesempatan bagiku untuk mengungkapkan kebesaran Allah lewat keindahan alam yang anak-anak lihat. Berlibur membuat mood meningkat, ketika hati bahagia maka ilmu yang diajarkan/didapatkan akan lebih mudah menyerap dalam otak. Salah dua alasan lagi mengapa penting liburan bersama keluarga.

Anak-anak menunggu sarapan

Renang, Yey!

Tidak sabar mau berenang, namun syarat harus sarapan dulu karena kalau tidak bisa-bisa masuk angin karena air kolamnya dingin. Setelah semua selesai sarapan, kami berbegas ke lantai kolam renang. Aku mempersiapkan baju renang dan baju salin suami dan anak-anak saja karena tugas ibu hanya mendokumentasikan, wkwk.

Kolam renangnya tidak begitu luas, kedalamanya sekitar 1,5 meter, untuk anak seusia Nada masih terlalu tinggi. Berenangnya jadi digendong ayah dua-duanya, wkwk. Disediakan pelampung seluncur juga disana namun Nada belum berani untuk bermain sendiri walau ada pelampung. Ara tidak lama nyebur dan main air langsung mengigil karena airnya dingin, ditambah berenang di pagi hari dan tempatnya terbuka jadi angin masuk cukup kencang.
Disebelah kolam renang ada fasilitas fitnes juga, Nada dan ayah juga mencoba beberapa alat fitnes karena Nada penasaran ingin coba. Ara, jalan sana, jalan sini sambil ditemani angin semeliwir dan suara kendaraan yang mulai padat memenuhi jalanan utama Jakarta.
De Ara lagi santai.
fitnes center
Sekitar pukul 10,00 kami kembali ke kamar, mandi dan nonton kartun. Aku sudah mulai bebenah untuk pulang karena suami masuk kerja juga siangnya. Sekitar pukul 11,00 kami cekout. Alhamdulillah staycation yang kilat namun cukup berkesan dan membuat kebahagiaan juga kenangan yang tidak dapat tergantikan.

Harga Kamar Hotel

Oia, range harga untuk hotel bintang 4 dengan kamar Suite Studio Executive dengan 2 tempat tidur single di 1,300,000-1,500,000/malam. Wort it dengan fasilitas dan tempat di tengah Ibu Kota.
Uang bisa dicari namun waktu bersama komplit sekeluarga dan kenangan bersama mereka tidak selalu ada. Selagi kita diberi kesempatan bersama-sama, kesehatan juga waktu luang, kenapa tidak dimanfaatkan membuat kenangan yang menyenangkan dan berharga bukan?.
Jangan 'pelit' kalau urusan pengalaman, jangan 'betah' di satu tempat saja. (Wina Risman)

Comments

1. Kami juga lebih suka abisin duit buat jalan2 dan makan bareng. Pemandangan sekitar hotelnya sangat menakjubkan, ya

ReplyDelete
  2. lumayan worth it ya untuk bisa staycation di tengah kota kalau kebetulan belum bisa keluar kota, mau coba menginap di Mercure hotel Jakarta ah. Paling suka sama konsep kamarnya yang nyaman plus ada bathtub yg modern ya

3. Wah memang stayvacation di hotel juga menyenangkan , apalagi fasilitas lengkap, gak perlu pergi jauh2

4. seneng banget ada kolam renangnya dan masih sepi ya karena masih pagi, jadi bisa leluasa renang meskipun dingin

ReplyDelete
  5. Sama nih, dulu pas anak-anak kecil sampai kamar hotel langsung cabut kabel telpon kwkw
    Btw, asyik banget bathtub-nya, juga view Jakarta dari jendela. Happy deh Ara Nada dan tentu Ayah Bundanya. Sehat selalu semua

6. Mercure yg di Gatsu aku agak lupa nih lokasinya..

Chained hotel Mercure aku juga sukaaa mba. So far tiap stay di Mercure ataupun grand mercure, selalu puas. Kamar nyaman, sarapannya enak.

Apalagi kalo dpt yg pakai Bath-tub, anak2 bisa puas mandi di situ Krn terkadang mereka pun ga kuat berenang lama di pool kalo terlalu dingin 😄

Setujuuu banget Ama quote nya. Buatku juga ngeluarin uang utk jalan2 bersama kluarga, itu penting. Ngasih pengalaman ke anak2. Skr pun tiap mereka ultah hadiahnya kebanyakan minta ngetrip atau at least staycation 😄. Aku malah seneng, drpd beli mainan yg cuma berapa kali dimainin trus bosen

ReplyDelete
  7. Walau cuma semalam di mercure tapi udah dapat banyak ya mbak, deeptalk sama suami dengan suasana baru, anak-anak juga dapat kesenangan dan pengalaman baru. Yup uang bisa di cari, tapi pengalaman dan kesenangan pun harus diusahakan

