List Kebutuhan Bayi Baru Lahir dan Kebutuhan Ibu Menjelang Persalinan. Anti Mubazir!


Assalamualiakum,

Malem ini mau cerita tentang persiapan menyambut debay ah..hehe. Kehamilan yang sekarang lebih matang persiapannya, mungkin sudah pernah pengalaman anak pertama dulu ya. Kehamilan inipun lebih excited karena memang direncanakan. Beda dengan kehamilan anak pertama yang gak direncanakan, setelah nikah ya udah gak mikir gimana-gimana eh ternyata dikasih cepet padahal dulu masih pengen berduaan gitu, hehe. 

Dari mulai buka KB, periksa hamil, makan makanan bergizi, olahraga, jemur matahari pagi, relaksasi, sampai list kebutuhan bayi yang sudah dipersiapkan di sekitar 35 mingguan lho, hehe. Beda banget sama anak pertama dulu yang selow abis, eh tau-tau brojolnya cepet, maju 3minggu dari HPL. Sekarang sudah 38 minggu tapi belum ada tanda-tanda nih, masih betah dede nya dalam perut ibu. In Syaa Allah di rentan 38-40 minggu ya de.. diwaktu yang terbaik yaa.

Okeh jadi kali ini aku mau bahas tentang persiapan apa saja yang harus disiapkan dalam menyambut bayi baru lahir. Baik perlengkapan bayi maupun perlengkapan ibu. Oia sebelumnya, karena aku sudah sedikit demi sedikit mengenal hidup minimalis dan sudah mulai mengaplikasikannya walau belum optimal. Sedikit banyaknya di persiapan ini juga aku memegang konsep hanya yang dibutuhkan saja, bukan yang diinginkan. 

Yap! Setiap orangtua yang akan menyambut bayi baru lahir pastilah yaa pengen semua dibeli, secara printilan peralatan bayi itu banyak dan lucu-lucu. Tapi ternyata tidak semua diperlukan, malah banyak yang jadinya tidak terpakai atau terpakai hanya sebentar saja. Ya jadinya mubazir deh... dan ini jauh ya dari konsep hidup minimalis. 

Oia yang belum tau kenapa sih aku mau memulai hidup minimalis, bisa mampir ke tulisan ini yaa : 5 Alasan Memulai Hidup Minimalis dan 5 Prinsip dalam Hidup Minimalis

Jadi aku membuat list kebutuhan bayi ini ketika usia kandungan 35 minggu. List kebutuhan ini ditulis di grup wa yang anggotanya aku dan suami saja. Disana sarana kami dalam berdiskusi urusan rumah tangga, dari list belanja bulanan, sampai keuangan juga kami terbuka disana. Aku sempat share juga sih di IGS tentang salah satu komunikasi pasutri lewat grup wa ini. 

List Kebutuhan Bayi

Jadi apa saja sih list kebutuhan bayi yang aku persiapkan :
1. Popok kain 12pcs (untuk melihat jumlah pipis bayi baru lahir)
2. Clodi 7pcs
3. Stelan baju kutung 3pcs
4. Stelan baju pendek 3pcs
5. Stelan baju panjang 6pcs
6. Stelan baju pendek panjang 3pcs
7. Perlak 1pcs
8. Anduk 2pcs
9. Lap waslap 3pcs
10. Sarung tangan 2stel
11. Sarung kaki 1stel
12. Kaos kaki 2stel
13. Topi 2pcs
14. Bedong 6pcs
15. Sleepsuit 3pcs
16. Selimut 1pcs
17. Gendongan 1pcs
18. Kaos dalam 12pcs

Peralatan mandi 
1. Sabun dan shampo
2. Minyak telon
3. Babyoil 
4. Hair lotion
5. Minyak wangi bayi
6. Baby cream 
7. Kapas bulat
8. Tisu kering dan basah
9. Tempat mandi bayi
10. Jemuran bayi

List Kebutuhan Ibu

Betul, tidak hanya bayi yaa ibu juga punya list kebutuhan terutama untuk persalinan dan persiapan menyusui nantinya. Memang tidak sebanyak kebutuhan bayi yaa tapi penting juga disiapkan. Yang aku siapkan diantaranya:

1. Sarung untuk persalinan dan setelah persalinan 3pcs
2. Pembalut kain 7pcs untuk nifas
3. Minyak zaitun untuk membersihkan payudara dan pijat refleksi ibu before dan after persalinan. 
4. Kapas untuk membersihkan area payudara persiapan menyusui.
5. Daster atau baju rumah busui friendly
6. Stagen untuk setelah persalinan. 
7. Makanan enak dan sehat untuk ibu menyusui. Boleh ditambah dengan netflix, drakor, buku, pijat, apapun yang bisa bikin ibu happy dan nyaman. Hehe
 
Terpenting memang mental dan fisik ibu yang harus siap ya dalam mempersiapkan persalinan dan menyambut bayi. Jangan lupa terus relaksasi, afirmasi positif, olahraga ringan, makan yang enak dan sehat, istirahat cukup dan bahagia selalu. Bumil, busui wajib bahagia yaa.. bagaimanapun ditengah adaptasi peran yang gak mudah terus cari celah agar bisa happy menjalani semua. 
Bismillah, semoga lancar buat semua bumil yang baca tulisan ini, buat yang sedang menanti juga semoga Allah segerakan ya. Oia, lebih detail aku share lewat video di youtube ya tentang list persiapan bayi baru lahir anti mubazir ini. Disana lebih detail karena aku review sedikit juga tentang barang-barangnya terus alasan aku kenapa membeli/memilih barang-barang tersebut.

Sekian semoga bermanfaat ya teman, see you next tulisan! 🤗

Comments