HYPNOBIRTHING, Benarkah melahirkan tanpa rasa sakit?



Assalamualaikum,

Tak dipungkiri melahirkan merupakan salah satu perjuangan seorang ibu yang luar biasa beratnya, setelah mengandung dengan banyaknya perubahan fisik juga psikis yang terjadi. Ibu kembali harus berjuang melahirkan yang sakitnya tidak perlu kita tanyakan lagi. Melahirkan antara hidup dan mati itu nyata adanya, oleh karena itu bagaimana Allah sangat memuliakan seorang ibu. 

Rasa nyeri ini yang banyak dikhawatirkan, ditakutkan oleh sebagian besar ibu yang akan melahirkan. Bagaimana tidak? Cerita pengalaman orang-orang yang sudah melahirkan atau teori-teori tentang melahirkan itu luar biasa ngeri ya. Bahkan sekarang banyak yang mendokumentasikan proses persalinan yang ketika saya tonton itu ngeri-ngeri sedep. Walau ujungnya memang senyum bahagia seorang ibu yang melihat bayinya menangis, mengharukan. Banyak calon ibu yang stres dalam menghadapi persalinan karena begitu banyaknya rasa takut dan cemas dalam pikirannya. 

Kesiapan ibu menghadapi proses persalinan ini salah satu dari sekian banyak hal yang harus dipersiapkan. Bahkan yang utama menurut saya, dibanding persiapan baju bayi dan seluk beluknya. Mempersiapkan diri menghadapi proses persalinan lebih penting terutama untuk psikis ibu agar tetap stabil dan tidak mengalami stres. 

Rekam Rasa Takut Mempengaruhi Proses Persalinan

Ketika seseorang mengalami stres atau memiliki rasa takut, cemas, pesan tersebut disampaikan oleh reseptor keseluruh tubuh. Tubuh secara otomatis akan mengeluarkan hormon stres yaitu katekolamin dan adrenalin. Ibu hamil yang tidak dapat melepaskan rasa takut, cemas sebelum melahirkan akan merangsang hormon stres yang tinggi. Secara fisiologis akan menyebabkan kontraksi rahim terasa semakin nyeri dan sakit.

Sebaliknya, dalam kondisi tenang, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yaitu penghilang rasa sakit alami dari dalam tubuh. Menurut para ahli, endorfin 200x lebih kuat dibandingkan morfin. Dengan kondisi tenang, nyaman dan stabil, seorang ibu hamil akan mampu menetralisir rekaman negatif mengenai kehamilan dan proses persalinan, menggantinya dengan program positif (afirmasi positif). Sehingga ibu akan mampu melewati masa kehamilan dan persalinan dengan nyaman dan lancar. 

Mengapa memilih Hypnobirthing?

Basic ilmu psikologi yang saya miliki selama perkuliahan sedikit banyaknya menguatkan keyakinan yang saya miliki, bahwa ;
  • Psikis akan sangat mempengaruhi fisik. 
  • Pengaruh alam bawah sadar lebih besar dibanding alam sadar.
  • Pikiran positif akan membawa kebaikan yang positif juga.
Dan akhirnya saya memutuskan untuk ikut pelatihan hypnobirthing untuk mengupayakan yang terbaik untuk proses kelahiran nanti dan sayah satu ikhtiar saya dalam mempersiapkan proses persalinan.


Pelatihan ini berlangsung selama 3 hari dan diisi oleh bidan senior yang mendalami hypnobirthing juga, dan kodratullah beliau juga yang membantu saya dalam proses persalinan dengan metode hypnobirthing. Selama pelatihan berlangsung, setiap materi yang dipaparkan, setiap praktik yang dilakukan, semakin lama semakin saya merasa sangat cocok dengan metode ini. Saya merasa bahagia akan menghadapi persalinan. 

Apa itu Hypnobirthing? 

Hypnobirthing adalah upaya alami menanamkan niat kepikiran bawah sadar untuk menghadapi persalinan dengan tenang dan sadar. Dikembangkan oleh Marie Mongan sejak tahun 1959. Hypnobirthing bukan sesuatu yang baru, namun saat ini sudah dilengkapi dengan penjelasan secara ilmiah dan terprogram sehingga hasilnya lebih optimal. Hypnobirthing juga merupakan salah satu otohyonosis (self hypnosis) yaitu upaya alami menanamkan niat positif atau sugesti ke jiwa/pikiran bawah sadar dalam menjalani masa kehamilan dan persiapan persalinan. 