8. Asik yaa kamarnya. Anak2 seneng banget, bisa main di bath tub, juga di kolam renang, ahaha. Puas main air yaa

9. Bahagianya lihat anak main di kolom renang hotel mercure walaupun harus di gendong paksi

ReplyDelete
  10. Worth it maak...aku setuju banget sih sejak aku nikah jg sepakat bepergian bareng anak meski rempong soale kan ada to maak kemana2 anak gadiajak dg alasan repot takut kenapa2 kena angin dkk (gusti yeni)

11. Ingin banget menikmati Jakarta dengan cara seperti ini bersama keluarga. Jangankan anak anak, aku aja ya senang kok mba. Hahaha. Beneran abis liburan gini, mood happy meningkat pesat 😃

12. Harva segitu kalo fasilitqsnya oke ga rugi ya mbak. Jd puas staycation sama krluaega anak2 seneng bis berenang sepuasnya. Pemandangn dr jendela kmar pun juara

13. Mba Nisa, kok aku jadi mupeeenggg 😁😂
    Dah lama bgt aku kagak staycation ama kluarga. Asyik bin seruuu bgt yak.

14. Dulu aku merasa aneh dengan staycation. Ngapain coba nginep di dalam kota? Tapi sekali waktu coba staycation di Medan (pas masih tinggal di Medan), ternyata asik juga. Sejak pindah ke Makassar belum pernah staycation lagi, soalnya alternatif tujuan di luar kota juga masih buanyaak yg belum dijelajahi. Kapan hari ada kesempatan staycation di sebuah hotel di sini (pas suami meeting di situ, jd bisa nebeng wkwkw). Tapi anak2 nggak mau, cuma dateng sore buat renang, abis itu balik. Eh ya, mercure jg ada di Makassar, tempo hari masuk sampai lobby doang hehehe.

ReplyDelete
  15. staycation gini walau dekat rumah tapi suasana baru jadi membawa semangat baru, bisa deep talk sama pasangan.
    akupun sepakat dengan menyempatkan liburan dengan keluarga mumpung masih bisa, ada rezeki. Ga harus ke luar negeri atau luar kota, yang penting waktu berkualitas dengan keluarga.

16. Saya jadi kangen Staycation juga. Walau semalam juga menyenangkan. Dan ya, kolam renang selalu jadi andalan para anak-anak dan keluarga. Seruuu.

Ibu Kota memang tak pernah lengang ya. Padti macet..

ReplyDelete
  17. Senangnya staycation di tengah kota bisa mudah jalan-jalan ke tempat wisata atau tempat belanja hehe maklum rumahku di pinggiran jadi excited kalau ke mana-mana dekat. Pemandangannya keren ya mana kolam renangnya apik..happy deh anak-anak

18. Staycation tipis-tipis yang penting kebersamaan ya, Mbak. Anak juga kelihatan pada hepi. Kolam renangnya sepi lagi. Aku suka yang kaya gitu

19. Alangkah happynya bisa ngobrol ama suami plus menikmati penginapan dengan suasana berbeda ya anak-anak pasti happy juga ya

ReplyDelete
  20. Ahh senangnya bisa staycation bareng keluarga. Hotelnya juga mewah dan nyaman, jadi lepas penat dan relax ya mbak
    Keliatan banget anak2 senang sama fasilitas kolam renangnya

21. Ihhhh Dek Ara nyaman banget ya nyantai di kursi besar di Suite studio yang luas kamarnya. Sesekali staycation di ibu kota jadi membawa suasana berbeda dengan mengisi waktu ngobrol dan melakukan aktivitas bareng keluarga

ReplyDelete
  22. Seneng banget pengalaman menginap di Mercure Hotels Gatot Subroto.
    Lobinya sampai antri gitu ya.. Alhamdulillah, rame tapi kolamnya tetap sepi.
    Inget zaman pandemi, mau renang kudu di data dulu dan kapasitas ditentukan hanya beberapa orang.

Kini pandemi sudah berakhir dan aktivitas normal bisa dijalankan dengan protokol yang disesuaikan kondisi masing-masing.

ReplyDelete
  23. Mercure gitu lho... Cocok banget lah kalau buat nginap sama keluarga. Fasilitasnya lengkap dan relatif kids friendly ya mba

24. Salah satu hal yang paling menyenangkan saat staycation di hari kerja adalah, hotel tempat kita menginap sepi jadi kita bisa bebas melakukan banyak hal

25. Salah satu cara menikmati liburan zaman now adalah staycation. Nggak perlu keluar kota juga bisa, ya. Apalagi bisa kumpul bareng semua keluarga. BTW, aku suka kalimat kutipan di akhir artikelnya.