3 Tips Membuat Anak Suka Buku


Assalamualaikum, 
Beberapa minggu ini Nada lagi excited sama buku. Minta terus dibacain buku, sering juga asik mainin buku sendiri. Aku sebut 'mainin'  karena Nada belum bisa baca, baru belajar jadi dia buka-buka buku hanya liat gambarnya saja dan karena dia senang dengan buku. Ade-nya pun sama, Ara juga senang memainkan buku. Diambil dari rak sendiri, buka-buka sendiri bahkan tunjuk-tunjuk sambil ngoceh maksudnya lagi baca buku sendiri, hihi. 

Pertama kali beliin Nada buku itu usia 6 bulan, langsung 25buku paket Halo Balita. alhamdulillah sampai sekarang anaknya gak bosen dan bisa dipakai Ara juga. Walau udah ada buku yang rusak karena kehujanan, kelupaan nyimpen di teras abis baca bareng temen-temannya waktu itu. 

Pengenalan buku memang aku upayakan sedari dini, agar minat pada buku tertanam sejak kecil. Tapi ada masa juga dimana Nada gak nyentuh-nyentuh buku-bukunya, sampai ditawari dibacain pun gak mau. Ya udah gpp, jangan dipaksa juga. Kalau dipaksa kan malah jadi gak suka nantinya. 

Eh gak disangka sekarang terlihat upaya yang dari Nada bayi aku usahakan itu berbuah. Anaknya sudah mulai suka sama buku. Minta dibacain terus, kemana-mana bawa buku, dan minta buku baru lagi. Dulu cuek bebek banget. Kadang kalau dibacain-pun belum tuntas anaknya udah ngacir kesana-kesini. Terlebih Nada memang anak aktif yang tipe kinestetik. 

Salah satunya mungkin juga usia Nada sekarang yang sudah sekolah dan sedang belajar baca. Jadi tambah antusias baca bukunya. Sekarang sudah senang dibacakan komik karena mungkin gambarnya juga lebih banyak dan ceritanya lucu.

Tips Membuat Anak Suka Buku 

1. Kenalkan Buku Sejak Dini

Apa yang ingin kita bentuk pada anak upayakan sedini mungkin. Karena mengukir di atas batu akan mudah dibandingkan mengukir diatas air, bukan begitu?. 
Jika ingin anak kita suka buku, memiliki minat baca tinggi maka bantu kenalkan sejak dini. 


Sekarang buku-buku juga sudah banyak sekali untuk usia bayi dan balita. Sudah di design sedemikian rupa sesuai usianya. Jangan dulu bilang 'anak saya mah cuek, gak suka buku' kalau baru mencoba sekali duakali. Bayangkan, Nada saja dari 6 bulan dikenalkan buku baru terlihat sekarang minat baca nya diusia mau 6 tahun.

Selalu ingat bu, tidak ada yang sia-sia apa yang kita upayakan akan selalu ada hasilnya cepat atau lambat. 

2. Rutin Membacakan Buku

Jangan hanya diberikan lalu tak dibacakan. Bacakan dengan metode read aload (membaca nyaring). Agar lebih menarik bisa dibantu dengan inovasi suara, ekspresi muka, boneka tangan, dll.


Kalau anaknya cuek, besok nya jangan menyerah ya bu, tetap ajak baca, tawarkan mau dibacakan yang mana, atau mau dibacakan dimana. Kadang anak pengen di depan rumah atau dikamar sambil rebahan. 

3. Beri Contoh 

Children see children do
Ya kalau yang dipegang orangtuanya gadget terus gimana anak mau pegang buku?. Upayakan juga kita dulu yang rajin baca buku, anak akan melihat dari perilaku kita yang suka buku, senang membaca, dsb.


Nah kalau jalan-jalan misalnya ke mall jangan lupa mampir ke toko buku, gak harus beli, lihat-lihat aja atau baca-baca sedikit di buku sample. Bisa juga hari libur ajak anak-anak ke perpustakaan, kalau kami langganan main ke Perpustakaan Nasional RI. Awalnya Nada hanya lari-lari, ambil buku simpen lari-lari lagi. Sekarang udah betah baca 1-3 buku disana. 


Semoga bermanfaat, see you next tulisan ya 🤗.

