Diri Selalu 'On Fire', Bisakah?


Assalamualaikum,

Hi, sahabat, tak bosan aku menyapa lewat tulisan-tulisan, bagaimana harimu? Sekarang sudah waktu jam istirahat, masihkan bersemangat? Atau sudah sisa lelah yang menyelimuti?. Jika begitu, aku pun sama..

Hari ini aku begitu kacau, terlebih karena PMS yang membuat mood swing begitu parah. Bangun pagi dengan semangat 'on fire' untuk menjalani hari dengan segudang aktivitas sebaik mungkin. Bukankah ada pepatah arab yang mengatakan bahwa hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini?. Itu yang selalu aku genggam dalam hati. Ya, harus terus semangat menjalani hari-hari. 

Namun, sayang aku tidak mampu selalu dalam kondisi 'on fire', walau bukan robot tapi aku merasa semakin senja baterai-ku semakin lemah. Merasa begitu juga sahabat? 

Ko Dia Bisa selalu Semangat Ya?

Pernahkah melihat teman yang selalu bersemangat, ceria dan bergairah menjalani hari-harinya?. Aku iri sekali, bagaimana bisa ia menjalani hari-hari dengan selalu bersemangat?. namun ketika dipikir ulang, aku hanya bersamanya selama beberapa jam saja dan tidak setiap hari apalagi setiap saat. Sehingga sebenarnya tidak bisa dipastikan ia selalu dalam kondisi bersemangat, apalagi ketika kita menilai hanya dari media sosial.

Aku yakin mereka yang selalu nampak semangat dan ceria itu pun memiliki rasa lelah, why? Ya karena aku, kamu, dia, mereka adalah manusia. Kita makhluk hidup dan menjalani hari dengan dinamika kehidupan masing-masing, artinya tidak ada yang terus-terusan bahagia atau terus-terusan sedih. Jika masih manusia, dia pasti juga merasakan lelah, sedih, bahkan down. Hanya kita tidak tahu saja. 

Hidup gak lurus-lurus aja, pasti ada masa kita naik, turun, belok, dsb. Begitupun dengan semangat yang ada dalam diri. Gak bisa kita terus terusan semangat loh, kita pun harus merasakan lelah juga. Gak bisa kita terus-terusan ceria dan bahagia, kita pasti merasakan sedih dan kecewa juga. Namanya juga hidup, ya kan?

Sadari Kita Hanya Manusia

Sadari bahwa kita hanyalah manusia, memiliki sifat lalai dan lemah. Kita tidak mampu tanpa karunia Allah, tiada daya upaya selain karena atas KuasaNya. Sadari kita memang lemah, sangat lemah di hadapan Allah, kita tidak ada apa-apanya. Kekuatan yang kita miliki bersumber hanya dariNya.
Jadi sangat tidak salah jika merasa lelah, dan pernyataan bisakah diri selalu 'on fire' jawabannya jelas nggak! . Namun ada yang bisa kita ikhtiarkan agar grafik naik turun semangat kita tidak terlalu jauh, bisa diupayakan grafiknya berjalan naik. 
Bagaimana? Charger, kita butuh mencharger baterai diri. 

Mencharger Diri

Pasti sudah menerka apa saja cara untuk mencharger diri, diantaranya memang istirahat, tidur, menjalankan hobi, me time agar tidak jenuh. Allah sudah memfasilitasi segala yang seimbang untuk hidup kita, termasuk diciptakannya malam untuk kita tidur dan beristirahat. Mewajibkan shalat 5 waktu setiap harinya, salah satu tujuannya ya untuk kita bisa mencharger diri, karena kita terlalu lemah, kita tidak mampu, tidak kuat, tidak bisa selain karena Kuasa Allah. 

Charger diri dengan ibadah sunnah lainnya, dengan curhat kepada-Nya, dengan bertaubat kepada-Nya, apapun yang bisa mendekatkan diri kita kepadaNya. Semakin diri merasa lemah dihadapan Allah, semakin Allah berikan kekuatan bagi kita dan semakin mulianya kita dihadapanNya. 

Jika diri lelah, sadari bahwa kita sangat butuh Allah. Jangan sok kuat! Kembali lah kepada Allah Yang Maha Perkasa lagi Bijaksana. 💕

Comments

  1. Di Edx ada kursus “the science of happiness” dari Univ, Barkeley.. salah satu poin yang dijabarkan adalah,, ternyata selalu berusaha bahagia terus-terusan, selalu berusaha semangat adalah suatu cara yang malah bikin kita jadi gak bahagia. Jadi yang bikin kita bahagia justru emodiversity.. ada senang ada sedih.. setelah tau poin ini jadi makin selow kalau hidup lagi gak asik dan gak sebersemangat biasanya, it’s okay not to be okay.

    ReplyDelete
    Replies
    1. noted. setuju sekali mba.. terimakasih sudah mampir kesini :)

      Delete
  2. Setuju mba. Ga selamanya kok kita kuat selalu. Bisa trus semangat. Aku ada temen yg kliatannya slalu begitu. Semangat, ceria, kayak ga pernah ada masalah. Tp itukan hanya yg kita liat. Tapi temenku itu mengakui, kalo dia memang LBH seneng semangat dan ceria , supaya bisa menularkan ke org lain. Aku pgn bgt bisa seperti itu, tapi rasanya kalo si temen ini batrenya tenaga air, yg baru redup kalo air susut :D.

    Sesekali aku down, ngerasa capek utk selalu compete Ama yg lain. Ga tiap saat bisa ceria dan semangat. Udh ga kepengin menyangkal itu. Usia juga pasti mempengaruhi. Daripada ujung2nya sakit yaa kan :). Mnding tau diri kapan hrs istirahat

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe betul mba kita sangat butuh istirahat.. well kita tidak pernah tau orang-orang yang bersemangat dan ceria pasti pernah sedih dan low juga, namanya manusia.. tapi mungkin tidak ditunjukkan saja.

      Delete
  3. makasih sharingnya, betul ay semangat itu hrs dipancarkan yang akan mempengaruhi sekitarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama-sama mba Tira, terimakasih juga sudah mampir kesini. Betul sekali mba, menular...

      Delete

Post a Comment