Ceritaku Belajar Babywearing

Assalamualaikum,
Sekitar 3 minggu setelah lahiran Ara aku memutuskan untuk belajar menggendong booking privat dengan konsultan babywearing bersertifikat. Sempat ada yang bertanya juga dan merasa aneh, ko menggendong harus belajar privat segala? Harus bayar segala?. 

Aku biasa aja sih karena yakin dulu belum banyak yang tau tentang konsultasi babywearing ini. Merasa menggendong menjadi hal yang biasa saja dan gak penting-penting banget jadi ya ngapain juga harus belajar?. Mungkin seperti itu ya anggapan kebanyakan orang dulu. 

Alasan Belajar Babywearing 

1. Tidak Bisa Menggendong

Saat anak pertama dulu, jujurly aku tidak bisa menggendong, apalagi pakai kain jarik, udah muter kesana kesini tetep gak nyaman bayinya. Jadi dulu saat bayi maunya di dekat aku benar-benar dekat oleh tangan tanpa gendongan. Alhasil, pegal sangat dan gak bisa ngapa-ngapain.

Awal-awal anak kedua lahir pun sama, belum bisa gendong jadi ya mengandalkan kedua tangan yang mendekap. Badan masih pemulihan after lahiran ditambah tangan pegal sekali gendong terus Ara, Masya Allah. 

2. Pola Bayi Baru Lahir

Pola bayi baru lahir yang inginnya didekap, selalu ingin dekat dengan ibunya. Ini juga sudah aku bahas di tulisan : Memahami Pola Bayi Baru Lahir. 

Bayi baru lahir merasa asing di dunia, sehingga dia butuh percaya. Hanya ibu-lah satu-satunya yang dia kenal sejak dalam kandungan. Bayi ingat suara detak jantung ibu, sehingga mengapa ia sangat takut jauh dari ibu. Dan lagi, makan/minum-nya yaitu ASI ada di ibu juga.

Bayi baru lahir memang butuh dekapan ibu, bukan semata-mata mengerjai ibu. Sehingga ibu harus benar-benar ada dan siaga untuknya saat ini. 

3. Punya 2 Anak

Dulu sih its okay karena baru punya anak 1, jadi fokusku memang cuma ke 1 bayi itu, pekerjaan domestik bisa di delegasikan. Lahiran anak kedua ini aku gak bisa 'gak ngapa-ngapain' karena ada anak pertama yang juga harus aku temani dan perhatikan. 
Walau usianya sudah 4tahun, tapi tetap masih butuh arahan dan perhatian.

Dengan bisa menggendong, kedua tanganku bisa free juga untuk beraktifitas nemenin anak pertama dan bagiku tetap aman dan nyaman dalam dekapan.

Privat Babywearing

Akhirnya aku memutuskan untuk privat menggendong dengan konsultan babywearing bersertifikat. Waktu itu aku via online karena masih kondisi pandemi dan konsultanku juga sama-sama sedang punya bayi sehingga agak repot kalau kita bertemu, Namanya teh Jesi, orang Bandung juga tapi rumah kami dari ujung ke ujung alias jauh juga,hehe. Akhirnya via online-pun jadi, saat itu lewat videocall whatsapp. 

Sebelumnya teh Jesi mengirimkan materi berbentuk PDF untuk aku pelajari dulu sebelum nanti ketemu via video call. Dalam videocall teh Jesi pertama-tama mengenalkan dan menjelaskan macam-macam gendongan, nah hal pertama yang perlu diperhatikan dalam menggendong adalah gendongannya, apakah aman atau tidak. Yang pertama dan utama adalah keamanan dulu buat bayinya. 

Ternyata gendongan yang aku punya termasuk yang kurang aman, karena ring nya terbuat dari besi yang bisa menyelip atau longgar. Hari itu praktek dulu gendongan jarik, karena baru pertama jadi aku belum berani gendong Ara, jadi sementara praktek pakai boneka dulu, hehe. Selanjutnya teh Jesi menjelaskan menggendong dengan gendongan ring. Tidak terasa sudah 2jam videocall, alhamdulillah sudah bisa aku tangkap dan cukup jelas penjelasan dan praktek dari teh Jesi. Tinggal kedepannya aku belajar benar-benar praktek menggendong bayi, hehe. 

Di 2 hari pertama mencoba, aku baru bisa menggendong dengan metode cradle carry. Alhamdulillah segini juga sudah pencapaian karena bikin simpul jariknya juga lumayan bulak balik karena masih belajar tea, hehe. 

Masih belum puas karena belum bisa untuk menggendong M-shape, agar tangan bisa free mengerjakan ini itu, terus latihan dan mencoba. Selama 4 hari aku terus trial error, selalu hati-hati dan pelan-pelan juga dalam mencoba gendong Ara. Setiap habis mencoba aku selalu fotokan dan kirim, minta feedback dari teh Jesi. Selalu ada koreksi, memang aku merasakan juga kurang nyaman menggendongnya. 

Akhirnya hari ke 5 mencoba lagi dan ah sepertinya ini betul deh, karena merasa pas dan nyaman menggendong Ara juga terlihat nyaman sampai tertidur. Aku kembali fotokan dan kirim untuk mendapat feedback, ternyata wow sudah berhasil, alhamdulillah..


Happy sekali saat itu akhirnya bisa juga, yey! Saat itu usia Ara 1bulan 2minggu ibu sudah bisa gendong M-Shape dan Ara tertidur dalam gendongan ibu tanpa nenen, bravo!. 

Sekitar 2minggu setelah itu aku memutuskan membeli gendongan ring yang aman. Selain untuk saling juga karena saat itu aku hanya punya 1 gendongan jarik. Tanpa trial and error dulu ternyata langsung bisa lho gendong dengan gendongan ring. 

Aku juga buat reels nya disini : Nyaman Menggendong

Manfaat Menggendong

Semakin sering menggendong semakin mahir, semakin merasakan kenyamanan, baik buat ibunya maupun baby-nya. Ternyata banyak sekali manfaat babywearing terlebih untuk tumbuh kembang bayi.


Salah satu yang utama adalah dengan babywearing membantu bayi lebih mengenal orangtuanya. Dengan babywearing bayi akan merasa dekat dengan suara orang yang menggendongnya, merasakan keamanan karena dekat dengan orangtuanya. Ini penting sekali karena tahap perkembangan anak yang pertama psikososial adalah trust vs mistrust. Bagaimana bayi membangun kepercayaan dan rasa aman terhadap dunia dengan pola pengasuhan dari orangtua atau hal ini ibunya. 

Dengan babywearing ibu dapat mendekap anak lebih dekat. Selain hal itu masih banyak sekali manfaat dari menggendong terutama dengan metode M-Shape. Jadi bagaimana, kamu mau mencoba belajar menggendong?



Comments

  1. Keren sekali mbak Nisa. Aku pun menggendong anakku sewaktu bayi, sempet les private juga karena takut salah gendong. Memang menarik banget ya.

    ReplyDelete

Post a Comment