Comments

  1. wah sangat bermanfaat, terimakasih tipsnya yaa :D

    ReplyDelete
  2. jaman skrg ni bocah ora sukak memboco buku., sukakne mainan gadget wae., ;p

    ReplyDelete
  3. dibiasakan sedini mungkin dengan buku agar anak suka membaca buku ya, makasi lho tips-nya

    ReplyDelete
  4. makasih mak untuk tipsnya. Bisa juga nih diterapkan di rumah kami. membaca buku harus dijadikan habits sejak kecil ya mak

    ReplyDelete
  5. Wah, kece nih ada tips membuat anak2 suka membaca buku :D Anak2ku alhamdulillaah masih suka dan senang berbelanja buku juga. Dari zaman mereka kecil dulu awalnya dibelikan buku cerita yang pop up itu loh mbak. Kalau membacakan buku secara rutin pada anak, anak bakaln penasaran dan bakalan ikutan baca lama2 gemar deh.

    ReplyDelete
  6. saya berusaha rutin membacakan buku sebelum anak-anak tidur, tapi kadang kalah sama ngantuk, malah sayanya duluan yang ketiduran, hiks

    ReplyDelete
  7. Memang membiasakan anak membaca buku dengan mengenalkan, memberi contoh dan membacakan. Masih PR saya juga buat rutin baca buku bareng anak-anak. Kadang setelah kami baca buku, anak2 sy suruh bikin refleksi isi buku yang abis dibaca hehee.

    ReplyDelete
  8. Membiasakan anak membaca buku ini memang gak instan yaa..
    Meski banyak punya buku di rumah, belum tentu anak tertarik kalau orangtuanya gak memberi contoh. It's true, jeongmaaall..

    Btw,
    Kalau ke Perpustakaan Nasional RI ini kudu weekdays ya..?
    Kalau weekend tetap beroperasikah?

    ReplyDelete
  9. Tipsnya mantul mbak. Aku dan beberapa orang yang aku kenal juga melakukan hal sama, dan memang terbukti berhasil. Tapi ya ga cepet, mesti terus menerus dan lama. Namanya juga ga instant ya kalau soal kebiasaan.

    ReplyDelete
  10. Orang tua pasti senang jika anaknya suka buku
    Makanya perlu melakukan tiga tips diatas biar punya anak yang suka buku ya mbak

    ReplyDelete
  11. Membiasakan anak membaca buku sejak dini manfaatnya sudah saya rasakan sendiri mba, alhamdulillah anak saya excited dan curious banget ingin bisa membaca di usia 4 tahun. Jadi saat itu tanpa kami paksa, anak dengan suka hati minta belajar membaca

    ReplyDelete
  12. Bagus tipsnya Mbak..Memang effort banget bikin anak suka buku. Semoga Nada dan adiknya nanti suka buku ya
    anak sulungku TK di Amerika. Mereka tuh sama buku jadi pembiasaan. Jadi di sekolah, dan di rumah buku jadi teman anak dengan cara menyenangkan pastinya. eh begitu dia balik ke Indonesia aku keteteran ada adiknya, di sekolah kurang ada pembiasaan..akhirnya gedenya ga sesuka harapanku anakku sama buku hiks

    ReplyDelete
  13. Memberikan contoh dan beraktivitas bersama memang bisa jadi efektif membuat anak mencintai buku. Saya juga sudah melakukannya. Karena kalau hanya diberikan banyak buku tapi tidak dicontohkan, kemungkinan anak juga jadi kurang tertarik

    ReplyDelete
  14. aku udah mulai membacakan anak-anak buku bahkan sejak mereka dalam kandungan lho. dan bener, walaupun anak terlihat gak ngerti, tapi mereka tuh memperhatikan. bahkan kalau dibiasakan hidup bersama buku, mereka nanti akan antusias untuk belajar membaca tanpa harus kita paksa-paksa. mereka jadi mau bisa baca karena mau untuk mampu baca buku sendiri. nantinya kalau mereka udah bisa baca, kita yang malah kangen bacain buku untuk mereka lagi, ahaha

    ReplyDelete
  15. Paling penting memang memberi contoh ya. Kalau kita rajin baca buku, anak juga akan niru. Jadi dia akan penasaran ortunya baca buku apa. Abis itu, dia tertarik deh.

    ReplyDelete

Post a Comment