Pengalaman Melahirkan dengan Metode Hypnobirthing



Assalamualaikum,
Hai, apa kabar sahabat semua? semoga sehat selalu ya. Kali ini aku akan melanjutkan bahasan tentang hypnobirthing, di tulisan sebelumnya : Hypnobirthing, benarkan melahirkan tanpa rasa sakit?. Membahas tentang dasar teori juga manfaat metode ini, aku juga menceritakan sekilas mengapa memilih metode ini dalam proses kelahiran anak pertama, Qatrunada. Nah, yang belum baca bisa mampir dulu kesana :). 

Di tulisan ini aku akan sedikit menjelaskan mengenai teknik dan menceritakan pengalaman melahirkan dengan metode ini, apakah efektif/tidak?. Kita ke tekniknya dulu yuk...

Berlatih Hypnobirthing

Seperti yang sudah dipaparkan di tulisan sebelumnya, bahwa hypnobirthing ini adalah salah satu metode self hypno, artinya kita dapat melakukannya sendiri dirumah. Setelah mengikuti pelatihannya selama 3 hari berturut-turut aku mulai melakukan self hypno dirumah setiap hari, malah beberapa kali dalam sehari. Dibantu juga pijat endrofin dengan suami. Nah disini akan aku jelaskan singkat tentang Bagaimana caranya teknik self hypno dalam hypnobrithing.

1. Relaksasi

Dasar hypnobirthing adalah relaksasi dimana kondisi istirahat tubuh dan jiwa (pikiran, kemauan, perasaan). Berikut langkah-langkah relaksasi :
  • Pilih waktu yang tepat.
  • Persiapkan tempat/ruangan dengan suasana yang tenang.
  • Pastikan kandung kemih kosong.
  • Kenakan baju yang longgar dan nyaman.
  • Menggunakan musik yang tenang untuk relaksasi.
  • Menggunakan aroma therapy.
Relaksasi akan membuat otot lemas, rileks, sampai tidak mampu digerakan dan kita tidak mau untuk menggerakan saking rileksnya. Nafas tenang dan teratur, pikiran fokus hanya pada diri kita (proses relaksasi dan afirmasi positif yang diberikan).

2. Afirmasi Positif

Afirmasi positif sering disebut sugesti positif merupakan pengungkapan dengan kalimat positif mengenai hal-hal yang kita inginkan dalam proses kehamilan dan persalinan. Membuat afirmasi positif juga harus dengan kalimat yang baik dan positif, hindari kata negatif seperti kata ‘jangan’ atau ‘tidak’. Contoh kalimat afirmasi positif :
  • Aku mempercayai tubuhku, tubuhku sehat dan kuat.
  • Aku adalah wanita yang tegar dan kuat, aku menerima diriku sebagai wanita yang tangguh.
  • Tubuhku mengetahui bagaimana janin ini tumbuh, tubuhku juga mengetahui bagaimana caranya bayi ini lahir.
  • Leher rahimku dengan kuat dan aman menyangga dan menjaga janinku.
  • Persalinan adalah hal yang luar biasa, alami dan wajar.
Kita juga dapat membuat kalimat afirmasi sesuai dengan persalinan idaman yang kita idamkan atau inginnya dinamakan afirmasi khusus, contohnya :
  • Mulai saat ini sampai persalinan nanti posis bayi normal, persalinan bisa alami, nyaman dan lancar.
  • Darah segera berhenti, tubuh saya masih membutuhkannya.
  • Setiap kontraksi adalah gerakan alami rahim saya, biarkan otot semakin rileks lentur dan mulut rahim membuka sempurna.
  • Mulai saat ini dan seterusnya tekanan darah normal, kehamilan nyaman, bayi tumbuh sehat sampai kehamilan 9 bulan, persalinan alami, nyaman dan lancar.
  • Pemberian afirmasi harus disertai dengan keyakinan pada diri sendiri. Pastikan niat atau tujuan sesuai dengan kalimat afirmasinya. Afirmasi positif ini diberikan ketika kita sudah dalam posisi relaksasi. 

Pengalaman Menggunakan Metode Hypnobthing 

Well, pasti bertanya-tanya pada prakteknya gimana? dalam teori sepertinya aman, tentram lancar semua yang berkaitan dalam before dan after persalinan, tidak ada masalah, hehe. Nyatanya? tentu ada hambatan dan rintangan guys, tapi itu sangat terminimalisir, alhamdulillah. Karena aku mengikuti pelatihan hypnobirthing ketika mendekati minggu-minggu akhir akan lahir sehingga untuk manfaat selama hamil tidak bisa banyak dirasakan. Namun, ketika selesai pelatihan, setiap hari aku melakukan hypnoself dan alhamdulillah memang terasa lebih santai melewati masa hamil tua. 

Yang sangat aku rasakan manfaat hypnobirthing ini adalah menjelang persalinan. Alhamdulillah sesuai manfaat yang tertera aku tidak merasakan kecemasan serta ketakutan menjelang persalinan, aku mampu mengontrol sensasi rasa sakit pada saat kontraksi rahim juga mengurangi nyeri pada saat kontraksi dan persalinan. Sugesti yang aku berikan setiap hari, bahwa persalinanku akan mudah, cepat, lancar. Alhamdulillah sangat terbukti, cerita lengkap tentang proses persalinanku bisa baca disini : Proses Kelahiran Qatrunada. 

Namun, aku pun memiliki pengalaman ketika niat/tujuan kurang sesuai dengan afirmasi atau sugesti yang diberikan. Ketika itu aku memberikan afirmasi khusus ‘bayi lahir dengan berat badan 2.6kg’. Niatnya agar tidak dijahit juga proses persalinan tidak terhambat dengan berat badan bayi yang terlalu besar. Ternyata saya tetap dijahit,wkwk. Ternyata kalimat afirmasi kurang sesuai dengan tujuan yang diinginkan. 

Sayangnya lagi sugesti yang aku beri hanya berfokus menjelang persalinan, sehingga after persalinannya aku tetap mengalami problematika asi, ya karena tidak memberi sugesti akan itu, 'ngeh' dan nyeselnya setelah terlewati, namun alhamdulillah perjuangan asi-ku juga sukses salah satunya karena rutin hypnoself dalam proses perjuangan asi tersebut. Baca selengkapnya disini : Perjuangan ASI untuk Qatrunnada.


Jadi bagaimana? berminat untuk melahirkan dengan menggunakan metode ini?


Semoga bermanfaat ❤

Comments