Seperti yang banyak dikemukakan teori dasar psikologi bahwa pikiran bawah sadar berperan 82% terhadap fungsi dirinya sedangkan jiwa sadar hanya berperan 12%. Keyakinan yang tertanam di dalam jiwa bawah sadar akan menjadi kenyataan. Bisa dibayangkan jika pikiran dipenuhi rekaman negatif seperti takut, khawatir, cemas, rendah diri, dsb. Ini akan jelas sangat mempengaruhi keadaan dirinya baik psikis maupun fisik. Namun semua pikiran negatif ini bisa kita ganti dengan hal yang positif yang kita inginkan. Caranya dengan reprogramming dengan niar dan sugesti positif.

Sampai disini apakah sudah terbayang bagaimana hypnobirthing ini bekerja?. Agar lebih memahami dasar metode hypnobirthing, selanjutnya akan dijelaskan berbagai manfaatnya.

Manfaat Hypnobirthing 

Selama Kehamilan :
  • Mengatasi rasa tidak nyaman selama hamil dan rasa sakit melahirkan tanpa efek samping terhadap janin.
  • Mengurangi rasa mual, muntah, pusing di trimester.
  • Membantu janin terlepas dari kondisi lilitan tali pusar, bahkan bisa memperbaiki posisi janin yang letaknya sungsang menjadi normal.
  • Membuat kondisi ibu hamil menjadi tenang dan damai selama kehamilannya. Ketenangan dan rasa damai juga akan dirasakan janin.
Menjelang Persalinan :
  • Mengurangi kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan yang dapat menyebabkan ketegangan, rasa nyeri saat kelahiran.
  • Mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi rahim.
  • Meningkatkan kadar endorfin dalam tubuh untuk mengurangi bahkan menghilangkan nyeri pada saat kontraksi dan persalinan.
Setelah Persalinan :
  • Meningkatkan ikatan batin bayi dengan ayah dan ibunya.
  • Mempercepat pemulihan dalam masa nifas
  • Memperlancar produksi ASI
  • Pada saat lahir bayi lebih tenang (tidak mudah rewel)
  • Membantu mempersiapkan kesehatan janin sehat fisik, mental dan spiritual 
  • Mencegah stres pasca persalinan (baby blues)
Masya Allah luar biasa ya manfaatnya, manfaat ini akan kita dapat dengan kesungguhan ikhtiar dalam menjalankan proses hypnobirthing, terus dan terus dilatih. Untuk teknik dan pengalaman melahirkan menggunakan metode ini bisa dibaca disini : Pengalaman Melahirkan dengan Hypnobirthing

Semoga Bermanfaat :)

Comments

  1. Wah, aku juga mau dong praktek hypnobirthing. Melipirkam bayangan rasa cemas dan nyeri sakit jelang persalinan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cus ikut pelatihannya mba Nurul, mudah2an lancar mudah ya persalinannya nanti mba :)

      Delete
  2. Waktu itu jujur aja yg bikin aku dr awal harus Cesar, ga pengen normal ato metode lain, Krn aku takut ngeliat ibu lahiran yg sampe teriak2 kesakitan mba. Trus ditambah pula mama mertua wanti2, pas lahiran jgn teriak2. Tahan aja atur napas. Malah bisa robek2 di mana2, dan ga anggun.

    OMG, aku pas diminta begitu dan dikuatirkan ga anggun, lgs bilang ke dokterku, aku ga akan mau normal. Harus Cesar. Jadi begitulah, Krn udah ketakutan sendiri liat ibu2 lahiran normal ditambah request mertua bikin aku ga pgn rasain normal walopun pake metode hipno ini. Padahal sbnrnya, kalo aku mau tenang, mungkin bisa yaaa :D. Baca ceritamu ajalaah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe, yakin itu penting mba Fanny.. Yakin kalau Allah memberikan kekuatan luar biasa untuk para perempuan. In Syaa Allah dimudahkan selalu positif thingking jangan terlalu cemas.. siapa tau nambah anak lagi mau coba normal mba Fanny.. hehe

      Delete
  3. memang sih kalau mau lahiran intinya kita bisa menenangkan diri dan rileks shg pembukaan akan mudah

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul mba Tira.. terimakasih sudah mampir kesini ya mba, hehe

      Delete

Post a Comment