3 Hal yang Harus Dipersiapkan dalam Menghadapi Persalinan

Assalamualaikum,
Alhamdulillah barakallah tabarakallah kembali bisa menyapa di blog setelah sekitar kurang lebih 2 bulan off dulu karena persalinan dan pemulihan serta adaptasi peran baru, yaitu ibu anak 2, hehe. 

Masya Allah, Allah beri kekuatan kemudahan atas semua yang dijalani sampai dengan saat ini. Begitu besar nikmat yang Allah beri. Sudah lama sekali ingin bercerita di blog, akhirnya setelah semua dirasa sudah stabil alhamdulillah sekarang bisa kembali menyapa dan bercerita di blog ini.

Menghadapi persalinan yang ke-2 ini tetap merasakan perasaan cemas, walau sudah pengalaman dengan persalinan pertama yang alhamdulillah mudah dan lancar. Ternyata memang penting sekali mempersiapkan persalinan ya. Kali ini aku akan bahas tentang persiapan apa saja sih yang penting dipersiapkan dalam menghadapi persalinan. 

1. Persiapan Fisik
Persalinan membutuhkan fisik yang sehat dan kuat lho. Sehingga penting mempersiapkan ini sejak masa kehamilan, apalagi semakin mendekati persalinan semakin banyak upaya yang bisa kita lakukan dalam persiapan fisik ini. Apa saya yang aku lakukan dalam persiapan fisik? Diantaranya :

●  Minum Vitamin Hamil 
Selama kehamilan aku tidak pernah absen minum vitamin hamil dan kontrol sesuai jadwal. Vitamin hamil ini penting sekali dalam tumbuh kembang janin dan juga ibu agar tetap ternutrisi dengan baik selama hamil. 
Jemur Badan di Pagi Hari 
Dari trimester pertama aku rutinkan jemur di bawah matahari pagi sambil streching yang ringan-ringan saja. Alhamdulillah ini salah satu yang membuat lebih fresh. Karena kehamilan kedua ini cukup lebih berat karena mual dan lemas yang lebih parah dari kehamilan pertama. Rutin jemur badan streching membantu miminimalisir keluhan tersebut. 
Prenatal Yoga 
Mulai masuk trimester kedua aku mulai bantu dengan penataan yoga dirumah dengan melihat tutorial di youtube. Inipun diusahakan rutin. Trimester 3 sudah mulai setiap hari menyempatkan waktu untuk yoga dirumah. Bantu untuk janin turun ke panggul, gerakan untuk membantu pembukaan, olah nafas ketika mulas datang dan ketika bayi akan keluar, dsb. 
Main Gymball
Aku juga bantu dengan bermain gymball dirumah, gerakannya tentu bisa lihat tutorial di youtube, hehe. 
● Power Walk
Setelah masuk usia 36 minggu aku mulai latihan power walk, lagi lagi dirumah, hehe. Selain itu aku sudah mulai sering jalan, turun naik tangga agar baby terus turun ke panggul. 

2. Persiapan Mental
Selain persiapan fisik, mental tidak kalah penting untuk dipersiapkan. Kesehatan mental ibu dan calon ibu paling utama menurutku. Sehingga penting dipersiapkan apalagi akan menghadapi persalinan. Rasa cemas, takut pasti ada namun bagaimana kita meminimalisir perasaan tersebut, mampu mengatasinya dengan lebih tenang dan mindfull sehingga persalinan lebih mudah dan nyaman. 

Aku melakukan persiapan mental bahkan sebelum hamil. Ketika memutuskan memulai program anak ke-2 aku sudah mempertimbangkan semuanya dan ini termasuk ke persiapan mental. Persiapan untuk siap hamil, melahirkan dan kembali mengurus bayi. 

Selama hamil aku mempersiapkan mental dengan :
Relaksasi
Dari semenjak trimenster 1 aku sudah melakukan teknik relaksasi untuk membantu meringankan ketidaknyamanan saat hamil muda seperti mual dan lemas. Relaksasi aku lakukan dirumah saja dengan sambil mendengarkan musik yang tenang, olah nafas sambil memejamkan mata, mindfull ke pikiran dan diri sendiri. 
Hal ini sangat membantu diri lebih nyaman dan tenang menghadapi kehamilan dengan rintangannya.
Hypnoself
Setelah relaksasi dilakukan aku selalu bantu dengan afirmasi positif tentang kehamilan dan persalinan yang diinginkan. Pastikan dengan kalimat positif agar diterima tubuh bahwa ini sesuatu yang positif, hindari kata negatif seperti 'tidak dan jangan'. 
Semakin mendekati persalinan semakin sering aku lakukan afirmasi positif. Bahkan mulas sudah masuk semakin 
Support Suami dan Keluarga
Bantuan suami dan dukungan keluarga adalah peran yang tidak kalah penting untuk kesehatan mental dan kesiapan calon ibu. Aku tidak segan meminta tolong suami untuk memilih kaki yang pegal selama hamil. Aku tidak segan bercerita tentang perasaan dan keluhanku selama hamil. Suami mau mendengarkan dan sedikit memanjakan itu sudah sangat membantu 🥰.


3. Persiapan Finansial
Persalinan tidak cukup dengan fisik dan mental, tapi juga butuh biaya. Ya.. persiapan biaya persalinan yang perlu juga diupayakan. Ada yang menabung rutin setelah tau positif hamil, ada yang memang sudah memiliki tabungan, ada yang menggunakan asuransi, dsb. 
Merencanakan akan melahirkan dimana? Apakah rumah sakit, klinik atau bidan. Akan mengambil fasilitas kelas berapa?. Sudah harus mulai merencanakan, tanya-tanya dan mulai hitung-hitung kira-kira berapa yang akan dikeluarkan. 
Juga termasuk biaya persiapan menyambut bayi, peralatan apa saja yang dibutuhkan. Pastikan yang esensial ya karena perintilan bayi itu banyak sekali, terkadang ibu kalap mata karena semua lucu padahal ternyata tidak butuh. 

Atau bisa mampir ke youtube : Perlengkapan Esensial Newborn, anti mubazir!

Nah para calon ibu, persiapan menyambut buah hati dan diri menjadi seorang ibu bisa dimulai dari sekarang ya. Semoga bermanfaat 😊.

Comments