Menakar Kebutuhan bukan Keinginan

 

Assalamualaikum,

Eh kamu merasa boros kouta gak sih? ko aku sangat boros ya? 1 bulan bisa sampai 200ribu sendiri. Belum termasuk kouta suami juga, ehtapi dia gak boros sih, 100ribu cukup 1 bulan karena mungkin kalau di kantor dia pakai wifi. Eh lalu kepikiran 'Apa pasang wifi aja ya dirumah?'. Akhirnya coba tanya-tanyalah sama para tetangga dirumah yang pakai wifi, ada yang pakai wifi ada juga yang pakai orbit. Setelah itu aku mulai deh pengajuan sama suami, "yah.. kayaknya kita butuh pasang wifi deh, kayaknya akan lebih murah juga". 

Menakar Kebutuhan

Gak lama setelah pengajuan, aku kok kayak mikir lagi gitu, 

"bener gak sih butuh pasang wifi?". "memang selama ini boros kouta dipakai apa?". 

Evaluasi pemakaian kouta internet selam ini, cukup membuatku merenung karena ternyata kouta dihabiskan untuk hal yang kurang produktif seperti scroliing medsos. Anak-anak punya jadwal weekend saja untuk youtube-an atau nonton streaming. Itupun jarang sekali dipakai karena kadang sabtu-minggu kami jalan-jalan keluar, baik itu mengunjungi abah/ambu di Bandung dan Bintaro atau Aki/enin di Depok atau jalan-jalan sekitaran Jakarta saja. 

Setelah ketemu penyebabnya, aku kemudian list sebenarnya apa saja kebutuhan internet untukku, tentunya yang produktif/bermanfaat ya :

  • Nulis Blog
Nulis blog jadwalnya sih setiap hari ada tema-tema nya, cuma prakteknya kadang 1 minggu 2 tulisan aja, udah alhamdulillah segitu juga, wkwk. Kayaknya sih untuk nulis paling maksimal 1 hari 1 jam doang, gak akan nyedot kouta juga si blog ini. 
  • Blogwalking
Jadwal blogwalking ini aku targetkan seminggu sekali di komunitas blog. Blogwalking juga seringnya aku terlambat setor karena ya itu tadi tidak disegerakan dituntaskan tanggungjawab atau pekerjaanya. Malah mendahulukan lihat-lihat reels dan scroliing, wkwk.
  • Edit foto/banner 
Biasanya edit ketika akan post baik itu blog atau microblog di instagram. Ini juga ya gak sering dan gak banyak juga sih.
  • Edit Video
Seminggu sekali juga, buat edit video reels pakai aplikasi yang ringan di hp. 
  • Update Medsos microblog dan reels (weekend saja)
Update medsos jadwalnya weekend aja, feed dan reels tapi mungkin kebablasan jadi panjang main medsosnya padahal posting kan cuma butuh berapa menit doang.
  • Mendengarkan musik (sambil mengurusi pekerjaan domestik)
Lebih semangat gitu rasanya kalau nyuci, masak sambil denger lagu dari earphone. Nada biasanya sudah berangkat sekolah dan Ara jemur badan sama ayahnya. waktunya ibu dirumah ngurusin domestik dulu sambil denger Spotify.
  • Whatsapp (untuk standar komunikasi)
Ya komunikasi standar juga sih, karena udah gak jalanin bisnis lagi jadi gak upload atau download foto/video juga di wa. 
  • Youtube 
Aku suka nonton videonya mba Riska Kusmana, jadi semangat beberes rumah deh kalau udah nonton youtube-nya, jadi moodboster aja gitu, Tapi ini satu minggu sekali juga kok. Dan lagi anak-anak hanya weekend aja nonton youtube, itupun jarang. 

Kebutuhan Kamu Berbeda dengan Orang Lain

Ketinggalan jaman gak sih belum pakai wifi dirumah jaman sekarang? tetangga-tetangga rata-rata pakai semua. 

Cape gak sih kalau terus bandingin sama kehidupan orang lain, Hei! kebutuhan setiap orang beda-beda cyin. Jadi fokus sama kebutuhan kamu bukan karena ikut-ikutan orang lain. btw itu ngomong sama diri sendiri, wkwk. Apa itu ketinggalan jaman? ketinggalan jaman adalah ketika aku diperbudak keinginan dan hawa nafsu sendiri, boros dan lalai dalam kebaikan. 

Aku ambil kembali pengajuanku ke suami, sambil curhat dan mengeluarkan unek-unek seperti yang ditulis saat ini disini. Suamiku hanya tersenyum karena dia tau kelakuan istrinya yang seringnya sadar sendiri atas kelakuannya, hanya butuh waktu saja, wkwk. 

Akhirnya apa? akhirnya aku tetap dengan kouta 100ribu perbulan. Cukup! jelas akan cukup jika hanya digunakan untuk hal-hal produktif yang sudah dituliskan diatas.
aku lega karena bisa lebih aware terhadap diri dan kebutuhan sendiri, lebih bisa berhemat dan produktif atas apa yang dilakukan.
Tulisan random ini semoga bisa menjadi pelajaran juga ya buat pembaca.

Comments

  1. Bener mba, kadang kita hrs bisa bedain mana kebutuhan, mana keinginan. Kadang hanya pengen sekedar ikut2an doang. Biar dianggab keren dan ngikutin zaman.

    Tapi kalo buatku sendiri, WiFi memang sangat butuh, secara kerjaanku dari rumah, dan butuh sinyal yg stabil. Krn berhubungan Ama trading saham dan beberapa kerjaan keuangan lain. Kalo telat sedikit hanya Krn sinyalku lemah, agak susah, dan malah bisa loss.

    Itu kenapa aku ttp pake WiFi. Blm lagi suami seminggu 2-3 kali kerja di rumah. Anak2 juga butuh buat sekolahnya. Kalo ga pake WiFi, pengeluaran kuota bisa lebih dari sejuta 🤣. Jadi WiFi udh paling aman kalo di keluargaku.

    Yg penting kita tahu, apa yg bener2 dibutuhin, dan budgetnya bakal lebih hemat yg mana.

    ReplyDelete

Post a Comment