RPTRA Ruang Publik Terbuka Ramah Anak untuk Warga Jakarta

Assalamualaikum,
Hai teman-teman bagaimana kabarnya? Sudah masuk libur sekolah nih, ada rencana liburan kemana sama anak-anak?. Well, kemanapun liburannya, mau jauh atau dekat, yang anak-anak butuhkan adalah kehadiran kita jiwa raga. Kebahagiaan anak-anak sangatlah sederhana, tidak perlu mahal dan jauh. Bermain didekat rumah bersama ayah ibu adalah hal yang sangat berkesan untuk anak-anak. 

Aku dan suami senang sekali mengajak anak-anak jalan, buat kami quality time jalan-jalan itu menjadi charger dan moodboster untuk menjalani rutinitas. Seperti yang dikatakan diawal, tidak perlu jauh dan mahal. Kadang kami hanya jalan-jalan sore untuk membeli es krim bersama-sama atau sekedar jalan-jalan naik motor.

Sudah genap 6 tahun tinggal di kota Jakarta, alhamdulillah dinikmati disyukuri dengan hiruk pikuk tinggal di ibu kota. Banyak fasilitas jalan-jalan yang disediakan oleh pemerintahan DKI, tentunya yang murah bahkan gratis dan dekat dengan masyarakat. Kami biasanya ke Perpustakaan Nasional, Monas, next rencananya mau coba ke Musium Nasional. 

Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA)
Dikutip dari website DKI Jakarta bahwa "Ruang Publik Terbuka Ramah Anak (RPTRA) 
Ada juga yang dekat dengan kediaman wargamerupakan ruang publik berupa ruang terbuka hijau ramah anak yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung perkembangan anak, kenyamanan orangtua, serta tempat berinteraksi seluruh warga dari berbagai kalangan."

RPTRA Manunggal cukup dekat dengan tempat tinggal kami. Biasanya kami ajak main anak-anak di sore hari menggunakan motor. 1 Juni 2022 saat tanggal merah kemarin, kami sengaja mengajak anak-anak ke RPTRA dengan berjalan kaki di pagi hari. Nada bawa sepeda, Ara naik stroller sedangkan ibu dan ayah jalan kaki. Sambil olahraga tipis-tipis dan jemur badan. 
Kami persiapan membawa sarapan untuk Ara, Ara bisa makan sambil liatin tetehnya main, hehe. RPTRA ini cukup lengkap fasilitasnya. Ada taman bermain, lapangan bola untuk anak-anak, perpustakaan, dll. 
RPTRA terbuka untuk umum dan dibangun di tengah permukiman warga, agar manfaatnya dapat dirasakan oleh warga sekitar. Fasilitas-fasilitas dalam RPTRA tidak hanya ramah anak, namun juga ramah penyandang disabilitas. Selain itu, RPTRA juga dilengkapi dengan pengawasan CCTV (closed circuit television) yang membuat area ini memiliki sistem keamanan yang baik, sehingga orangtua tidak perlu khawatir terhadap keamanan anaknya ketika bermain dan belajar. (Website JakGo.)
Tempatnya juga rapi dan bersih, semua kalangan bisa menikmati fasilitas di RPTRA ini. Dibuka dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Beberapa kali kesana juga bisa dipakai ibu/bapak dan para lansia untuk senam. Fasilitas bermain anaknya pun cukup lengkap, bahkan ada ayunan untuk bayi seusia Ara, hehe. Ara senang sekali bisa main ayunan disana. 

Alhamdulillah hari libur kami bisa happy walau jalan-jalan di tempat yang dekat dan gratis. Selamat berlibur ya teman-teman semua 🤗.


Comments